iPhone 14 Kapan Rilis? Spesifikasi, Harga, dan Rumor yang Beredar

iphone 14 kapan rilis

Renovasi Otak – Apple diperkirakan akan meluncurkan iPhone 14 baru pada akhir 2022, tetapi yang ini mendapat awal yang lebih awal di pabrik rumor, dengan potongan berita pertama masuk sebelum iPhone 13 bahkan melakukan debutnya.

Namun, sebagai rilis sejauh ini, bagian-bagian kecil yang saya dengar kemungkinan akan berkembang dan berubah di tahun mendatang.

Ponsel membutuhkan waktu lama untuk dibuat, dan kondisi seperti pandemi yang sedang berlangsung dan kekurangan chip masih dapat memaksa perubahan dalam rencana sebelum diluncurkan, jadi ambil semuanya di sini dengan sedikit garam.

BACA JUGA | Cara Mengubah Ukuran Font iPhone

Kamera yang Digunakan pada iPhone 14

Kuo sebelumnya berbagi bahwa Apple sedang mempertimbangkan kamera 48 megapiksel untuk iPhone 14. Perusahaan telah terjebak dengan 12MP untuk beberapa iPhone terakhir, jadi kamera utama 48MP akan menjadi peningkatan yang cukup besar dan memungkinkan trik seperti oversampling, yang disukai ponsel Pixel 6 dan Galaxy S21 sudah digunakan.

Sebuah laporan dari Bloomberg menambahkan beberapa warna lebih lanjut untuk ini, mengklarifikasi bahwa Apple berencana untuk membedakan lini iPhone Pro dari iPhone biasa dengan membatasi kamera yang lebih baru dan beresolusi lebih tinggi ke lini iPhone 14 Pro.

Ini berarti iPhone 14 dan 14 Pro Max akan mempertahankan kamera 12MP berkemampuan yang sama seperti yang kita lihat di iPhone 13. Google diperkirakan akan melakukan hal yang sama dengan Pixel 6a dan menggunakan kembali kamera beresolusi lebih kecil untuk ponselnya yang lebih murah — sebuah keputusan yang masuk akal. , tindakan penghematan biaya yang mempertahankan nilai untuk model yang lebih mahal, terutama bila kita mempertimbangkan juga bifurkasi yang terjadi di arena chipset. Kamera 12MP akan cukup baik untuk sebagian besar pengguna, dan mereka yang menginginkan kamera terbaik akan tetap membeli model Pro.

Dikatakan demikian, Apple kemungkinan akan meningkatkan kamera depan untuk semua iPhone. “Kamera depan dari empat model iPhone 14 baru di [paruh kedua tahun 2022] kemungkinan akan ditingkatkan ke AF (fokus otomatis) [dan] tentang aperture f/1.9 (vs FF (fokus tetap) iPhone 13 dan f/2.2) .

Dukungan AF dan f-number yang lebih rendah dapat memberikan efek depth-of-field dangkal yang lebih baik untuk selfie atau mode potret. Selain itu, AF juga dapat meningkatkan efek fokus untuk FaceTime/video call/livestreaming,” kata Ming Chi Kuo. Sebuah laporan dari Korean Electronic Times menambahkan bahwa sensor “high end” baru ini pada awalnya direncanakan untuk iPhone 15 tetapi sedang dipindahkan dan bersumber dari pemasok Korea Selatan.

Kuo juga mengatakan bahwa iPhone baru dapat mendukung video 8K, yang semakin mendorong Apple maju sebagai juara videografi seluler. Ini juga mungkin akan terbatas pada seri iPhone 14 Pro jika benar. Ini juga menarik karena Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 secara khusus mendukung perekaman video HDR 8K dan banyak fitur AI lainnya untuk fotografi smartphone. Bola ada di pengadilan Apple sekarang untuk merespons dengan chip Bionic sendiri.

Satu lagi upgrade kamera untuk iPhone 14 dikabarkan akan mendukung autofocus di kamera ultrawide. Sementara Apple sudah menerapkan ini untuk iPhone 13 Pro , itu akan datang ke semua model di jajaran iPhone 14, bahkan memungkinkan mereka yang membeli iPhone yang lebih murah untuk menangkap bidikan lebar yang lebih tajam.

IPhone 14 mungkin tidak akan memiliki kamera periskop yang kita lihat di Pixel 6 Pro, menurut Kuo . Apple sedang menguji lensa telefoto periskopik, tetapi kemungkinan akan memulai debutnya dengan iPhone 15 pada tahun 2023.

Harga dan Tanggal Rilis iPhone 14

Seperti semua iPhone Apple di masa lalu, iPhone berikutnya diperkirakan akan diluncurkan pada atau sekitar September 2022. Apakah Apple akan mengadakan acara virtual seperti dua tahun terakhir atau memiliki peluncuran langsung pertama dalam beberapa tahun adalah sesuatu yang kita bisa mengatakan untuk saat ini.

Dari segi harga, tidak jelas apakah Apple akan mempertahankan struktur harga yang sama dengan jajaran iPhone saat ini, atau apakah itu akan menurunkan ukuran iPhone biasa agar sesuai dengan iPhone 14 Pro Max yang dikabarkan . Satu laporan mengatakan bahwa iPhone baru mungkin sedikit lebih mahal daripada iPhone 13 karena kamera yang lebih baik. Khususnya, kamera selfie dikatakan berharga tiga kali lipat dari modul yang digunakan Apple sekarang. Itu hampir pasti akan mengalir ke pelanggan dengan satu atau lain cara.

Either way, Apple mungkin mulai iPhone di sekitar $700 atau $800, dengan harga pertengahan $1.000, tergantung pada konfigurasi.

Model iPhone 14

Apple telah mengirimkan beberapa model iPhone sejak iPhone 5S, dan iPhone 14 diharapkan tidak berbeda. Namun, tidak seperti iPhone 13 dan iPhone 12 sebelumnya, iPhone 14 diprediksi oleh banyak analis akan membuang model iPhone 14 Mini 5,4 inci.

Sebagai gantinya, Apple mungkin akan merilis iPhone 14 Pro Max baru, versi 6,7 inci dari iPhone 14 biasa (dan melengkapi keduanya dengan layar ProMotion 120Hz eksklusif iPhone Pro saat ini). Ini akan menjadi ukuran yang sama dengan model iPhone 13 Pro Max saat ini dan menawarkan layar yang lebih besar dan baterai yang lebih besar, dan sangat cocok untuk mereka yang menginginkan pengalaman iPhone layar besar, tanpa membayar mahal untuk kamera model Pro yang lebih baik.

BACA JUGA | Cara Sadap HP iPhone

Spesifikasi iPhone 14

Apple diperkirakan akan membuat beberapa penyesuaian kualitas hidup dengan iPhone 14. Kemungkinan akan ada chip A16 baru untuk menggantikan A15 yang diperkenalkan dengan iPhone 13 dan iPad Mini, meskipun belum jelas bagian mana dari perangkat tersebut. Pengalaman iPhone Apple akan memprioritaskan dengan chip ini.

Lebih menarik lagi, Apple dikatakan membagi prosesor iPhone baru antara A16 untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max, dengan iPhone 14 dan 14 Max bertahan dengan A15 yang dicoba dan benar menurut Ming-Chi Kuo.

Kuo juga menambahkan bahwa Apple akan mengirimkan keempat perangkat dengan RAM 6GB. Ini membantah laporan sebelumnya bahwa perangkat iPhone Pro akan dikirimkan dengan RAM 8GB. Laporan ini datang lebih dulu dari analis Jeff Pu di Haitong International Securities sebelum ditarik kembali.

Sebuah rumor kemudian di situs Korea Naver menghembuskan kehidupan segar ke dalamnya. Jika itu ternyata benar, ini akan membuat iPhone setara dengan saingan Android seperti Pixel 6 dan Samsung Galaxy S22 . Apple sering jatuh jauh di bawah saingannya dalam hal RAM, alih-alih memilih untuk mengandalkan pengoptimalan iOS untuk mengelola aplikasi secara efektif. Prediksi Kuo telah didukung dengan melaporkan dari 9to5Mac , membuatnya lebih mungkin daripada tidak.

Akhirnya, iPhone 14 (atau mungkin, hanya 14 Pro) dapat ditingkatkan pada baterai yang sangat baik di iPhone 13 dengan chip 5G RF yang lebih hemat energi karena Apple memilih untuk mengambil komponen dari TSMC daripada Samsung.

Rancangan dan Desain

iPhone 14 akan menampilkan perombakan desain yang akan mengubah tampilan yang disukai Apple untuk empat generasi iPhone terakhir, atau mungkin lebih sama — atau bahkan bisa keduanya. Render yang disampaikan oleh leaker Jon Prosser mengisyaratkan bahwa Apple akan mengadopsi desain hole-punch yang disukai oleh ponsel Android. Ini berarti penghapusan takik yang sekarang menjadi ikon, dan adopsi sensor sidik jari dalam layar sebagai pengganti FaceID atau penerapan ID Wajah di bawah layar .

Laporan selanjutnya dari The Elec Korea Selatan menyematkan Samsung dan LG sebagai kandidat untuk memasok layar untuk iPhone tanpa notch ini, dan itu akan menjadi eksklusif iPhone Pro. Ini akan menjadi pembeda visual antara iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, dan iPhone yang lebih lama atau lebih murah, jika benar. Mengingat rekam jejak The Elec dengan laporan rantai pasokan, kemungkinan besar Apple akan mengadopsi desain baru untuk iPhone 14 Pro.

IPhone 14 juga dapat mempertahankan tepi persegi dan tombol memanjang yang diperkenalkan Apple dengan iPhone 12, dan mungkin tidak ada tonjolan kamera di bagian belakang untuk pertama kalinya. Render Prosser didukung oleh laporan sebelumnya dari analis Apple terkemuka Ming-Chi Kuo, yang juga mengklaim bahwa Apple akan menjatuhkan takik pada model iPhone 2022.

Laporan lebih lanjut dari Mark Gurman dalam buletin Power On Januari menguatkan bahwa seri iPhone 14 akan memiliki cut-out untuk ID Wajah di bagian atas, dengan ini dan laporan dari Dylandkt menambahkan bahwa lubang punch akan berbentuk pil. Bentuk ini akan menjadi pembeda dari perangkat Android, yang sering kali memiliki lingkaran sederhana, memungkinkan iPhone untuk mempertahankan siluet yang berbeda.

Lebih jauh lagi, Ross Young, CEO Display Supply Chain Consultants (DSCC), mengatakan bahwa Apple akan meletakkan pil dan guntingan lingkaran secara berdampingan. Ini akan menjadi yang pertama di smartphone modern, bahkan dengan ponsel Android yang memiliki estetika serupa memilih antara satu atau yang lain. Anda tidak akan membingungkan iPhone 14 untuk iPhone lain — atau ponsel cerdas lainnya — jika benar.

Setelah ini, render dari 91Mobiles muncul dengan maksud untuk memamerkan iPhone 14 Pro dan iPhone 14. Jika render ini terbukti akurat, 1Phone 14 akan sangat mirip dengan iPhone 13, bertentangan dengan render dari Prosser. Sebaliknya, 14 Pro dan 14 Pro Max akan sedikit lebih tinggi dari 14 dan 14 Max untuk mengakomodasi komponen ID Wajah yang biasanya berada di takik yang tidak ada. Ini akan menjadi pertama kalinya sejak iPhone X dan iPhone 8 Apple akan merilis sepasang iPhone dengan faktor bentuk yang berbeda.

Rumor Tentang iPhone 14

Ada bisikan di sana-sini tentang Apple menjatuhkan Lightning untuk USB-C. Dengan Uni Eropa menekan perusahaan untuk membuat teleponnya lebih interoperable, itu bukan skenario yang mustahil. Apple telah banyak berinvestasi dalam ekosistem Lightning, tetapi perusahaan telah mulai beralih ke USB-C pada produk lainnya, dari iPad, MacBook, hingga HomePods. IPhone menonjol sebagai penahan, dan semakin cepat transisi dilakukan, semakin baik. Apple juga akhirnya dapat menempatkan fitur komunikasi satelit yang telah lama dilaporkan ke dalam iPhone 14, menurut 9to5Mac .

Sebuah laporan dari BloombergMark Gurman juga mendukungnya, apa yang publikasi menambahkan perusahaan akan bekerja memungkinkan iPhone untuk menangani SMS darurat dari respon SOS dalam situasi di mana konektivitas seluler biasa akan gagal. Seperti iPhone 13, Apple mungkin melewatkan pengirimannya tahun ini juga, jadi ini lebih merupakan sesuatu yang mungkin terjadi daripada sesuatu yang mungkin akan terjadi. Selain iPhone, ini juga diharapkan datang ke Apple Watch.

Selain itu, masih banyak yang belum diketahui tentang iPhone 14, tetapi kami akan sering memperbarui bagian ini ketika kebocoran baru, rumor, dan informasi lainnya keluar, jadi periksa kembali secara berkala.

Related posts