Redmi A1 Segera Dirilis, Tak Lagi Gunakan MIUI!

Redmi A1 Segera Dirilis, Tak Lagi Gunakan MIUI!

RENOVASI OTAK – Sudah lebih dulu diluncurkan secara global di India pada awal bulan September lalu, Xiaomi pada akhirnya membawa resmi Redmi A1 ke pasar Indonesia pada akhir bulan ini. Menariknya, smartphone dari produsen ponsel pintar terbesar ke-4 di dunia itu juga menawarkan hal baru ketimbang seri Redmi lainnya.

Buktinya, perangkat ini tidak memakai MIUI yang biasanya jadi sistem operasi ‘wajib’ di setiap ponsel dari Xiaomi. Menariknya, perusahaan elektronik asal Tiongkok itu memilih menggunakan sistem operasi Android Stock untuk produk terbarunya tersebut.

Tentu, sistem operasi yang bernama Android Go (Go edition) ini bakal cukup ringan daripada sistem operasi lain yang ada di ponsel-ponsel android sekarang. Mengingat, sistem operasi itu memiliki banyak aplikasi sendiri.

BACA | Xiaomi 12 Ultra – Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Rilis Redmi A1

Redmi A1 Segera Dirilis, Tak Lagi Gunakan MIUI!

Terlepas dari itu, isu mengenai hadirnya Redmi A1 di Tanah Air sebenarnya sudah beredar semenjak bulan Agustus kemarin. Bisa dikatakan, hal tersebut terjadi sesudah ponsel ini terpampang di website TKDN dan mendapatkan nilai sekitar 40,30 %. Sayangnya, sampai sekarang masih belum jelas soal spek resmi yang akan dihadirkan nanti.

Untuk versi globalnya, layar dari ponsel ini menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi HD Plus dan ukurannya sekitar 6,52 inchi. Selain itu, perangkat tersebut juga mempunyai aspek rasio 20:9 serta ada tambahan fitur pencahayaan sewaktu kondisinya malam hari.

Pada tampilan layar depannya, kamera selfienya pun berbentuk seperti tetesan air dan kamera tersebut memiliki resolusi 5 MP. Berbeda dengan kamera utamanya yang ada di belakang, smartphone ini juga mempunyai dua modul kamera seperti 8 MP (wide) serta 0,08 MP (QVGA). Terlebih, ada fitur lain yang disertakan seperti Dual LED Flash.

Sedangkan prosesor yang dipakai, smartphone tersebut mengandalkan chipset Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm) yang diduetkan dengan GPU dari PowerVR GE8320. Untuk varian yang ditawarkan, ponsel ini ada dua pilihan seperti RAM 2 GB maupun 3 GB dengan internal penyimpanan sekitar 32 GB.

Meski demikian, Xiaomi tetap memberikan kemudahan kepada pengguna ponsel teranyarnya itu untuk menambah ruang penyimpanan sampai 1 TB dengan menghadirkan slot micro SD. Ditambah, mereka juga menambahkan fitur lain untuk peningkatan RAM-nya sampai 5 GB.

Yang terakhir, Redmi A1 juga dipasangi baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dengan charger bawaan sekitar 10 watt. Untuk harganya sendiri, ponsel ini sekarang dibanderol di angka 1 jutaan.

Related posts