Cat Mobil per Panel atau Full Body, Berapa Biayanya?

Cat Mobil per Panel atau Full Body, Berapa Biayanya?

Warna mobil merupakan salah satu komponen penting pada tampilan kendaraan. Karena itu, penting untuk mengetahui biaya cat mobil cek selengkapnya dalam artikel berikut.      

Jika Anda ingin melakukan cat ulang mobil full body, Anda harus berhati-hati dalam memilih bengkel. Salah satu pilihan terbaik untuk melakukan cat ulang mobil adalah di bengkel resmi kendaraan Anda.

Kisaran biaya cat mobil di bengkel resmi memang tergolong mahal, namun kualitas yang ditawarkan akan sebanding dengan rasa puas yang diberikan. Seperti halnya ketika Anda ingin memiliki asuransi mobil, tentu saja harus dipilih berdasarkan jenis-jenisnya, entah itu asuransi mobil All Risk ataukah asuransi Total Loss Only (TLO).

BACA JUGA: Tips Memilih Asuransi Mobil

Jika tertarik ingin memiliki produk proteksi yang memberikan perlindungan kerusakan hingga 75 persen, maka asuransi TLO jawabannya. Sebagai nasabah, Anda tentu ingin mendapatkan asuransi TLO diskon terbaik.

Nah, buat Anda yang ingin melakukan cat kendaraan kesayangan, berikut ini biaya cat mobil berdasarkan kerusakannya hingga full body di bengkel resmi.

Cat Mobil Memang Mahal, tapi Sesuai dengan Hasil yang Ditawarkan

Meski kisaran harga untuk cat ulang mobil mahal, bahkan mungkin harga yang ditawarkan bisa sampai belasan atau puluhan juta. Tapi, harga yang ditawarkan sudah memberikan kualitas kinerja dan hasil yang terbaik.

Karena itu, penting sekali untuk memilih bengkel cat mobil dengan begitu berhati-hati dan teliti. Pasalnya, harga yang ditawarkan juga tidak begitu murah.

Jika dilihat dari kualitas dan hasil, mungkin harga bukan masalah besar untuk mereka yang merasa mampu. Melainkan, kendala sering terjadi ketika harga yang diberikan sudah mahal, kualitas dari kinerja maupun hasil tidak begitu sempurna, sehingga Anda bisa mendapatkan kerugian.

Meski saat ini sudah banyak bengkel cat mobil yang menawarkan harga di bawah normal, apakah benar-benar bisa memberikan hasil berkualitas?

Sebelum memutuskan untuk menggunakanya, Anda harus melihat bagaimana pengalaman, sepak terjang, feedback client dan contoh hasil kerja. Ini dilakukan untuk bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerugian terhadap hasil yang diberikan.

Biaya Cat Mobil Berdasarkan Bagian Kerusakannya

Seperti diketahui, biaya cat mobil tergantung pada bagian mobil yang perlu dipoles. Selain itu, biaya juga tergantung jenis cat mobil yang hendak dipilih.

Berikut ini adalah besaran biaya cat mobil berdasarkan bagian kerusakannya yang harus Anda siapkan:

1. Biaya Cat Mobil per Panel dengan Cat Polyurethane

Ketika kendaraan Anda baret hanya di bagian tertentu, maka biaya yang dihitung berdasarkan per panel. Pengecatan untuk bagian atap mobil di bengkel mobil nonresmi berkisar antara Rp500.000 hingga Rp800.000.

Jika baret terdapat pada bagian panel pintu, spoiler, side skirt, bumper, atau spakbor biasanya hanya berkisar Rp 300.000 hingga Rp450.000. Sementara itu, pengecatan pada bagian kap mesin atau bagasi, biaya yang harus Anda persiapkan sekitar Rp400.000 hingga Rp600.000.

2. Biaya Cat Mobil dengan Cat Acrylic Lacquer

Jika Anda memilih cat acrylic lacquer, maka biayanya juga menyesuaikan. Jika ingin mengecat pada bagian kap bagasi, pintu berdasarkan per panel, fender yang berdasarkan per panel, bemper depan, maupun bemper belakang biayanya adalah Rp350.000.

Pengecatan pada bagian kap mesin memerlukan biaya Rp450.000. Sedangkan untuk pengecatan bagian kabin atas biayanya adalah Rp650.000.

3. Biaya Cat Full Body Mobil Baret

Jika baret yang dialami bodi kendaraan cukup parah, maka ada baiknya lakukan pengecatan full body. Pilihan cat bisa dipilih tergantung dari persediaan dari jasa coating kendaraan.

Bbiaya cat full body dengan bahan Blinken berkisar Rp4.000.000. Sementara itu, untuk cat dengan bahan seperti Sikkens atau Spies Hecker, maka Anda harus menyiapkan bujet antara Rp6.500.000 hingga Rp9.000.000.

Biaya Pengecatan Ulang Mobil Full Body

Adapun estimasi biaya dari proses cat ulang mobil full body dipengaruhi merek atau tipe kendaraan itu sendiri. Ada yang harga cat ulang mobil dengan ukuran kecil akan mendapatkan estimasi harga sekitar Rp7 hingga Rp17 jutaan untuk ukuran lebih besar.

Biaya di atas biasanya untuk dealer bengkel cat mobil resmi dengan merek mobil pabrikan sama. Ada juga sekarang bengkel cat mobil tak resmi yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Harga yang ditawarkan juga terbilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp4 juta hingga Rp9 jutaan sesuai ukuran mobil yang akan dicat ulang full body.

Meski harga yang ditawarkan murah, Anda sebagai pemilik mobil juga wajib untuk ketahui beberapa hal penting seperti kualitas dan pengalaman.

Itulah informasi mengenai biaya cat mobil yang penting Anda ketahui sebelum melakukannya. Jadi, sudah memutuskan mengecat ulang per panel atau full body?

Related posts