Mengetahui Contoh E-commerce Dan Apa Manfaatnya

Mengetahui Contoh E-commerce Dan Apa Manfaatnya

VASIOTA.COM – Tak bisa dipungkiri bahwa kini aktivitas manusia yang sebelumnya dilakukan secara offline kini dapat dilakukan dengan mudah secara online. Dunia digital telah mengubah perilaku masyarakat yang kini ingin serba praktis dan instan.

Apalagi saat pandemi, pembatasan aktivitas di luar membuat orang berpikir secara efektif bagaimana mereka bisa bertahan hidup dan internet membuka jalan untuk itu. Misalnya, perubahan aktivitas masyarakat yang kini gemar belanja online.

Hal tersebut mereka lakukan karena berbelanja melalui internet lebih efektif dan efisien serta tidak menimbulkan risiko penularan virus. Pada artikel ini kami akan bahas Contoh E-commerce Dan Apa Manfaatnya.

Apa itu E-commerce?

Perdagangan elektronik atau e-commerce merupakan suatu proses transaksi jual beli yang dalam praktiknya dilakukan secara online melalui media elektronik. E-commerce adalah transaksi bisnis ke bisnis yang terjadi melalui jaringan internet.

Dalam dunia perdagangan, e-commerce menawarkan banyak perubahan. Proses jual beli tidak lagi memerlukan pertemuan tatap muka seperti di toko konvensional. Penjual dan pembeli hanya perlu melakukan proses transaksi secara online.

Transaksi terjadi lebih efisien dan cepat, apalagi dengan terintegrasinya berbagai sistem pembayaran yang semakin dipermudah. Saat ini sarana e-commerce tidak hanya melalui telepon dan televisi, namun kini lebih banyak menggunakan internet. Beberapa orang mengacaukan pasar dengan e-commerce dan menganggapnya sama. Sebenarnya pengertian e-commerce berbeda dengan marketplace.

Seperti yang dilansir dari Indobet88, marketplace adalah model e-commerce yang bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Contohnya seperti shopee, lazada, tokopedia, dan lain-lain. Jadi, marketplace bukanlah kegiatan jual beli, melainkan perantara yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online. Sedangkan bentuk lain dari e-commerce adalah website atau aplikasi toko online milik suatu brand, perusahaan, atau bisnis rumahan.

Manfaat E-Commerce

Dalam dunia bisnis bagi para pengusaha ada banyak sekali manfaat dari e-commerce. Tidak hanya itu, manfaat e-commerce juga dirasakan oleh konsumen. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari e-commerce.

Biaya Rendah

Membuat toko online membutuhkan biaya lebih murah dibandingkan toko fisik. Pemilik toko juga tidak perlu khawatir dengan biaya sewa gedung, gaji pekerja, atau tagihan listrik. Selain itu, jika Anda memiliki e-commerce sendiri, menggunakan API dari perbankan terbuka akan mengurangi biaya yang sebelumnya melibatkan pembayaran host to host.

Jangkauan Luas

Berbeda dengan toko konvensional yang hanya menyasar khalayak lokal atau wilayah tertentu, jangkauan e-commerce luas. Pembeli dari berbagai daerah bahkan seluruh dunia bisa berbelanja di toko online. Tentu saja hal ini akan membawa banyak keuntungan bagi penjualnya. Pembeli akan dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkannya.

Bisa buka 24 jam

Memang toko fisik juga bisa beroperasi 24 jam sehari. Namun hal ini memerlukan biaya operasional yang lebih besar. Jika menggunakan toko online, toko dapat tetap buka selama 24 jam dan pembeli dapat mengakses toko kapan saja.

Transaksi Dan Pengiriman Barang Lebih Mudah

Kini semakin banyak metode pengiriman barang dan pembayaran secara real time. Dengan banyaknya pilihan metode pembayaran elektronik, transaksi di e-commerce semakin mudah.

Tidak Perlu Stok Barang

Dalam industri e-commerce, seseorang juga bisa menjadi dropshipper. Dropshipper adalah perantara penjualan barang atau jasa. Seorang dropshipper bertugas memasarkan produk dan tidak perlu memiliki stok.

Dapat Mempelajari Perilaku Pelanggan

Dalam menjalankan bisnis, penting untuk mengetahui kebiasaan konsumen. Di dunia digital, pemilik bisnis dapat menggunakan beberapa alat untuk menganalisis perilaku atau kebiasaan pelanggan dan data lainnya. Salah satu alat analisis yang cukup lengkap dan dapat diintegrasikan dengan e-commerce adalah Google Analytics.

Komponen E-Commerce

Ada komponen e commerce. Berikut adalah komponen-komponen dalam e-commerce yang mendukung proses operasionalnya.

Produk

E-Commerce mendukung penjualan di berbagai jenis produk fisik dan digital. Produk fisik berupa buku, makanan, gadget, pakaian, dan lainnya.

Tempat untuk Menjual Produk

Kegiatan E-Commerce dilakukan melalui internet untuk membuat sebuah website sebagai sarana pemasaran.

Cara Menerima Pesanan

Ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan dalam menerima pesanan yaitu dengan memanfaatkan telepon, Chatting, E-mail, maupun SMS.

Metode Pengiriman: Dan untuk pengirimana barang Di Indonesia biasanya bisa menggunakan Pos Indonesia, TIKI, JNE, J&T dan lainnya, Namun ada juga yang menggunakan ojek online. Demikian penjelasan dari saya tentang mengetahui Contoh E-commerce seperti yang dilansir, terimakasih.