Jingling Adalah: Pengertian Hingga Cara Mengatasinya

Jingling

Jumlah pengunjung(traffic) memang mempengaruhi suatu blog/website. Banyaknya traffic akan berpengaruh besar terhadap ranking dan popularitas situs tersebut. Hal ini menjadi alasan mengapa para blogger ingin memiliki jumlah pengunjung yang banyak.

Tak hanya berdampak terhadap ranking dan popularitas situs saja, besarnya traffic pun juga guna meningkatkan jumlah penghasilan dari sebuah situs/blog. Kesimpulannya, jumlah pengunjung yang banyak akan berpengaruh besar serta memberikan banyak manfaat untuk kemajuan situs tersebut, ntah itu ranking, penghasilan, atau yang lainnya.

Namun, untuk mendapatkan pengunjung yang banyak bukanlah hal yang mudah. Walaupun sudah membuat konten yang berkualitas serta tiap hari update artikel-pun tidak menjamin untuk mendapatkan traffic organik dari google dengan skala besar.

Perlu anda ketahui, meningkatkan visitor secara instant memang dapat dilakukan. Akan tetapi, cara ini tergolong curang dan akan terlihat buruk di mata google. Tindakan ini sering disebut dengan istilah jingling.

Apa itu Jingling?

Pengertian Jingling

Jingling adalah suatu software yang diciptakan dengan tujuan meningkatkan jumlah visitor pada suatu blog/website secara instant. Software ini sering disebut dengan software auto visitor atau visitor bot.

Situs yang dijalankan melalui alat ini akan dibanjiri traffic dengan cepat tanpa harus melakukan optimasi.

Akan tetapi, pengunjung yang membanjiri situs tersebut bukanlah pengunjung organik(asli manusia), melainkan robot. Robot tersebut akan memindai halaman situs secara berkala sehingga situs tersebut memiliki pengunjung yang sangat banyak meskipun bukan real dari manusia.

Dampak Jingling

Aplikasi dengan sebutan Traffic Spirit buatan China ini tergolong menggunakan teknik Blackhat SEO, karena cara kerja jingling bertolak belakang dengan kebijakan dan ketentuan yang diberikan Google.

Dampak Jingling Terhadap Blog

Sebelum anda benar-benar ingin menggunakan alat ini, perlu anda ketahui bahwa jingling merupakan program aplikasi yang buruk terhadap situs/blog. Memang benar, dengan menggunakan alat ini jumlah visitor pada blog anda akan naik secara derastis bahkan hingga 10x lipat lebih.

Walaupun blog memiliki banyak pengunjung dengan menggunakan alat jingling, namun tidak ada interaksi pada blog anda, tidak ada yang berkomentar, dan sebenarnya tidak ada satupun manusia yang mengunjungi blog anda, tentunya hal ini sangatlah berbahaya jika dilakukan.

1. Tidak di Terima Google Adsense

Setelah menggunakan auto visitor untuk mendatangkan ribuan traffic, jangan harap blog anda akan diterima Google Adsense. Karena traffic yang dibuat dari tool jingling merupakan traffic yang tidak valid.

Lantas, bagaimana dengan blog yang sudah diterima Google Adsense lalu menggunakan auto visitor? Apakah aman? Tidak! akun adsense anda akan berpotensi banned permanen setelah menggunakan tool jingling.

2. Blog Spam

Seiring waktu, perkembangan alogaritma google sangatlah pesat. Perkembangan ini menimbulkan teknologi canggih google dalam menentukan visitor blog/website(bot atau bukan). Blog yang terdeteksi memiliki visitor bot akan dianggap spam oleh google.

3. Menggemuknya Alexa Rank

Cara Mengatasi Jingling

Ketika anda menggunakan auto visitor, alexa rank tidak malah menurun, melainkan akan menaik. Hal ini dikarenakan visitor yang tidak valid yang dikirim secara berkala.

4. Menurunnya Peringkat Blog

Memang benar, banyaknya traffic akan berpengaruh terhadap peringkat blog yang menaik di mesin pencarian google. Namun, jika anda menggunakan bot untuk mengunjungi situs anda, peringkat website bukannya menaik, melainkan akan menurun.

5. Dianggap Blog SAMPAH!

Mengapa demikian? seperti yang anda ketahui, menggunakan alat jingling auto visitor untuk meningkatkan jumlah traffic akan dinilai dan terlihat buruk di mata google. Sehingga, akan dijuluki sebagai blog sampah.

6. Kualitas SEO Akan Menurun

Jika dilihat dari ke 5(lima) dampak diatas, secara otomatis kualitas SEO pada blog anda akan menurun. Teknik SEO yang anda terapkan blog, selama ini akan sia-sia.

7. Dihapus dari Pencarian Google

Jika website anda terdeteksi menggunakan visitor bot, google tidak segan-segan menghapus blog anda dari pencarian google. Lebih parahnya lagi, website anda masuk Google Sendbox yang artinya sudah tidak dapat dicari lagi di google.

Meskipun anda merasa tidak menggunakan jingling untuk situs anda, orang lain dapat mengirimkan visitor robot untuk situs anda. Pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan tindakan ini, biasanya dipicu oleh rasa sirik atau iri karena blog nya tidak bisa seperti blog anda. Oleh karena itu anda perlu mengetahui:

Ciri-Ciri Blog yang Terkena Jingling

  • PageView tiba-tiba melunjak
  • Jumlah pengunjung online tidak sebanding dengan PageView
  • Bounce Rate menjadi sangat tinggi
  • Asal negara pengunjung tidak akurat

Jika hal tersebut terjadi pada blog anda alangkah baiknya anda mencegah agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Jangan bingung, kali ini admin akan membagikan cara mengatasi jingling yang menyerang website/blogger anda.

Cara Mengatasi Serangan Jingling

1. STOP Membagikan URL

Sebagian besar penyebab terjadinya jingling ialah membagikan url blog ke sembarang tempat. Bagus jika tidak terjadi apa apa, jika ada orang yang iri/tidak suka dengan blog anda, apa yang terjadi? Benar, orang lain akan leluasa mengirimkan auto visitor untuk menurunkan kualitas blog anda.

Jadi, lebih baik jangan sebarkan url ke sembarang tempat, seperti grup facebook, whatsapp, dan lain sebagainya. Pastinya, hal ini dapat memperkecil kemungkinan blog terserang jingling.

2. Penolakan Sumber URL dengan Script

Kita hanya membutuhkan script untuk mencekal url situs yang melakukan spam terhadap blog kita. Namun, anda harus teliti dalam menyaring url situs yang melakukan spam tersebut.

Masukkan script berikut diatara kode <head></head> atau &lt;!--<head>--&gt;&lt;head&gt;&lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt;

<script type = 'text / javascript'>
var block = ['url block1', 'url block2','url blok3'];
for (var b = block.length; b--;) {
if (document.referrer.match (block [b]))
window.location = "http://google.com/";
}
</script>

CATATAN:
    : Silahkan ubah dengan url situs yang melakukan spam visitor.
    : Silahkan ubah url tujuan untuk dialihkan, misalnya url pemilik situs yang anda sangka mengirim spam visitor ke blog milik anda.

3. Mengubah Setting robots.txt

Robot.txt merupakan akses kontrol mesin perayap. Sehingga, robots.txt dapat kita manfaatkan untuk mencekal serangan jingling terhadap situs web.
Pada pengaturan robots.txt, anda dapat mengubah dengan settingan berikut:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: https://www.situs-anda.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

KESIMPULAN

Jangan gunakan jingling! sesulit apapun untuk mendapatkan pengunjung, lebih baik lakukan dengan cara yang murni. Dengan begitu, situs anda tidak akan terkena dari dampak diatas.

Semoga pengenalan tentang apa itu jingling diatas menjadi manfaat kita semua.

Related posts