Apa itu Magisk: Pengertian, Fungsi, Keuntungan, dan Cara Install

magisk

VASIOTA.COM – Apa kamu pernah merasa terbatasi oleh sistem operasi Android pada smartphone? Mungkin kamu ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak pernah digunakan, atau mencoba fitur baru yang tidak tersedia pada versi sistem operasi kamu.

Namun, melakukan modifikasi pada sistem operasi Android dapat memengaruhi keamanan dan stabilitas smartphone. Inilah saatnya kamu mengenal Magisk, yang mana menjadi solusi aman dan tersembunyi untuk memodifikasi sistem operasi Android.

Dengan Magisk, kamu dapat mengakses fitur tambahan yang tidak tersedia pada smartphone tanpa mengorbankan keamanan dan stabilitas sistem. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang apa itu Magisk dan bagaimana cara kerjanya.

Read More

Apa itu Magisk?

Magisk adalah alat pengelola root yang dirancang untuk perangkat Android. Rooting adalah proses membuka akses ke sistem operasi perangkat Android. Ini memungkinkan pengguna untuk menginstal perangkat lunak tambahan, memodifikasi sistem, dan menyesuaikan tampilan dan fitur pada perangkat mereka. Namun, rooting juga dapat membuka celah keamanan yang dapat menyebabkan perangkat terinfeksi malware atau rusak.

Magisk memungkinkan pengguna untuk mengeksploitasi fitur tersembunyi dari perangkat Android mereka dan memberikan akses ke level sistem yang lebih dalam. Namun, Magisk membantu memecahkan beberapa masalah yang terkait dengan rooting, terutama dalam hal keamanan. Ini memungkinkan pengguna untuk memodifikasi perangkat mereka tanpa membuka akses ke level sistem yang lebih dalam.

Apa itu Modul Magisk?

Modul Magisk adalah tambahan perangkat lunak yang dapat diinstal melalui Magisk Manager. Modul ini dapat meningkatkan atau menyesuaikan fitur pada perangkat Android, seperti menambahkan dukungan bahasa baru, memblokir iklan, meningkatkan kinerja perangkat, dan banyak lagi.

Modul Magisk memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat mereka sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan yang dapat memperlambat kinerja perangkat. Beberapa modul populer termasuk AdBlocker, Viper4Android, dan Xposed Framework.

Pengguna dapat memilih modul yang ingin mereka instal dan dengan mudah menginstalnya melalui Magisk Manager. Modul Magisk sangat membantu dalam menyesuaikan dan meningkatkan kinerja perangkat Android.

Temukan:

Apa itu Rooting dan Kenapa Penting?

Rooting adalah proses membuka akses ke sistem operasi perangkat Android. Ini memungkinkan pengguna untuk menginstal perangkat lunak tambahan, memodifikasi sistem, dan menyesuaikan tampilan dan fitur pada perangkat mereka. Namun, rooting juga dapat membuka celah keamanan yang dapat menyebabkan perangkat terinfeksi malware atau rusak.

Magisk membantu memecahkan beberapa masalah yang terkait dengan rooting, terutama dalam hal keamanan. Ini memungkinkan pengguna untuk memodifikasi perangkat mereka tanpa membuka akses ke level sistem yang lebih dalam.

Keuntungan Menggunakan Magisk

Magisk memungkinkan pengguna untuk memasang modul yang dapat meningkatkan fitur pada perangkat mereka. Beberapa modul populer termasuk AdBlocker, Viper4Android, dan Xposed Framework. Modul-modul ini dapat meningkatkan kinerja, menyesuaikan tampilan, dan bahkan meningkatkan kualitas suara pada perangkat Android.

Selain itu, Magisk juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan root dari aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi perbankan atau keamanan mungkin tidak berfungsi pada perangkat yang telah di-rooted.

Bagaimana Cara Install Magisk?

apa itu magisk

Menginstal Magisk relatif mudah, tetapi memerlukan sedikit keahlian teknis. Sebelum memulai, pastikan perangkat sudah di-rooted dan memiliki TWRP Recovery. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Download Magisk Manager dari situs resmi Magisk dan instal di perangkat Android.
  2. Buka Magisk Manager dan klik tombol “Install”.
  3. Pilih “Install” lagi dan pilih “Patch Boot Image File”.
  4. Pilih file boot.img dari perangkat.
  5. Tunggu hingga proses patching selesai, kemudian salin file yang dihasilkan (biasanya bernama “magisk_patched.img”) ke komputer.
  6. Masuk ke mode TWRP Recovery dan instal file magisk_patched.img yang telah di-copy sebelumnya.
  7. Reboot perangkat dan Magisk akan terinstal di perangkat.

Ketahui Cara Kerja Magisk pada Smartphone Android

Magisk bekerja dengan cara mengubah sistem operasi Android menggunakan teknik patching pada tingkat sistem. Ini berarti Magisk mengganti file sistem asli pada perangkat kamu dengan versi yang telah dimodifikasi. Namun, yang membedakan Magisk dengan metode patching lainnya adalah Magisk menggunakan teknologi sistem file overlay, yang memungkinkan modifikasi sistem dilakukan secara tersembunyi dan tidak terlihat oleh aplikasi atau sistem operasi.

Selain itu, Magisk juga menyembunyikan akses root dari aplikasi dan sistem operasi yang tidak diizinkan, sehingga dapat menjaga keamanan dan stabilitas perangkat. Hal ini memungkinkan kamu untuk menggunakan aplikasi yang biasanya tidak berjalan pada perangkat yang di-root, seperti aplikasi perbankan atau game online.

Magisk juga mendukung penggunaan modul tambahan yang dapat diinstal melalui repositori Magisk, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur tambahan atau memodifikasi sistem operasi mereka sesuai dengan keinginan.

Dalam ringkasannya, Magisk menggunakan teknologi patching dan file sistem overlay untuk memodifikasi sistem operasi Android dengan cara yang aman dan tersembunyi, serta menyediakan modul tambahan untuk menambahkan fitur tambahan.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan singkat tentang Magisk, perangkat lunak yang dapat memodifikasi sistem operasi Android dengan cara yang lebih aman dan tersembunyi.

Dengan menggunakan Magisk, pengguna dapat mengakses fitur tambahan yang tidak tersedia pada perangkat mereka tanpa mengorbankan keamanan dan stabilitas sistem. Share jika bermanfaat!

Related posts