Bikin Cemas Data Indihome bocor di Karena Akses Situs Terlarang

Bikin Cemas Data Indihome bocor di Karena Akses Situs Terlarang

RENOVASI OTAK – Data IndiHome bocor membuat masyarakat cemas,menurut pihak Telkom diduga bocornya data karena para pelanggan mengakses situs terlarang.

Bikin Cemas Data Indihome bocor di Karena Akses Situs Terlarang

Simak Penjelasannya

Indihome juga membantah adanya data-data pelanggan yang telah bocor. Hal ini disampaikan Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relation,Telkom Ahmad Reza.

Pihak telkom juga masih melakukan pengecekan dan mencoba mengivestigasi mengenai perihal tersebut terus menerus. “Temuan awal data itu hoaks dan tidak valid,” kata Ahmad Reza di Jakarta, Minggu (21/8/2022).

Menyelidikan ada sekitar 100.000 sample dari data yang diklaim sebagai data pelanggan Indihome menunjukkan nomor induk kependudukan atau NIK yang tercatat di sana tidak cocok.berdasarkan pengujian oleh beberapa pengamat keamanan siber, NIK yang ada dalam data-data pelanggan Indihome tersebut cocok.

BACA JUGA | AMD dan Mitra Memamerkan Motherboard AM5 Premium Untuk CPU Ryzen 7000 Mendatang

Data-data pelanggan sulit diakses mengingat ada enkripsi dan firewall yang berlapis,” klaim Reza.
Menurut Telkom, jumlah pelanggan IndiHome saat ini ada 8 juta. Adapun peretas mengklaim mengantongi 26 juta riwayat browsing.Dia kemudian mengklaim bahwa riwayat browsing tersebut bukan berasal dari internal Telkom, melainkan dari situs lain.

Dia mengklaim bahwa riwayat browsing tersebut bukan berasal dari internal Telkom, melainkan dari situs lain.

Dugaan kemungkinan data-data histori browsing diretas karena mengakses situs-situs terlarang. Sebaiknya memang kita semua bijak menggunakan akses internet dan waspada terhadap situs-situs terlarang karena bisa saja mengandung malware,” kata Reza.

Telkom juga menemukan data sampel berasal dari tahun 2018.Dalam keterangan lainya, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan sedang mendalami dugaan data pelanggan IndiHome yang bocor. Kementerian akan segera memanggil manajemen Telkom untuk dimintai keterangan soal perihal ini.

“Kementerian Kominfo juga akan segera mengeluarkan rekomendasi teknis untuk peningkatan pelaksanaan pelindungan data pribadi Telkom, dan akan berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

Beredar informasi di media sosial bahwa 26 jutaan data histori browsing pelanggan IndiHome bocor,diantaranya

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Email
  • Nomor ponsel
  • Kata kunci
  • DomainBeredar informasi di media sosial bahwa 26 jutaan data histori browsing pelanggan IndiHome bocor,diantaranya
  • Platform
  • URL

BACA JUGA | Download Novel Layangan Putus PDF Gratis Lengkap, Karya Mommy ASF

Pos terkait