4 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi, Solved!

4 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi, Solved!

VASIOTA.COM – Ketika laptop Anda tidak terhubung ke WiFi, itu membatasi metode yang dapat Anda gunakan untuk mengakses internet. Meskipun ini adalah cara yang sangat nyaman untuk online, ada beberapa hal yang bisa salah saat menggunakan WiFi.

Masalah-masalah ini membuat koneksi Anda lambat, terganggu secara berkala, atau terkadang laptop mati total. Jika Anda mengalami satu atau lebih dari masalah ini, inilah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki laptop yang tidak bisa connect ke WiFI:

Read More

1. Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi dengan Troubleshoot

Komputer Windows memiliki alat troubleshoot otomatis yang dapat Anda gunakan untuk mendiagnosis masalah yang Anda alami. Berikut adalah cara menggunakan alat ini:

1. Pastikan WiFi di laptop Anda menyala.

Tekan tombol nirkabel atau tombol nirkabel pada keyboard Anda dan pastikan lampu aktivitas nirkabel menyala atau berubah dari merah menjadi putih.

Anda dapat menemukan kunci nirkabel di suatu tempat di keyboard Anda, biasanya di salah satu tombol F atau pada tombol berlabel ikon WiFi atau simbol pesawat.

Jika Anda tidak melihat kunci nirkabel apa pun, laptop Anda mungkin memiliki tombol nirkabel di salah satu sisinya bersama dengan slot dan port.

BACA JUGA: Cara Membobol WiFi

Setelah Anda mengaktifkan WiFi, coba sambungkan kembali ke jaringan nirkabel Anda lagi. Jika berhasil, masalah Anda terpecahkan. Jika Anda tidak dapat menemukan kunci nirkabel, jika lampu aktivitas nirkabel tidak menyala, atau jika masalah tetap ada bahkan setelah menyalakan WiFi, baca terus.

2. Klik Mulai, dan ketik “pemecahan masalah” di bidang pencarian.

3. Klik dua kali Pemecahan Masalah untuk memilihnya dari hasil.

4. Klik Jaringan dan Internet, lalu Koneksi Internet.

5. Klik Lanjutan.

6. Klik Run as Administrator jika Anda melihat opsi tersebut.

7. Centang Apply Repairs Automatically, lalu klik next. Jika jendela kontrol akun pengguna muncul, klik Ya untuk melanjutkan.

8. Klik Troubleshoot my connection to the Internet, lalu klik Next. Ikuti petunjuk di layar.

9. Tunggu hingga proses troubleshooting selesai. Baca hasilnya.

10. Jika pemecah masalah otomatis menemukan masalah, informasi lebih lanjut akan ditampilkan tentang masalah tersebut dan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jika ada tindakan yang disarankan, lakukan dan coba sambungkan kembali ke internet.

Jika masalah tetap ada bahkan setelah diperbaiki secara otomatis, atau setelah Anda melakukan tindakan yang disarankan, tutup jendela dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika tidak ada masalah yang terdeteksi dan Anda masih tidak dapat mengakses internet, tutup jendela dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Cek dan Reset Hardware

Terkadang mengatur ulang laptop Anda dan perangkat keras terkait lainnya mungkin merupakan solusi yang Anda butuhkan.

Berikut cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi dengan cek dan reset hardware:

1. Klik Start, lalu Klik Shut Down. Ini akan mematikan laptop Anda.

2. Cabut laptop, perute nirkabel, dan/atau modem nirkabel Anda.

3. Tunggu selama 10 hingga 30 detik, lalu sambungkan kembali semuanya.

4. Jika masalah berlanjut, dan tidak ada perangkat lain yang dapat terhubung ke jaringan WiFi, Anda mungkin perlu menghubungi Penyedia Layanan Internet Anda.

3. Instal Ulang Wireless Network Drivers

Menginstal ulang driver jaringan akan menghapus registri dan mengatur ulang semua konfigurasi nirkabel yang ada, yang dapat membantu laptop Anda mengakses internet melalui WiFi sekali lagi. Berikut adalah cara menginstal ulang driver adaptor jaringan nirkabel Anda.

Untuk melakukan ini, Anda harus menggunakan Windows Device Manager untuk menghapus instalan adaptor nirkabel terlebih dahulu sebelum menginstal driver.

1. Klik Mulai, lalu ketik Pengelola Perangkat di kotak pencarian.

2. Klik dua kali pada Device Manager untuk memilihnya.

3. Klik dua kali pada Network Adapters

4. Jika Anda memiliki beberapa adapter, sebuah drop-down akan muncul yang mencantumkan semuanya. Klik kanan Adaptor WiFi Anda dan pilih uninstall.

5. Layar Confirm Device Uninstall akan muncul. Klik Oke. Tunggu hingga penginstalan selesai. Pastikan nama adaptor nirkabel tidak lagi ditampilkan dalam daftar Adaptor Jaringan.

6. Pada jendela Device Manager, klik Action. Anda dapat menemukan tab Action di bagian atas antara tab File dan View. Pilih Pindai Perubahan Perangkat Keras dari drop-down.

7. Komputer Anda akan menginstal ulang adaptor WiFi dan Anda akan dapat melihat namanya sekali lagi.

8. Tutup semua jendela dan restart komputer.

9. Coba sambungkan kembali ke WiFi Anda. Jika masalah berlanjut, baca terus.

BACA JUGA | WiFi ID Gratis

4. Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi dengan Update Wireless Network Drivers

Terkadang, Anda mungkin perlu mengunduh dan menginstal driver terbaru untuk adaptor nirkabel Anda agar dapat berfungsi.

Ini biasanya berfungsi saat koneksi lambat atau terus terputus. Berikut adalah cara memperbarui driver.

Sebelum mengunduh driver apa pun, Anda perlu memastikan bahwa Anda mengetahui merek dan model laptop Anda. Jika memungkinkan, gunakan situs web resmi perusahaan laptop Anda untuk mendapatkan versi driver yang paling sah dan terbaru. Dengan memilih untuk mendapatkan driver Anda dari situs pihak ketiga, Anda menanggung risiko mengunduh software yang berpotensi berbahaya.

Selalu unduh software hanya dari situs web yang Anda percayai.

Karena itu, terkadang pembuat laptop Anda mungkin tidak memberikan pembaruan untuk perangkat keras WiFi Anda yang sebenarnya. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkannya dari tempat lain secara online:

1. Klik Mulai, ketik Pengelola Perangkat di bidang pencarian

2. Klik dua kali Pengelola Perangkat untuk memilihnya.

3. Klik dua kali Network Adapters, lalu temukan nama Wireless Adapter Anda dari daftar.

4. Klik kanan Wireless Adapter Anda lalu pilih Properties.

5. Klik tab Driver pada jendela yang muncul.

6. Detail yang ingin Anda fokuskan di sini adalah Penyedia Pengemudi dan Tanggal Pengemudi. Salin di suatu tempat atau tulis.

7. Sambungkan ke Internet menggunakan metode lain atau di perangkat lain dan cari situs web penyedia driver.

8. Kunjungi situs web penyedia driver dan cari versi terbaru dari driver Anda. Pastikan tanggal rilis lebih lambat dari Tanggal Pengemudi Anda.

9. Jika tidak ada driver yang diperbarui di situs web penyedia driver, atau jika penyedia driver Anda tidak memiliki situs web, kembali ke jendela Adapter Properties Anda.

10. Klik pada tab Detail.

11. Pilih ID Perangkat Keras dari daftar properti.

12. Klik kanan ID pertama dan pilih salin.

13. Tempel ID ini di mesin pencari Anda dan temukan situs web yang memiliki drivernya.

14. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstalnya di laptop Anda. Sekali lagi, pastikan Anda hanya mengunduh software dari situs web yang Anda percayai.

15. Setelah driver diperbarui, restart laptop Anda dan coba sambungkan kembali ke Jaringan WiFi Anda.

Jika masalah laptop tidak bisa connect WiFi masih berlanjut setelah mencoba semua langkah ini, mungkin sudah waktunya untuk mencari bantuan profesional.

Laptop yang lebih besar memiliki wifi yang lebih baik, jadi pastikan Anda memilih yang lebih mahal.

Related posts