Mengenal Apa itu Mendeley, Fitur, dan Fungsinya, Mahasiswa Wajib Tahu!

Apa itu Mendeley

VASIOTA.COM – Mungkin sebagian besar dari kamu belum pernah menggunakan Mendeley, atau mungkin pernah mendengar aplikasi Mendeley namun tidak tahu untuk apa aplikasi ini? Melalui artikel ini, kamu akan mengenal aplikasi yang satu ini!

Mendeley ini bisa menjadi salah satu aplikasi yang sangat membantu banyak kalangan, terlebih untuk mahasiswa. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna akan lebih mudah mengambil sumber hingga isi tulisan dari daftar pusaka secara manual ataupun secara otomatis.

Lantas, apa itu Mendeley? apa kegunaan dan fungsi utama aplikasi ini? Cek selengkapnya di bawah ini!

Read More

Apa itu Mendeley?

Mendeley adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu dalam pengelolaan referensi ilmiah. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengumpulkan dan mengatur referensi-referensi yang diperlukan untuk penulisan karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, atau disertasi.

Fungsi utamanya adalah mempermudah pembuatan bibliografi, dimana Mendeley secara otomatis akan membantu menyusun kutipan dan referensi sesuai dengan format yang diinginkan.

Selain itu, Mendeley juga berfungsi sebagai platform sosial bagi kalangan akademisi. Melalui aplikasi ini, peneliti dari berbagai belahan dunia bisa saling berbagi penelitian dan berkolaborasi dalam proyek-proyek penelitian.

Fitur kolaborasi online ini memungkinkan pengguna untuk bergabung dalam grup penelitian, baik yang bersifat publik maupun pribadi, untuk berdiskusi dan berbagi informasi terkait bidang studi mereka.

Dalam penggunaannya, Mendeley juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung seperti penyimpanan referensi digital dalam Mendeley Library, rekomendasi literatur melalui Mendeley Suggest, dan bahkan informasi karir akademik melalui Mendeley Career.

Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis, memberikan kemudahan bagi siapa saja yang terlibat dalam kegiatan penelitian dan penulisan akademis untuk mengatur dan mengakses referensi mereka dengan lebih efisien.

Fitur-Fitur Aplikasi Mendeley

Mengenal Apa itu Mendeley, Fitur, dan Fungsinya, Mahasiswa Wajib Tahu!

Aplikasi Mendeley memiliki berbagai fitur yang sangat membantu dalam proses penelitian dan penulisan akademis. Beberapa fitur utama dari Mendeley adalah:

  1. Pengelolaan Referensi: Memudahkan pengguna dalam mengumpulkan, mengatur, dan mencari referensi untuk penulisan karya ilmiah. Pengguna dapat mengimpor referensi dari berbagai sumber dan menyimpannya dalam library pribadi.
  2. Penyisipan Kutipan dan Bibliografi: Mendeley secara otomatis menyisipkan kutipan ke dalam dokumen dan membuat bibliografi sesuai dengan format penulisan yang diinginkan, seperti APA, Harvard, atau format lainnya.
  3. Mendeley Desktop dan Web Importer: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola referensi mereka melalui aplikasi desktop atau langsung dari browser menggunakan Mendeley Web Importer.
  4. Kolaborasi Online: Mendeley menyediakan fitur untuk berkolaborasi secara online, memungkinkan pengguna untuk bergabung atau membuat grup penelitian dimana mereka dapat berbagi referensi dan ide dengan peneliti lain.
  5. Mendeley Suggest: Fitur ini memberikan rekomendasi artikel atau jurnal yang relevan berdasarkan referensi dan bidang penelitian pengguna, membantu dalam menemukan sumber literatur baru.
  6. Mendeley Library: Pengguna dapat menyimpan semua referensi yang telah dikumpulkan dalam Mendeley Library, yang memudahkan pengelolaan dan akses referensi kapan saja.
  7. Annotasi PDF: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menandai dan membuat catatan pada dokumen PDF langsung dari aplikasi Mendeley, yang sangat berguna dalam proses penelitian dan penelaahan literatur.
  8. Sinkronisasi Lintas Perangkat: Mendeley menyediakan kemudahan dalam menyinkronisasi referensi dan dokumen antar berbagai perangkat, memungkinkan pengguna untuk bekerja dari mana saja.
  9. Mendeley Career: Fitur ini memberikan informasi mengenai peluang karir di bidang akademis dan penelitian, berdasarkan bidang keahlian dan minat pengguna.
  10. Dukungan Mobile App: Mendeley juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengelola referensi saat berada di luar ruangan atau dalam perjalanan.

Fitur-fitur ini menjadikan Mendeley sebagai alat yang sangat berguna dan multifungsi bagi para peneliti, akademisi, dan mahasiswa dalam mengelola referensi dan menulis karya ilmiah dengan lebih efisien dan terorganisir.

BACA JUGA: Apa itu Reduksi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Fungsi Utama Aplikasi Mendeley

Mengenal Apa itu Mendeley, Fitur, dan Fungsinya, Mahasiswa Wajib Tahu!

Aplikasi Mendeley memiliki berbagai fungsi yang sangat membantu dalam proses penelitian dan penulisan akademis. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari aplikasi Mendeley:

1. Manajemen Referensi Ilmiah

Fungsi utama Mendeley adalah sebagai alat manajemen referensi ilmiah. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan mengatur referensi yang diperoleh dari berbagai sumber penelitian.

Ini termasuk jurnal, artikel, buku, dan lain-lain, sehingga memudahkan dalam proses penulisan dan penelitian.

2. Kolaborasi dan Berbagi Pengetahuan

Mendeley juga berfungsi sebagai platform kolaborasi. Pengguna bisa berbagi referensi, ide, dan temuan penelitian dengan peneliti lain di seluruh dunia.

Hal ini memungkinkan adanya pertukaran informasi dan pengetahuan yang berharga di antara komunitas akademis.

3. Integrasi dengan Software Penulisan

Mendeley memiliki kemampuan untuk terintegrasi dengan berbagai software penulisan seperti Microsoft Word dan LibreOffice.

Hal ini memudahkan proses penyisipan kutipan dan pembuatan bibliografi secara langsung dalam dokumen penulisan, menghemat waktu dan usaha.

4. Akses dan Sinkronisasi Lintas Perangkat

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses referensi dari berbagai perangkat, baik komputer desktop, laptop, maupun perangkat mobile.

Dengan sinkronisasi cloud, semua data referensi tersimpan aman dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

5. Mendukung Kegiatan Penelitian dan Akademis

Fungsi lain dari Mendeley adalah mendukung berbagai kegiatan penelitian dan akademis, termasuk penyusunan curriculum vitae dan pencarian literatur.

Fitur seperti Mendeley Suggest memberikan rekomendasi artikel atau jurnal yang relevan, membantu dalam proses penemuan sumber baru untuk penelitian.

6. Pengembangan Karir Akademik

Melalui Mendeley Career, pengguna dapat menerima informasi tentang peluang karir di bidang akademis.

Fitur ini membantu pengguna untuk terhubung dengan peluang kerja yang sesuai dengan bidang keahlian mereka.

BACA JUGA: Apa itu BioLink? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Mendeley bukan hanya sekedar aplikasi pengelola referensi biasa, melainkan sebuah alat penting yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa dan akademisi. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, dari manajemen referensi yang efisien hingga kolaborasi penelitian global, Mendeley membuka jalan bagi kemudahan dan efektivitas dalam penelitian serta penulisan akademik.

Kesederhanaan penggunaannya, ditambah dengan kekayaan fungsionalitasnya, menjadikan Mendeley sebuah keharusan bagi siapa saja yang terlibat dalam kegiatan penelitian dan akademis.

Dengan memahami apa itu Mendeley, fitur, dan fungsinya, mahasiswa akan menemukan bahwa proses penelitian dan penulisan karya ilmiah bisa dilakukan dengan lebih terstruktur, efisien, dan menghasilkan karya yang berkualitas tinggi.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Sipil Murah

Jadi, bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan kualitas penelitian dan karya tulis ilmiah mereka, Mendeley adalah pilihan yang tidak bisa diabaikan.

Related posts