Bansos BBM Rp600.000 Akan Cair September 2022, Siapa Penerimanya?

Bansos BBM Rp600.000 Akan Cair September 2022, Siapa Penerimanya?

RENOVASI OTAK, News – Pemerintah melalui Kementerian Sosial siap menyalurkan bansos BBM 600 ribu kepada masyarakat. Bantuan yang diberikan tersebut adalah bentuk dari pengalihan subsidi BBM sebesar 24,17 triliun.

Dilansir dari situs resmi setneg.go.id, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pemerintah akan segera menyalurkan beberapa bantuan sosial kepada masyarakat.

Pemberian bantuan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah krisis global.

Read More

“Pemerintah akan mulai memberikan bantalan sosial tambahan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM sebesar 24,17 triliun,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Senin, 29 Agustus 2022 setelah melaksanakan rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

BACA JUGA | Syarat Penerima Bansos BBM Rp 600 Ribu Pada September 2022

Dari dana 24,17 triliun tersebut akan disalurkan dalam beberapa bentuk bantuan. Selain bansos BBM 600 ribu, pemerintah juga menyiapkan bantuan lain yang akan diberikan kepada masyarakat.

Diantaranya adalah bantuan sebesar 600 ribu yang diberikan kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum 3,5 juta perbulan. Kemudian bantuan juga akan disalurkan dalam bentuk subsidi transportasi yang mana pemerintah daerah akan menggunakan 2 persen anggaran dana transfer umum untuk kepentingan tersebut.

Untuk bantuan sosial BBM 600 ribu nantinya akan disalurkan kepada masyarakat dalam beberapa tahap. Sedangkan mengenai mekanisme penyaluran bantuan sosial secara lebih detail akan ditentukan oleh Kementerian Sosial.

Menurut Sri Mulyani bantuan sosial ini akan diberikan kepada masyarakat sebesar 150 ribu sebanyak 4 kali. Kendati demikian untuk menyalurkannya, pemerintah akan membayarkan kepada masyarakat sebanyak 2 kali yaitu 300 ribu pertama dan 300 ribu kedua.

“Jadi dalam hal ini Ibu Mensos akan membayarkan dua kali yaitu 300 ribu pertama dan 300 ribu kedua,” kata Sri Mulyani

Bantuan sosial yang akan digelontorkan oleh pemerintah ini nantinya akan disalurkan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat.

Selanjutnya untuk mekanisme penyaluran bansos BBM 600 ribu tersebut, Sri Mulyani menjelaskan bahwa Kementerian Sosial akan menyalurkannya melalui kantor pos.

“Nanti Ibu Mensos akan menjelaskan secara detail itu akan dibayarkan melalui berbagai saluran kantor pos di seluruh Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa bantuan sosial ini diharapkan bisa membantu untuk mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga dan ancaman krisis global.

“Ini diharapkan akan bisa mengurangi tentu tekanan kepada masyarakat dan bahkan mengurangi kemiskinan, sehingga kita memberikan dukungan kepada masyarakat yang memang hari-hari ini dihadapkan pada tekanan terhadap kenaikan harga,” ujar Sri Mulyani.

Related posts