Pengertian dan Spesifikasi Penyimpanan HDD, SSD, atau SSHD untuk Performa Laptop dan PC

Pengertian dan Spesifikasi Penyimpanan HDD, SSD, atau SSHD untuk Performa Laptop dan PC

RENOVASI OTAK – Pengertian dan Spesifikasi Penyimpanan HDD, SSD, atau SSHD untuk Performa Laptop dan PC. HDD, SSD, dan SSHD adalah opsi yang bisa kamu ambil sebagai penyimpanan atau storage harddisk terbaik untuk membuat kinerja atau performa dari PC atau laptop kamu agar lebih baik dari sebelumnya. Namun ternyata banyak sekali yang belum memahami mengenai pengertian dan perbedaan penyimpanan HDD, SSD, dan SSHD serta untuk memilihnya pun bukan hal yang mudah.

Pengertian

HDD (Hard Disk) merupakan perangkat penyimpanan paling umum, generasi lama serta menggunakan teknologi yang tidak berubah sejak puluhan tahun lalu. HDD berbasis platter (piringan) berputar untuk menyimpan data, karena itu cukup beresiko saat bekerja karena komponen-komponennya bergerak.


SSD (Solid State Drive) merupakan merupakan perangkat penyimpanan generasi baru, berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. Karena menggunakan Flash, SSD tidak memiliki komponen bergerak. SSD sudah banyak digunakan oleh perangkat Notebook High-End dan Server.

Read More


SSHD (Solid State Hybrid Drive) merupakan penyimpanan hybrid yang menyatukan fungsi HDD dan SSD didalam satu perangkat penyimpanan. Pada dasarnya SSHD berbasis platter (piringan), tapi juga menyertakan flash memory agar transfer data menjadi lebih efisien.

BACA JUGA | BARU! Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis, 100 Ribu Langsung Cair!

Performa

Hard disk biasanya menghadirkan performa yang memadai untuk sebagian besar platform PC yang dipasarkan.

SSD menghadirkan performa terbaik untuk booting dan memiliki kinerja yang sangat tinggi untuk baca ataupun tulis guna mendukung komputasi yang memerlukan kemampuan multifungsi lebih baik.

Sedangkan SSHD dapat menghadirkan performa serupa dengan SSD dalam hal booting, pengaktifan, dan pemuatan data.

Konsumsi Daya

Solid state drive paling hemat daya. Solid state hybrid drive menempati posisi kedua dengan perbedaan tipis karena lebih sering berputar dibandingkan hard disk. Secara umum, penyimpanan tidak akan memengaruhi daya tahan baterai di komputer laptop lebih dari 10%. Daya prosesor dan layar LCD paling banyak berperan menghabiskan daya baterai.

BACA JUGA | AMD dan Mitra Memamerkan Motherboard AM5 Premium Untuk CPU Ryzen 7000 Mendatang

Keandalan

Tingkat kegagalan pada teknologi SSD, HDD, dan SSHD memiliki peringkat yang sangat serupa. SSHD menggunakan bagian flash dan HDD secara lebih efisien daripada saat dipisahkan, jadi keduanya dianggap sangat andal.

Ringkasan

Dan demikian pengertian dan spesifikasi penyimpanan HDD, SSD, atau SSHD untuk performa laptop dan PC. Semua penyimpanan memiliki keunggulan masing-masing jadi tinggal bagaimana cara kamu mendapatkan kapasitas maksimum yang hampir sama cepatnya dengan solid state, namun sesuai anggaran? Secara keseluruhan, solid state hybrid drive dapat memberikan kombinasi terbaik dari karakteristik performa dan pertimbangan anggaran untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Related posts