Deretan iPhone yang Support Update iOS 16, Minimal iPhone 8?

Deretan iPhone yang Support Update iOS 16, Minimal iPhone 8?

Renovasi Otak – Selama Konferensi Pengembang Sedunia (WWDC) tahunannya, Apple meluncurkan iOS 16, generasi berikutnya dari sistem operasi selulernya. Meskipun saat ini hanya tersedia sebagai pengembang beta, rilis baru ini diisi dengan fitur dan peningkatan baru yang menarik dan mengasyikkan.

Ini termasuk pengalaman layar kunci yang benar-benar baru, Teks Langsung dalam video, Perpustakaan Foto iCloud bersama untuk keluarga, dan banyak lagi.

Sayangnya, seperti halnya rilis perangkat lunak utama, ada saatnya perangkat yang lebih tua harus ditinggalkan dari daftar. Seperti halnya dengan iOS 16. Sudah lama sejak Apple menghentikan dukungan untuk iPhone lawas, jadi wajar untuk mengatakan bahwa tulisannya sudah lama tidak ada.

BACA JUGA | Cara Download dan Install iOS 16 Beta Developer Update, Cek Selengkapnya

iOS 16 menandai akhir dari semua iPhone yang dirilis sebelum 2017. Ini termasuk iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE generasi pertama, dan bahkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Artinya. model iPhone tertua yang didukung oleh iOS 16 adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Ini juga secara alami mencakup semua model iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone SE generasi kedua dan ketiga.

Namun, iOS 16 juga akan menandai pertama kalinya sejak iPhone OS 1.0 bahwa tidak ada satu pun perangkat iPod yang ada dalam daftar. iPod touch pertama keluar pada bulan September 2007 dengan iPhone OS 1.1. Apple menghentikan keluarga iPod touch untuk selamanya bulan lalu, dan meskipun iPod touch terakhir dirilis pada 2019, ia menggunakan chip A10 yang sama dengan iPhone 7.

Empat tahun masih waktu yang lama untuk mendukung model iPhone lama dengan pembaruan perangkat lunak utama. Ini juga merupakan standar minimum untuk Apple, yang sudah jauh lebih baik daripada pesaingnya di bidang ini.

Pertimbangkan bahwa iPhone 6s, yang keluar pada tahun 2015, telah melalui enam pembaruan perangkat lunak utama. Itu dirilis dengan iOS 9 dan masih dapat menjalankan iOS 15 hari ini. Ini mengalahkan rekor yang dibuat oleh iPhone 5s, yang menjalankan iOS 7 hingga iOS 12.

Sebagian besar percaya bahwa rilis iOS tahun ini akan menandai akhir dari perjalanan iPhone 6s dan iPhone SE asli, yang keduanya memiliki chip A9 yang sama.

Jajaran iPhone 7 sedikit lebih mengejutkan, tetapi jelas bahwa Apple menarik garis di A11, chip Apple pertama yang menampilkan Neural Engine untuk pemrosesan pembelajaran mesin. Itu signifikan karena begitu banyak fitur baru di iOS 16 mengandalkan pembelajaran mesin.

BACA | Fitur iOS 16: Ini Daftar Perubahan Pembaruan dan Fitur di iOS 16

Bahkan beberapa fitur yang diperkenalkan pada rilis iOS 15 tahun lalu hanya tersedia pada model iPhone yang lebih baru. Yang lebih tua tidak memiliki kekuatan kecerdasan buatan untuk menangani hal-hal seperti Teks Langsung di Foto dan pemrosesan ucapan di perangkat untuk Siri.

Fitur-fitur tersebut sebenarnya membutuhkan chip A12 yang diperkenalkan pada iPhone 11 2019 itu, karena Neural Engine asli hanya memiliki dua inti. Apple meningkatkannya menjadi delapan core di A12 dan kemudian 16 core di A14.

Peningkatan kedua itulah mengapa hanya iPhone 12 dan yang lebih baru yang mendukung fitur iOS 15.4 yang memungkinkan Anda menggunakan ID Wajah sambil mengenakan topeng.

Teknologi terus berjalan, dan cepat atau lambat, Apple harus menarik garis di suatu tempat. Bahkan hari ini, orang-orang yang membeli iPhone terakhir mereka ketika Barack Obama menjadi Presiden dan Star Wars: The Force Awakens sedang tayang di bioskop masih dapat menikmati iOS 15. Itu adalah kinerja yang cukup baik dalam hal pembaruan smartphone.

BACA LANJUT | Daftar iPhone yang Support iOS 16, Cek Selengkapnya…

Pos terkait