5 Rekomendasi Craft Breweries Lokal yang Wajib Dicoba!

5 Rekomendasi Craft Breweries Lokal yang Wajib Dicoba!

VASIOTA.COM – Bicara tentang minuman favorit untuk menemani akhir pekan ataupun momen-momen perayaan penting, tentunya minuman yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Tak lain dan tak bukan adalah craft beer. Di Indonesia sendiri minuman ini memiliki penggemarnya tersendiri. Terlebih lagi di kota-kota besar seperti Bali, Surabaya, dan Jakarta, craft beer sudah menjadi minuman favorit banyak orang. 

Namun, apa itu craft beer

Mungkin Anda lebih familiar dengan istilah bir. Craft beer sendiri adalah istilah yang merujuk pada bir yang diproduksi dalam skala kecil. Meski diproduksi dalam skala kecil, bukan berarti bir ini sedikit peminatnya. Justru craft beer terkenal akan cita rasanya yang unik dan eksklusif. 

Craft beer dibuat melalui proses tradisional dengan bahan-bahan dasar alami seperti malt, gandum, bunga hops, ragi dan air yang difermentasi dalam jangka waktu tertentu. Hal inilah yang membuat craft beer memiliki cita rasa yang otentik. Tak heran jika craft beer sangat digemari, khususnya oleh anak-anak muda yang suka mengeksplorasi rasa bir. 

Di Indonesia sendiri saat ini tersedia berbagai varian craft brewery lokal. Berikut adalah Top 5 Indonesian Craft Breweries yang wajib Anda coba! 

Canard Brewing Co

Premium craft beer yang satu ini berasal dari Bali. Tersedia dalam 6 varian style beer yang cocok untuk berbagai kalangan mulai dari wine drinker, whiskey drinker, craft beer drinker, beer commercial, hingga para pecinta kopi. 

Tak hanya itu, Canard craft beer ini juga sangat cocok dijadikan pendamping untuk melengkapi sajian makanan Anda. Jangan lupa untuk menuangkan Canard craft beer ke dalam gelas wine untuk memperkuat rasa dan aroma dari bir ini. 

Kabar gembira bagi Anda yang ingin mencicipi craft beer spesial ini. Anda bisa berkunjung ke Canard Taproom yang berlokasi di 2nd Floor, Ruko A8, Pertokoan Nakula Plaza (Chontea Building). 

Kura Kura Beer

Selanjutnya adalah Kura Kura Beer. Craft beer yang satu ini memiliki 5 varian rasa yakni Coffee Stout, Easy Ale, IPA, Island Ale dan Lager. Craft beer yang satu ini menawarkan sensasi rasa minuman yang ringan. 

Uniknya bir ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan zat adiktif. Selain itu dalam prosesnya juga tidak menggunakan pasteurisasi sehingga setiap tetesnya tetap terasa segar hingga tetes terakhir. 

Island Brewing Bali

Craft beer spesial dari Island Brewing Bali ini memberikan rasa unik dengan nuansa pulau tropis bagi para penikmatnya. Maka tak heran jika bir yang satu ini menjadi incaran para pemula yang baru pertama kali mencoba bir. Terlebih dengan varian rasa yang cukup variatif seperti Pilsner, Pale Ale dan Small Hazy akan memanjakan lidah Anda. 

Kulturale

Bir yang satu ini merupakan representatif budaya Indonesia. Dengan 3 lini produk yakni Madja (beraroma floral dan fruity), Aksen (percampuran budaya lokal dan budaya asing) dan Tall Tales (bir dengan kadar alkohol paling tinggi di Kulturale).

Craft beer Kulturale ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenal budaya “bir kriya” lebih mendalam.Penting untuk Anda ketahui bahwa semua produk Kulturale merupakan produk seasonal yang akan diganti setiap 4 bulan sekali. Sehingga Anda bisa merasakan berbagai cita rasa bir lokal sesuai dengan lini produknya. 

IOI Island of Imagination

Bagi Anda yang mencintai rasa-rasa unik dan eksploratif bir yang satu ini layak dicoba. IOI Brewery menawarkan berbagai cita rasa bir yang unik seperti salak Sibetan, jeruk Limau, sirsak hingga padi. 

Dengan banyak pilihan yang terus berkembang, penggemar bir sekarang dapat mengeksplorasi dan menikmati beragam cita rasa bir kerajinan Indonesia yang sesungguhnya. Oleh karena itu, craft beer menjadi alternatif menarik untuk menyempurnakan pengalaman kuliner di saat-saat spesial dan mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam.

Related posts