Mau Untung? Coba 5 Bisnis Tahan Banting di Musim Hujan Ini

RENOVASI OTAK – Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang hanya memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Berdasarkan informasi dari BMKG musim hujan akan berlangsung hingga Mei 2023 nanti. Dari pernyataan tersebut kamu bisa mengambil peluang bisnis untuk memperoleh keuntungan dengan modal dari pengajuan KTA.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan ketika musim hujan, salah satunya membuka jasa cuci kendaraan. Pada musim hujan kendaraan lebih mudah kotor karena cipratan air dan lumpur di jalanan, sehingga banyak masyarakat yang membutuhkan jasa tersebut. 

Tips Memulai Bisnis di Musim Hujan

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk memulai bisnis di musim hujan karena intinya kamu harus bersungguh-sungguh saat menjalankannya. Sama seperti menjalankan bisnis lainnya kamu harus mengedepankan kegigihan dan keuletan untuk meraih kesuksesan.

Tapi, tidak ada salahnya jika kamu menjalankan tips berikut ini untuk membantu mengambil langkah yang tepat!

1. Lakukan Riset

Tips pertama adalah melakukan riset pasar sebelum memilih bidang bisnis yang akan dijalankan. Karena melalui hasil riset tersebut kamu bisa memilih bidang bisnis yang paling banyak dibutuhkan masyarakat ketika musim hujan.

2. Tentukan Target Pelanggan

Setelah mendapat bidang bisnis yang tepat selanjutnya kamu perlu menentukan target pelanggan secara spesifik. Kenapa harus ditentukan secara spesifik? Supaya kamu bisa mengambil langkah bisnis yang tepat untuk ke depannya. Dengan begitu bisnis tersebut akan lebih terarah dan memiliki segmen pasar yang tepat.

3. Membuat Perencanaan

Selanjutnya susunlah perencanaan bisnis secara bertahap agar hasilnya maksimal. Karena jika dilakukan buru-buru kamu pasti tidak melakukan pertimbangan secara matang saat membuatnya, hal tersebut tentu bisa mengganggu kinerja bisnis kedepannya. 

4. Siapkan Modal

Ketiga langkah sebelumnya harus kamu lakukan sebelum mempersiapkan modal. Karena melalui langkah-langkah tersebut kamu akan mengetahui perkiraan jumlah modal yang dibutuhkan.

Modal untuk memulai bisnis bisa diperoleh dari tabungan pribadi, hasil patungan dengan rekan bisnis, atau bisa juga dengan melakukan pengajuan KTA. Pinjaman KTA merupakan salah satu alternatif yang tepat bagi orang-orang yang terkendala modal saat ingin memulai bisnis.

5. Gunakan Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam menjalankan bisnis kamu harus menjalankan strategi khusus untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor. Karena hal utama yang menjadi salah satu penentu keberhasilan sebuah bisnis adalah pemilihan strategi marketing. 

bisnis musim hujan

Ide Bisnis yang Menguntungkan di Musim Hujan

Mencari ide bisnis yang tepat memang tidak mudah dibutuhkan kepekaan terhadap kondisi pasar untuk melakukannya. Jika, masih bingung harus memulai bisnis apa sebaiknya simak ide bisnis yang menguntungkan di musim hujan berikut. 

1. Industri Produk Perlengkapan Musim Hujan

Peluang bisnis yang tepat di musim hujan adalah industri produk-produk perlengkapan musim hujan. Nah, contoh produk perlengkapan musim hujan yang banyak dibutuhkan masyarakat di antaranya adalah:

  • Jas hujan anak dan dewasa
  • Payung
  • Sepatu boot karet anti air
  • Pelindung tas anti air
  • Cover mobil anti 
  • Pelindung sepatu anti slip
  • Sepatu jelly anti air untuk dewasa dan anak-anak
  • Dan lainnya

Untuk di awal-awal, kamu tidak harus memproduksi barang-barang tersebut, mulai saja pada satu produk agar bisnis bisa berjalan lebih fokus. Jika, sudah menunjukkan perkembangan yang positif kamu bisa mulai memproduksi beberapa jenis barang.

BACA JUGA: Bisnis Pelajar Modal 10K

2. Jasa Fogging 

Ketika musim hujan permintaan fogging meningkat drastis untuk mengantisipasi peningkatan kasus demam berdarah. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan melakukan pengajuan KTA untuk memperoleh modal tambahan.

3. Jasa Cuci Kendaraan

Ide bisnis yang menguntungkan di musim hujan selanjutnya adalah jasa cuci kendaraan. Berbeda dengan musim kemarau, kendaraan lebih mudah kotor saat musim hujan tiba. Tak heran jika banyak orang yang malas mencuci kendaraannya sendiri karena terlalu sering terkena air hujan dan cipratan lumpur di jalan.

4. Budidaya Tanaman Langka Bersertifikat

Musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menjalankan bisnis budidaya tanaman karena sebagian besar jenis tanaman lebih cepat tumbuh ketika musim hujan. Saat musim hujan kamu bisa memulai bisnis budidaya tanaman langka bersertifikat dengan lebih mudah karena pasokan air yang melimpah.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis budidaya tanaman langka ini cukup besar, setidaknya diperlukan modal sekitar Rp100 juta. Jika, belum memilikinya kamu bisa melakukan pengajuan KTA untuk memperoleh tambahan modal agar bisnis bisa berjalan lancar tanpa kendala keuangan. 

5. Laundry

Jasa yang paling dibutuhkan masyarakat perkotaan di musim hujan adalah laundry pakaian. Para pekerja kantoran biasanya tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci dan mengeringkan pakaiannya. Mereka lebih memilih menggunakan jasa laundry karena lebih praktis dan cepat, tentu ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. 

Untuk bisnis laundry skala besar kamu membutuhkan modal sekitar Rp100 juta – Rp150 juta untuk membeli beberapa mesin cuci, mesin khusus untuk pengering, dan peralatan lainnya. 

Lakukan Pengajuan KTA untuk Mulai Menjalankan Bisnis

Di sekitar kita banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan namun untuk memulainya diperlukan modal yang memadai. Tapi, jangan khawatir karena ada digibank KTA yang bisa membantumu mewujudkan bisnis impian, berikut kelebihannya:

  • Online selama 24 jam, kamu bisa apply online dimana dan kapan saja lewat Aplikasi digibank by DBS atau go.dbs.com/kta
  • Proses approvalnya hanya 60 detik
  • KTA bank online cepat cair langsung ke rekening digibank by DBS dengan limit Rp200 juta
  • Bebas menentukan nomina pinjaman sesuka hati
  • Bisa melunasi cicilan hingga 36 bulan
  • Tidak ada dokumen fisik yang perlu dilampirkan
  • Persyaratan pengajuannya cukup mudah! Kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan minimum Rp5 juta

Mau untung besar di musim hujan? Coba jalankan ide bisnis tadi dengan melakukan pengajuan KTA untuk memperoleh tambahan modal usaha. Mau tahu persyaratan dan cara pengajuannya? Silakan saja langsung klik tautan berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

Related posts