Fitur iOS 16: Ini Daftar Perubahan Pembaruan dan Fitur di iOS 16

Fitur iOS 16: Ini Daftar Perubahan Pembaruan dan Fitur di iOS 16

Renovasi Otak – Fitur iOS 16: Ini Daftar Perubahan Pembaruan dan Fitur di iOS 16. Apple secara resmi meluncurkan iOS 16 di WWDC 2022 pada 6 Juni. Sistem operasi seluler baru Apple sudah tersedia sebagai versi beta untuk pengembang.

iPhone mana yang kompatibel dengan pembaruan Apple,dan apa saja fitur dan inovasi utama iOS 16? Saya memberi tahu Anda segalanya tentang sistem operasi baru Apple.

Cara Install iOS 16 di iPhone

iOS 16 resmi diumumkan pada 6 Juni 2022. Sistem operasi baru Apple akan tersedia pada musim gugur 2022 bersama dengan iPhone 14 baru. Sementara itu, Apple akan membuat beta pertama tersedia untuk pengembang beberapa jam setelah WWDC dibuka. Kami akan memberi tahu Anda kesan pertama kami sesegera mungkin.

Read More

Beta publik akan menyusul, ini juga akan jauh lebih cocok untuk massa daripada versi pengembang pertama, yang akan tersedia untuk diunduh oleh Apple mulai 6 Juni.

BACA JUGA | Cara Download dan Install iOS 16 Beta Developer Update, Cek Selengkapnya

Daftar iPhone yang Support dengan iOS 16

Dalam hal pembaruan perangkat lunak, Apple adalah merek yang harus ditiru. Saat iOS 15 resmi dirilis,  iPhone 6s seri 2015 pun mendapat pembaruan OS. IPhone 6s dan  iPhone SE  (generasi ke-1) tidak akan menerima pembaruan hingga tahun 2022 karena keterbatasan kritis dari chip A9 dan A9X, yang harus dihentikan dukungannya oleh Apple.

BACA | Daftar iPhone yang Support iOS 16

Mempertimbangkan hal di atas dan sejarah dukungan pembaruan Apple, iOS 16 kemungkinan akan tersedia dari model iPhone 7 hingga seri iPhone iPhone 13 saat ini .

Jika Anda ingin tahu iPhone mana yang akan diperbarui ke versi berikutnya dari perangkat lunak seluler Apple, lihat daftar iPhone dan iPad kami yang kemungkinan tidak menerima pembaruan iOS 16 .

10 Fitur iOS 16 dan Perubahannya

Fitur iOS 16

1. Layar Kunci yang Dapat Disesuaikan dengan Widget

Layar mulai mendapat pembaruan menyeluruh dengan iOS 16. Anda dapat menambahkan widget dan mengubah pengaturan, font, dan warnanya.

Beberapa layar kunci memiliki animasi, seperti layar kunci aplikasi cuaca, yang menunjukkan apakah sedang hujan atau tidak secara real time. Apple rupanya juga mengambil inspirasi dari Wallpaper Super Xiaomi untuk menawarkan wallpaper animasi, misalnya dengan zoom besar di planet dari luar angkasa.

Anda tidak hanya dapat menentukan beberapa layar kunci sebelumnya, Anda juga dapat mengatur masing-masing preset untuk mengubah gaya layar kunci dengan cepat. Singkatnya: Dengan iOS 16 Anda memiliki banyak opsi untuk menyesuaikan layar kunci Anda.

2. Live Activities untuk Notifikasi

Live Activities merupakan fitur iOS 16 yang bertujuan untuk membuat notifikasi lebih ergonomis. Misalnya, jika Anda ingin melacak kemajuan acara langsung atau pesanan makanan.

Baik itu pertandingan sepak bola, perjalanan Uber, atau sesi olahraga, Anda dapat mengikuti perkembangan acara secara real time daripada dibombardir dengan banyak notifikasi seperti sebelumnya.

3. Mode Fokus dan Aplikasi Perpesanan

iOS 16 juga memperbarui mode Fokus untuk memberi Anda cara yang lebih baik dalam memilah aktivitas yang benar-benar ingin Anda fokuskan. Dengan Safari, misalnya, Anda hanya dapat menampilkan tab yang terkait dengan pekerjaan di siang hari. Omong-omong, Anda juga dapat menyesuaikan layar kunci dengan mode fokus masing-masing.

Aplikasi perpesanan akan menawarkan tiga fitur baru yang kami ketahui dari Telegram, misalnya. Anda dapat mengedit pesan yang telah dikirim atau menghapusnya. Dan Anda dapat menandai percakapan yang telah Anda baca sebagai belum dibaca dengan satu ketukan jari Anda.

4. Pembaruan Dikte dan Teks Langsung

iOS 16 juga meningkatkan fitur dikte Siri dan membuatnya – setidaknya pada kesan pertama – jauh lebih berguna. Anda dapat mendiktekan teks dan pada saat yang sama menggunakan keyboard untuk mengetik nama yang tepat, singkatan yang rumit atau memperbaiki kesalahan dengan lebih cepat dan mudah.

Apple juga meningkatkan Teks Langsung. Ini sekarang juga memahami teks yang ditampilkan dalam video – dan akan berfungsi lebih baik dengan teks foto yang sangat ekstensif, misalnya menu detail. Ada juga beberapa trik baru: Misalnya, Anda dapat mengonversi mata uang secara langsung saat Anda memotret harga suatu produk.

5. Apple Wallet: Lebih Banyak Kartu ID Digital dan Pay Later

Dengan iOS 16, Apple juga memperluas wilayah dan negara di mana Apple Wallet dapat menyimpan kartu ID digital – tetapi menurut status saat ini, Jerman tidak termasuk. Di masa depan, kartu ID digital juga dapat digunakan untuk melakukan verifikasi usia dalam aplikasi.

Namun, inovasi dompet yang paling menarik adalah fitur iOS 16 baru Apple Pay bernama Apple Pay Later. Pada dasarnya, Anda dapat membayar semuanya dalam empat kali cicilan dengan Apple Pay. Fungsi yang sangat praktis untuk pembelian dalam jumlah besar yang tidak perlu Anda bayar sekaligus. Apple Pay Later akan tersedia untuk semua pembayaran yang kompatibel dengan Apple Pay.

Selain itu, toko di masa depan juga dapat menggunakan iPhone sebagai terminal kartu untuk memproses pembelian melalui Apple Pay. Ini bisa sangat menarik untuk toko-toko kecil, karena biaya untuk terminal kartu kredit tidak ada artinya.

6. Pembaruan untuk Apple Maps

Apple Maps mendapatkan sejumlah fitur baru dengan iOS 16. Navigasi, misalnya, kini menjadi jauh lebih fleksibel. Anda sekarang akhirnya dapat menjadwalkan hingga 15 pemberhentian.

Kebetulan, Anda juga dapat dengan mudah merencanakan perjalanan Anda dan semua pemberhentian perantara sebelumnya di MacBook Anda dan kemudian mentransfernya ke iPhone Anda – atau bahkan meminta Siri secara real time untuk menambahkan satu atau lebih pemberhentian jika Anda mengantar orang-orang Anda pulang.

Apple juga telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan peta 3D ke kota-kota lain. Di Eropa, bagaimanapun, hanya London yang disertakan. Seperti Google Maps, Apple Maps sekarang dapat menampilkan harga transit lokal.

7. Berbagi Foto Lebih Cepat

Dengan iOS 16, berbagi foto menjadi lebih mudah – dan terkadang bahkan otomatis. Anda dapat menggunakan pengaturan iCloud untuk mengontrol kontak mana yang harus dihubungi – dan jenis foto apa. Semua foto di mana Anda dapat dilihat dengan pasangan Anda, misalnya, kemudian secara otomatis dibagikan dengan orang ini.

8. Aplikasi Apple’s Home Baru

Aplikasi Apple’s Home mendapatkan perubahan – dan akan mendukung  standar Matter baru untuk mempermudah menghubungkan semua perangkat Anda yang terhubung. Dengan Matter, kekacauan standar di rumah pintar harus berakhir – dan idealnya semua perangkat harus berada dalam satu ekosistem.

Dengan tepat, Apple juga merevisi antarmuka aplikasi Home. Aplikasi ini juga mendapat tab baru di bagian atas, yang membagi rumah pintar Anda menjadi beberapa kategori seperti suhu, cahaya, dan keamanan. Di sini Anda dapat melihat semua perangkat Anda secara sekilas.

9. Pemeriksaan Keamanan untuk Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga

Dengan iOS 16, Apple memberi pengguna lebih banyak kontrol atas akun mereka sendiri – dan data apa pun yang dibagikan.

Kata sandi apa pun yang telah diteruskan atau akses ke aplikasi atau data tertentu seperti keberadaannya dapat dengan mudah dicabut untuk satu orang atau lebih. Anda juga dapat memblokir akses ke Cari Milik Saya.

10. Apple CarPlay yang Lebih Bertenaga

Apple telah bekerja sama dengan banyak pembuat mobil untuk menghubungkan mobil Anda dengan iPhone dengan lebih baik. Alih-alih hanya mengambil alih sistem infotainment seperti sebelumnya, Apple ingin menggunakan Carplay di semua layar di kendaraan di masa depan – sampai ke tampilan dasbor.

Nantinya Anda juga akan menerima notifikasi antara speedometer dan rev counter. Desainnya juga harus bebas beradaptasi.

Itulah deretan fitur iOS 16 terbaru yang bisa Anda jadikan informasi tambahan. Baca juga kapan iOS 16 ini rilis di Indonesia.

Related posts