OPPO Find X5 Pro 5G: Review, Spesifikasi, dan Harga di Indonesia

Harga OPPO Find X5 Pro

Renovasi Otak – OPPO Find X5 Pro 5G: Review, Spesifikasi, dan Harga di Indonesia, yang merupakan smartphone cantik dan bertenaga yang menghadirkan tampilan luar biasa, performa tangguh, baterai dan pengisian daya yang layak, serta kamera tangguh, semuanya dikemas dalam desain unik.

Ketika Oppo meluncurkan Find X3 Pro, desainnya sedikit mengejutkan. Panel tunggal kaca cermin di bagian belakang yang melengkung ke atas, di sekeliling, dan di atas modul kamera tampak tidak seperti apa pun di luar sana.

Tidak ada kejutan seperti itu kali ini, karena Find X5 Pro (tidak, tidak ada X4, kita akan membahasnya) adalah kasus penyempurnaan daripada penemuan kembali. Dan tidak hanya dalam desain, sebagian besar spesifikasi smartphone setengah langkah maju dari flagship Oppo 2021, tetapi disesuaikan dan ditingkatkan cukup untuk membenarkan pembaruan.

Dan ya, tidak pernah ada seri Find X4. Oppo mengatakan bahwa ini adalah fakta bahwa Find N foldable tahun lalu adalah generasi keempat seri, menjadikannya yang kelima, tetapi mungkin perusahaan tidak mau mengakui bahwa itu sedikit takhayul, dengan empat dianggap sebagai angka sial. di sebagian besar Asia.

Spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G 2022 Indonesia

Spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G 2022 Indonesia
  • Android 12 dengan ColorOS 12.1
  • Layar AMOLED WQHD+ LTPO 6,7 inci, 120Hz, HDR10+
  • Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
  • RAM 12GB
  • Penyimpanan internal 256GB
  • Kamera utama OIS 50Mp, f/1.7, 5-sumbu
  • Kamera ultrawide 50Mp, f/2.2
  • Kamera telefoto 13Mp, f/2.4 2x
  • Kamera selfie 32Mp, f/2.4
  • Speaker stereo
  • Pemindai sidik jari (dalam layar)
  • Bluetooth 5.2
  • Wi-Fi 6
  • GPS
  • NFC
  • 5G
  • SIM ganda
  • Lapisan layar Gorilla Glass Victus
  • Bagian belakang keramik
  • IP68
  • Baterai 5000mAh yang tidak dapat dilepas
  • Pengisian kabel SuperVOOC 80W
  • Pengisian nirkabel AirVOOC 50W
  • Glasir Hitam atau Keramik Putih
  • 163,7 x 73,9 x 8,5 mm
  • 218g

Desain dan Build Quality

  • Gorilla Glass Victus di layar
  • IP68

Yang paling jelas adalah modul kamera baru yang miring. Ini lebih dari sekadar perubahan demi perubahan, idenya adalah bahwa sudutnya lebih cocok di mana pengguna cenderung meletakkan jari telunjuk mereka di bagian belakang smartphone. Ini memberi Anda tidak hanya tempat yang nyaman untuk meletakkan jari Anda, tetapi sama pentingnya menjaganya agar tidak menghalangi dan mengotori lensa kamera Anda.

Saya akui bahwa saya skeptis, tetapi saya penggemar berat perubahan, dan sebenarnya berharap Oppo melangkah lebih jauh, dengan sudut yang lebih tajam, meskipun itu mungkin aneh tentang cara tangan saya duduk.

Ini adalah perubahan kecil, tetapi memiliki dampak yang mengejutkan pada cara smartphone dipegang, dengan bobot kamera dan bagian atas smartphone sekarang dapat diistirahatkan dengan nyaman. Itu lebih penting dari biasanya, tetapi perubahan besar Oppo lainnya, peralihan ke bagian belakang keramik, telah membuat Find X5 Pro cukup berat di 218g.

Review OPPO Find X5 Pro

Itu tidak selalu merupakan hal yang buruk meskipun tidak diragukan lagi smartphone sekarang akan terasa terlalu besar bagi sebagian orang, karena ini adalah bagian dari membuat smartphone terasa sangat premium di tangan. Perlu dicatat bahwa meskipun kedua warna tersebut adalah Glaze Black dan Ceramic White, keduanya sebenarnya menggunakan keramik bukan hanya model putih.

Lapisan keramik harus terbukti lebih keras daripada kebanyakan pilihan kaca, meskipun setidaknya sama buruknya untuk mengambil sidik jari. Sementara layar dilindungi oleh Gorilla Glass Victus, dan peringkat IP68 berarti ini harus aman dari sebagian besar kerusakan debu dan air.

Penambahan visual lainnya yang jelas adalah logo Hasselblad yang berada di samping logo Oppo di bagian belakang. Saya akan berbicara tentang kolaborasi kamera itu nanti, tetapi saya berharap logo itu dihilangkan atau setidaknya menyusut. Di antara dua logo perusahaan, tanda ‘Powered by MariSilicon’ di kamera, dan banyak tanda resmi yang diperlukan di Inggris dan Eropa, bagian belakang smartphone terlihat sangat berantakan dan sibuk kali ini, yang memang mengurangi desain.

Tampilan dan Audio

  • Layar AMOLED 6,7 inci yang besar
  • Kecepatan refresh variabel 1-120Hz
  • Speaker stereo yang kuat

Beberapa flagship Find X terakhir dari Oppo telah memamerkan kualitas tampilan mereka dan sementara Find X5 Pro tidak sedramatis langkah maju seperti yang kita lihat sebelumnya, itu masih menawarkan salah satu tampilan terbaik dalam bisnis ini.

Pada 6.7in itu di ujung yang lebih besar dari flagships Android, tetapi spesifikasinya sulit untuk diperdebatkan: AMOLED WQHD + LTPO dengan kecepatan refresh variabel dari 1-120Hz dan dukungan HDR.

Itu banyak jargon, tetapi bermuara pada fakta bahwa Anda mendapatkan tampilan resolusi tinggi yang mendetail dengan cakupan warna dan kontras yang luar biasa, dan kecepatan refresh variabel yang menghadirkan animasi super halus dan pengoptimalan baterai yang sangat baik.

Satu sentuhan cerdas yang baru pada smartphone ini adalah kemampuan untuk memvariasikan kecepatan refresh di seluruh layar. Ini hanya akan benar-benar berlaku untuk multi-tasker layar terpisah, tetapi secara teori memungkinkan bagian dari tampilan berjalan pada kecepatan refresh yang tinggi untuk video atau game, sementara menjalankan bagian lain hanya beberapa Hz untuk percakapan WhatsApp Anda untuk menghemat kekuasaan.

Seperti yang Anda harapkan di flagship, Anda juga akan mendapatkan speaker stereo, dan ini benar-benar tidak buruk. Tentu saja ada batasan untuk output bass mereka, tetapi suaranya jernih, jernih, dan tidak pernah kacau, menjadikannya cukup bagus untuk menonton YouTube atau bahkan tempat musik yang aneh jika Anda tidak memiliki speaker.

Spesifikasi dan Performa

  • Chipset Snapdragon 8 Gen 1
  • RAM 12GB dan penyimpanan 256GB
  • Dual-SIM 5G

Find X5 Pro terutama ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 1, flagship terbaru dari Qualcomm. Sebenarnya ada juga varian yang menggunakan Dimensity 9000, dari saingannya MediaTek, tapi setidaknya untuk saat ini model ini tetap eksklusif untuk China.

8 Gen 1 baru diluncurkan pada bulan Desember, sehingga perlu beberapa waktu untuk mengetahui dengan tepat kemampuannya, dan bagaimana berbagai produsen smartphone memanfaatkannya. Beberapa smartphone 8 Gen 1 awal tampaknya berjuang dengan manajemen termal, tetapi Oppo telah mengambil langkah ini dengan ruang uap 75% lebih besar dan saya belum melihat Find X5 Pro memanas lebih dari yang saya harapkan.

Seperti kebanyakan flagships di sini, kinerja di sini benar-benar jatuh ke dalam dua kubu yang berbeda. Jika Anda seperti pengguna smartphone biasa, kebanyakan khawatir tentang media sosial, mendengarkan musik, mungkin beberapa permainan ringan, maka ini memiliki kekuatan yang lebih dari cukup. Snapdragon 8 Gen 1 dapat menangani hampir semua hal yang Anda lakukan, dan smartphone ini apik dan mulus untuk digunakan.

Jika Anda adalah pengguna kekuatan multi-tugas atau gamer seluler yang lebih berkomitmen, maka ini masih salah satu smartphone paling kuat di pasar, tetapi 8 Gen 1 tidak memberikan lompatan besar pada flagships Snapdragon 888 tahun lalu. Bahkan skor Geekbench 5-nya bahkan dikalahkan oleh beberapa handset tahun lalu, meskipun lebih mengesankan dalam tes grafis GFXBench, di mana itu nyaman di depan smartphone Snapdragon 888 pada resolusi yang sama, perhatikan bahwa Galaxy S22+ yang disertakan untuk perbandingan memiliki perbedaan yang tidak adil. keuntungan di sini, karena berjalan pada resolusi yang lebih rendah.

Oppo telah memutuskan untuk menawarkan hanya satu versi smartphone, sehingga Anda akan mendapatkan 12GB RAM dan 256GB penyimpanan apakah Anda suka atau tidak, dan tanpa dukungan microSD, penyimpanan itu juga tidak dapat diperluas.

5G tentu saja didukung, dan slot dual-SIM memungkinkan Anda menggunakan dua kartu SIM 5G sekaligus (atau satu kartu dan satu eSIM). Dukungan Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, dan NFC melengkapi fitur konektivitas.

Baterai dan Pengisian Daya

  • Baterai 5000mAh
  • Pengisian kabel 80W (termasuk pengisi daya)
  • Pengisian nirkabel 50W

Ukuran tipis Find X5 Pro memberi Oppo kesempatan untuk menyertakan baterai 5000mAh yang besar. Namun, dengan spesifikasi tinggi yang disertakan, smartphone ini dapat membakar lebih cepat dari yang Anda kira, jadi ini masih smartphone yang perlu diisi daya setiap hari.

Dengan penggunaan ringan, Anda mungkin hampir dapat meregangkannya lebih jauh, tetapi sebagian besar Anda mungkin hanya akan mendapatkan satu hari pada satu waktu, dengan lima jam atau lebih screen-on time.

Untungnya pengisian cepat, dengan dukungan pengisian kabel 80W dan nirkabel 50W. ‘Mesin Kesehatan Baterai’ baru membantu melindungi baterai saat mengisi daya, dan Oppo mengatakan smartphone harus mempertahankan 80% dari kapasitas penuhnya setelah 1600 siklus pengisian daya, meskipun tentu saja saya belum dapat menguji klaim itu sendiri.

Dengan pengisi daya kabel 80W yang disertakan, saya mengisi daya smartphone hingga 56% hanya dalam 15 menit, dan hingga 94% dalam waktu setengah jam. Jika Anda mungkin perlu menggunakan pengisi daya pihak ketiga juga, smartphone ini mendukung standar PPS hingga kecepatan 30W.

Oppo mengatakan pengisian nirkabel 50W dapat memberikan muatan penuh dalam 50 menit, tetapi untuk itu Anda memerlukan pengisi daya AirVOOC resmi. Pengisi daya nirkabel Qi standar juga didukung, tetapi pada kecepatan yang jauh lebih rendah, maksimumnya adalah 15W di atas standar EPP.

Kamera dan Video Oppo Find X5 Pro

  • Kamera utama dan ultrawide 50Mp
  • 13Mp 2x telefoto
  • Tidak ada zoom mikrolensa atau periskop
OPPO Find X5 Pro: Review, Spesifikasi, dan Harga di Indonesia

Oppo telah membuat beberapa pilihan menarik dengan sistem kamera di Find X5 Pro, meskipun saya akui memiliki perasaan campur aduk tentang beberapa di antaranya.

Pertama, inilah yang Anda dapatkan: sepasang lensa utama dan ultrawide 50Mp, lensa telefoto zoom 13Mp 2x, dan kamera selfie 32Mp.

Tidak ada tanda-tanda kamera mikrolens baru yang digunakan pada Find X3 Pro, atau lensa periskop zoom 5x atau 10x. Oppo mengatakan bahwa menurutnya konsumen lebih peduli dengan kualitas dan kinerja lensa utama dalam cahaya rendah, dan karenanya telah memfokuskan upayanya di sana.

Ada dua elemen lain yang harus diperhatikan sebelum kita menyelami hasilnya. Pertama adalah perangkat keras: Oppo telah memasukkan silikon internal pertamanya di sini dalam bentuk NPU MariSilicon X. Ini adalah chip 6nm ekstra yang dikhususkan untuk pemrosesan gambar, yang menurut perusahaan adalah kunci kinerja kamera, terutama dalam cahaya rendah.

Perubahan lainnya adalah perangkat lunak. Seperti yang diberikan oleh logo besar di bagian belakang, Hasselblad telah membantu di sini, tetapi hanya dalam menawarkan fitur yang sama seperti yang ditemukan pada OnePlus 9 Pro tahun lalu. Itu berarti aplikasi kamera sekarang memiliki aksen oranye Hasselblad dan suara rana yang khas, bersama dengan beberapa filter warna baru dan mode XPan yang memotret dalam rasio aspek 65:24 yang tidak biasa. Itu benar-benar tentang hal itu, jangan terlalu terpaku pada hal-hal Hasselblad.

Performa kamera benar-benar sangat bagus. Gambar tajam dan detail di ketiga lensa, dengan warna hangat yang tampak nyata, dan dengan konsistensi warna yang mengesankan di antara ketiga lensa.

Sistem kamera apa pun dengan harga ini akan memakukannya dalam cahaya yang baik, jadi cahaya rendah adalah hal yang sangat penting. Di sini Find X5 Pro bagus, tapi itu bukan yang terbaik, terlepas dari desakan Oppo bahwa di sinilah fokus usahanya. Vivo X70 Pro+ tetap unggul dalam persaingan dalam cahaya redup, meskipun Find X5 Pro mampu bersaing dengan Galaxy S21 Ultra atau Xiaomi Mi 11 Ultra, dan masih dengan nyaman mengalahkan iPhone 13 Pro.

Gambar dengan cahaya redup terlihat tajam dan detail yang mengesankan, tetapi rentang dinamis bisa jadi kurang. Beberapa area hitam tetap  sangat hitam, dan sumber cahaya bisa menjadi sangat terang, meskipun ini ditingkatkan saat Anda menggunakan mode malam khusus, daripada mengandalkan mode kamera default.

Kamera utama memiliki harga terbaik dari ketiganya, tidak diragukan lagi dibantu oleh aperture lebar dan stabilisasi OIS 5-sumbu, tanpa stabilisasi optik sama sekali pada lensa lain, mereka tidak dapat bersaing saat keadaan gelap.

Ini mungkin terdengar lebih kritis daripada yang wajar, ketiga lensa belakang semuanya mengambil bidikan cahaya rendah yang sangat baik (dan bahkan lensa yang menghadap ke depan memiliki miliknya sendiri). Tetapi ketika Oppo membenarkan membuang periskop untuk menghasilkan cahaya rendah, mengecewakan untuk melihat bahwa itu tidak benar-benar lebih baik daripada saingan utamanya di area itu.

Jika kamera menjadi perhatian utama Anda, maka Find X5 Pro pasti ada dalam campuran, tetapi ini bukan segalanya, akhir segalanya, terutama jika Anda peduli dengan opsi zoom ekstra di tempat lain. Tetapi jika Anda hanya menginginkan flagship baru dengan kamera yang dapat Anda percaya, maka ini benar-benar memberikan, dan kemudian beberapa.

Perangkat Lunak dan Pembaruan

  • Android 12 dengan ColorOS 12.1
  • Tiga pembaruan OS Android
  • Find X5 Pro dikirimkan dengan Android 12, dan menjalankan ColorOS Oppo di atasnya.

Fitur wajib Android 12 seperti ikon untuk memperingatkan Anda saat kamera dan mikrofon sedang digunakan, atau dasbor privasi baru, disertakan di sini. Namun, Oppo telah memilih untuk sepenuhnya meninggalkan Material You, fitur Android 12 baru yang mengubah warna antarmuka pengguna berdasarkan palet yang diambil dari wallpaper Anda, meskipun Anda setidaknya bisa masuk dan mengubah warna secara manual, seperti yang saya lakukan.

Masih banyak hal yang disukai tentang ColorOS, yang tetap menjadi salah satu skin Android yang lebih baik. Ini sederhana dan mudah digunakan, dengan menu pengaturan yang ditata dengan jelas dan banyak pilihan penyesuaian di seluruh OS.

Oppo juga menjanjikan tiga tahun pembaruan OS Android untuk flagships, dengan patch keamanan tahun keempat, yang akan melihat pembaruan smartphone ini ke Android 13, 14, dan akhirnya 15. Itu bukan dukungan perangkat lunak jangka panjang yang ditawarkan oleh Apple, tapi itu ada di antara yang terbaik untuk merek Android, dengan hanya Samsung yang melakukan lebih baik saat ini.

Harga dan Ketersediaan Oppo Find X5 Pro di Indonesia

Find X5 Pro sekarang dijual di Inggris, Eropa, dan Asia. Saya telah mengumpulkan penawaran Find X5 Pro terbaik yang dapat saya temukan, jadi periksalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang tempat membeli smartphone.

Di Indonesia Oppo Find X5 dibanderol seharga Rp 19.499.000, harga tersebut tidak jauh berbeda dengan flagship premium seperti Samsung Galaxy S22 Ultra atau Xiaomi Mi 11 Ultra tahun lalu dan Sony Xperia 1 III.

BACA JUGA | Xiaomi Mi 12 Ultra 5G: Harga, Spesifikasi, Tanggal Rilis, dan Kabar Terbaru!

Jika Find X5 Pro akan kesulitan di sini, itu karena sebagian besar pesaingnya menawarkan kamera zoom periskopik yang kuat, yang tidak. Jika itu adalah fitur utama bagi Anda, maka lihatlah para pesaing tersebut, tetapi jika zoom 2x Find X5 Pro terdengar cukup, maka paket lengkap di sini bisa menjadi pemenang.

Lihat kumpulan smartphone unggulan terbaik dan smartphone Android terbaik saya untuk melihat pesaing utama, atau smartphone Oppo terbaik untuk mengetahui lebih banyak dari merek tersebut.

Kesimpulan

Oppo Find X5 Pro adalah smartphone cantik dan kuat yang memberikan hampir semua hal yang penting.

Dibandingkan dengan flagships terbaru lainnya, ini terasa seperti serba: Anda mendapatkan tampilan yang sangat baik, kinerja yang kuat, baterai dan pengisian daya yang layak, dan kamera yang kuat, semuanya dibungkus dalam desain yang cukup menarik.

Di luar estetika itu, saya tidak yakin ada satu area pun di mana Find X5 Pro adalah yang terbaik dari semua smartphone di luar sana, jadi jika Anda memiliki prioritas khusus, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa pesaing memberi Anda lebih dari yang Anda inginkan. Tetapi hanya sedikit yang memakukan hampir setiap aspek smartpone seperti yang dimiliki Oppo di sini, yang dapat memberikan daya tarik Find X5 Pro yang lebih luas.

Related posts