Begini Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading, Ampuh!

cara mengatasi ML stuck di loading

VASIOTA.COM – Mungkin, salah satu dari kamu pernah mengalami stuck di loading screen saat bermain game Mobile Legends (ML), cek artikel ini untuk mengatasinya.

Pada dasarnya, error ini akan muncul karena beberapa faktor, baik server game yang bermasalah, ataupun device player kurang mumpuni.

Namaun, masalah ini umumnya terjadi karena adanya pembaruan atau update game. Namun, ini juga bisa disebabkan karena koneksi internet yang tidak stabil, dan dikarenakan kamu mengganti tampilan loading screen Mobile Legends.

Read More

BACA JUGA: 7 Game Mirip Harvest Moon Offline untuk Android Terbaik

Karena itu, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah untuk mengatasinya.

5 Cara Mengatasi ML Stuck di Loading 2023

Begini Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading, Ampuh!

Mengalami macet atau stuck pada loading screen Mobile Legends tentu membuat kamu kesal! Terlebih, ketika kamu sedang semangat push rank. Kamu bisa ikuti beberapa opsi yang akan Vasiota.com bagikan di bawah ini:

1. Aktifkan Mode Pesawat dan Nonaktifkan Kembali

Opsi pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan memastikan koneksi internet kamu aman.

Kamu bisa mencoba reset koneksi dengan menyalakan mode pesawat beberapa saat, dan aktifkan kembali.

Setelah itu, sesekali coba buka aplikasi pemutar video online seperti YouTube, apakah koneksimu aman? Jika koneksi bukan menjadi penyebabnya, kamu bisa lanjut di opsi kedua.

2. Hapus Cache Game Mobile Legends

Selanjutnya kamu bisa mengatasi Mobile Legenda stuck di loading screen dengan cara menghapus cache. Opsi ini dipercaya ampuh untuk mengatasi error apapun dalam game ML ini.

Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus cache:

  1. Buka pengaturan smartphone kamu.
  2. Pilih pengaturan aplikasi.
  3. Cari aplikasi Mobile Legends.
  4. Selanjutnya, tekan tombol hapus cache.
  5. Selesai.

3. Matikan Paksa dan Uninstall Aplikasi

Jika masalah masih berlanjut, mungkin ini disebabkan oleh RAM ataupun penyimpanan smartphone kamu penuh. Karena itu, cara mengatasi ML stuck di loading yaitu dengan cara mematikan paksa dan uninstall aplikasi.

Cara ini memiliki dua opsi, yang mana kamu perlu memastikan terlebih dahulu apakah ruang penyimpanan kamu masih cukup atau hampir penuh?

Jika hampir penuh, sebaiknya kamu uninstall aplikasi yang jarang dipakai. Setidaknya sisakan penyimpanan 2 GB agar bisa bermain lancar.

Namun, jika dirasa ruang penyimpanan masih cukup kamu bisa mencoba membuat RAM lebih lega dengan cara menghentikan aplikasi yang jarang digunakan secara paksa.

Perlu kamu ketahui, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat RAM smartphone menjadi penuh. Kamu bisa mengatasinya dengan cara tersebut.

4. Silahkan Cek Apakah Sedang Gangguan Server?

Semua cara di atas tidak akan berhasil jika ternyata server Mobile Legends sedang gangguan.

Untuk itu, pastikan server Mobile Legends: Bang Bang sedang tidak dalam gangguan.

Kamu bisa mencoba untuk login dengan device yang berbeda, atau bisa juga meminjam HP teman untuk memastikan server tidak bermasalah.

5. Coba Restart Smartphonemu!

Hampir semua BUG yang terdapat pada smartphone akan teratasi jika kamu merestart HP, tidak terkecuali error ML stuck di loading screen.

Karena itu, kamu bisa mencoba dengan restart HP kamu terlebih dahulu.

Jika smartphone di restart, semua program dan aplikasi akan berhenti. Setelah HP menyala, kamu bisa langsung membuka Mobile Legends agar penyimpanan RAM memprioritaskan game tersebut.

6. Install Ulang Mobile Legends

Jika restart HP masih belum mampu mengatasi stuck atau error pada loading screen ML, opsi terakhir yaitu dengan cara uninstall ML dan menginstallnya kembali.

Cara ini 100% ampuh untuk mengatasi error dalam game Mobile Legends.

Itulah beberapa cara mengatasi ML stuck di loading screen yang bisa kamu coba. Setelah melakukan beberapa opsi di atas, apakah masalah masih berlanjut? Jika YA, silahkan upgrade device kamu!

Related posts