Pertama Kali Merakit PC Pahami Dulu 7 Hal Ini

Pertama Kali Merakit PC Pahami Dulu Hal Ini

RENOVASI OTAK – Hal yang perlu dipahami sebelum merakit PC, hal utama yang harus diperhatikan saat merakit komputer sesuaikan kebutuhan dan anggaran anda. Menentukan spesifikasi komputer yang ideal misalnya kecepatan yang diperlukan.

komputer anda tergantung pada kebutuhan seperti Prosesor yang cepat, RAM yang cukup, dan kartu grafis sangat penting untuk PC gaming. Untuk komputer desktop dengan anggaran rendah sudah cukup jika hanya digunakan untuk menjelajah web dan tugas produktivitas sederhana.

Pahami Perangkat Hardwarenya

1.Motherboard

Pertama Kali Merakit PC Pahami Dulu Hal Ini

Pemilihan Motherboard juga sangat penting saat merakit komputer harus dipertibangkan karena ini akan mempengaruhi kebutuhan lainnya,setiap Motherboard juga memiliki spesifikasi yang bermacam macam sesuai kebutuhan.

Read More

Apabila anggaran terbatas pakailah motherboard dengan spesifikasi tengah tengah apabila kebutuhan seperti bermain game atau editing dll,maka pilihlah Motherboard yang berspesifikasi tinggi.

2.Prosesor (CPU)

Meskipun ada banyak prosesor atau CPU desktop yang berbeda, sebagian besar hanya berasal dari dua produsen: AMD dan Intel. Prosesor Intel umumnya menawarkan kinerja yang lebih baik tetapi lebih mahal daripada prosesor AMD. Namun perbedaan utama antara prosesor berkaitan dengan jumlah core yang mereka tawarkan dan kecepatan relatifnya.

Sebagian besar produsen menghadirkan sistem penilaian kinerja untuk komputer, tetapi membandingkan antar merek tidak selalu mudah. Pilihlah CPU terbaik dalam kisaran anggaran anda dan kemudian berkonsultasi tentang prosesor untuk memastikan mereka cukup kuat untuk kebutuhan anda.

3.Penyimpanan Hardisk

Pertama Kali Merakit PC Pahami Dulu Hal Ini

Penyimpanan Hardisk juga memiliki berbagai macam jenis jenis penyimpanan, hal ini juga berpengaruh pada kinerja komputer kami juga menuliskan tentang Penyimpanan ini sebelumnya.

BACA JUGA | Pengertian dan Spesifikasi Penyimpanan HDD, SSD, atau SSHD untuk Performa Laptop dan PC

4.Memori RAM

Memori RAM juga memainkan peran penting dalam kecepatan dan kinerja komputer. Semakin tinggi RAM semakin baik kinerjanya. Para ahli merekomendasikan setidaknya 8 gigabyte memori tetapi 16 GB menawarkan kinerja yang lebih baik. Untuk penggunaan game dan komputasi daya lainnya, 16 GB adalah jumlah minimum yang harus anda pertimbangkan.

Meskipun memori DDR3 adalah standar untuk komputer desktop selama bertahun-tahun, DDR4 sekarang lebih disukai. Saat membeli memori, cobalah untuk membeli DIMM sesedikit mungkin untuk memungkinkan peningkatan memori di masa mendatang.

5.Kartu Grafis (VGA)

Pertama Kali Merakit PC Pahami Dulu Hal Ini

Jika anda tidak memainkan game PC dengan grafis 3D, anda tidak perlu khawatir tentang kartu grafis khusus. Gamer harus mempertimbangkan kartu DirectX 11 dengan memori internal minimal 2 GB. Pilih VGA sesuai anggaran jika anda tertarik untuk mempercepat tugas non-3D. Faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk kinerja, jumlah memori pada VGA, konektor output, dan versi yang didukung.

6.Power Supply

Pertama Kali Merakit PC Pahami Dulu Hal Ini

Masih berkaitan dengan komputer dan segala peralatan yang melingkupinya.Sederhananya komponen yang satu ini bisa dikatakan sebagai jantung atau alat pemompa darah, tapi darahnya berupa tegangan atau daya. Jadi bisa kamu bayangkan sendiri bagaimana jika komputer tanpa adanya power supply Mungkin seperti manusia tanpa jantung.

Pilihlah Power Supply sesuai kebutuhan daya yang ada pada komputer jangan sampai daya dikonsumsi perangkat PC lebih besar dari pada Watt Power Supply setidaknya berikan lebih agar daya pada komputer tetap stabil hal ini juga mencegah terjadinya arus pendek listrik.

7.Monitor

Pertama Kali Merakit PC Pahami Dulu Hal Ini

Meskipun ada PC all-in-one dengan monitor internal anda tetap perlu mempertimbangkan kualitas layar. Kebanyakan monitor saat ini didasarkan pada teknologi LCD, dan satu-satunya perbedaan yang signifikan di antara mereka adalah ukuran dan biaya.

Beberapa faktor lain seperti akurasi warna mungkin penting jika anda berencana menggunakan desktop untuk pekerjaan grafis. LCD 24-inci adalah yang paling umum, berkat keterjangkauan dan dukungan untuk video definisi tinggi 1080p penuh. Layar yang lebih besar seperti LCD 27 inci dan layar 4K juga turun harganya

Hal yang perlu anda lakukan setelah membangun PC

Keamanan juga sangat penting setelah anda menghubungkan semua periferal dan mem-boot PC anda untuk pertama kalinya, ambil langkah-langkah untuk mengamankan komputer anda dari serangan luar sebelum anda terhubung ke internet. Hubungkan desktop anda langsung ke modem anda untuk sinyal yang lebih andal. Jika desktop anda dilengkapi dengan garansi, anda mungkin juga perlu mendaftarkannya.

Related posts