Tanggal Rilis iOS 16: Cek Fitur Baru yang Dikabarkan Apple

tanggal rilis ios 16

RENOVASI OTAK – Kapan rilis iOS 16? Simak tanggal rilis iOS 16 dan fitur baru yang ditawarkan Apple oleh pengguna iPhone.

Apple biasanya merilis seri iPhone generasi berikutnya di musim gugur bersama dengan versi iOS yang diperbarui. Untuk tahun 2022, perangkat lunak baru akan disebut iOS 16.

Selama WWDC perusahaan pada Juni 2022, Apple mempratinjau beberapa fitur yang akan tiba dengan iOS 16.

Read More

BACA JUGA | Update iOS 16: Tanggal Rilis, Fitur, dan Daftar iPhone yang Support iOS 16

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang iOS 16, termasuk semua fitur yang dikonfirmasi, fitur yang bocor yang belum dibuat resmi, kapan perangkat lunak akan dirilis, dan cara mencoba versi beta publik.

Tanggal Rilis iOS 16 – September 2022

Kapan iOS 16 Rilis?

  • Tanggal Launching: WWDC pada 6 Juni 2022
  • Tanggal Rilis: September 2022

Apple mengumumkan pembaruan perangkat lunak utama untuk iPhone pada konferensi pengembang tahunannya, WWDC. Ini biasanya merilis beta pengembang segera setelah konferensi, yang kemudian diikuti oleh beta publik yang dapat diuji siapa saja – selengkapnya di bawah ini.

Rilis resmi dari perangkat lunak biasanya tidak sampai September – bersamaan dengan iPhone berikutnya. Pada tahun 2021 misalnya, Apple merilis iOS 15 pada 20 September (atau sekitar seminggu setelah acara iPhone 13). Jika acara Apple iPhone 14 berlangsung September ini, maka iOS 16 mungkin akan diluncurkan seminggu kemudian. Apple telah mengatakan “jatuh”, meskipun belum lebih spesifik dari itu.

Cara Download dan Install iOS 16 Beta Publik

Beta publik iOS 16 belum tersedia. Ini mungkin akan ditayangkan musim panas ini, mengikuti tes untuk pengembang.

Anda akan dapat menginstal beta publik terbaru iOS dan iPadOS dalam waktu kurang dari lima menit. Anda harus bergabung dengan program perangkat lunak beta Apple terlebih dahulu, dan kemudian Anda akan dapat menginstal semua beta yang tersedia untuk diuji.

BACA JUGA | Cara Download dan Install iOS 16 Beta Developer

BACA JUGA | Cara Downgrade iOS 16 ke iOS 15.5 dengan Aman, Tanpa Kehilangan Data

iOS 16: iPhone mana yang kompatibel?

Model iPhone yang support update rilis iOS 16:

  • Support iOS 16:  iPhone 8 dan lebih tinggi

BACA | iPhone yang Support iOS 16

Meskipun Apple merilis pembaruan perangkat lunak utama untuk iOS setiap tahun, Apple mencoba memastikan model iPhone yang lebih lama didukung. Misalnya, iOS 15 bekerja dengan lancar di iPhone 6S 2015 dan yang lebih baru. Namun, iOS 16 hanya akan mendukung iPhone 8 dan yang lebih baru.

Khususnya, iPhone 6S, 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPhone SE 2016 tidak akan kompatibel dengan iOS 16.

Deretan Fitur Baru di iOS 16

Fitur baru ios 16

Apple mengungkapkan sejumlah fitur yang datang ke iOS 16 ketika diluncurkan akhir tahun ini. Berikut adalah semua fitur yang datang ke iPhone Anda.

Layar kunci

Layar Kunci melihat beberapa perubahan besar di iOS 16, memungkinkan lebih banyak personalisasi. Bekerja dengan cara yang mirip dengan wajah Apple Watch, pengguna akan dapat menggesek di antara Layar Kunci yang berbeda, sementara juga dapat mengubah font, warna, gambar, dan menambahkan Widget ke masing-masing.

Notifikasi

Pemberitahuan melihat perubahan besar di iOS 15, tetapi untuk iOS 16, mereka akan mendapatkan beberapa peningkatan lagi. Mereka tidak hanya akan muncul dari bagian bawah Layar Terkunci dalam tampilan daftar yang diperluas tetapi ada fitur Aktivitas Langsung yang memungkinkan Anda mengikuti acara secara real-time, seperti game NBA atau perjalanan Uber tanpa membuka kunci perangkat Anda.

Fokus

Focus juga merupakan fitur yang diumumkan dengan iOS 15, tetapi diperluas di iOS 16. Perangkat lunak baru akan memungkinkan pengguna untuk mengatur Fokus yang berbeda per Layar Kunci. Juga akan ada Filter Fokus yang akan melihat Fokus yang Anda atur menyaring konten yang mengganggu di aplikasi sehari-hari, seperti Mail dan Safari.

Pesan

Beberapa perubahan besar juga akan terjadi pada Pesan, termasuk kemampuan untuk mengedit pesan yang baru saja Anda kirim, serta Batalkan Kirim pesan – keduanya harus dilakukan dalam waktu 15 menit. Perangkat lunak baru juga akan memungkinkan Anda untuk menandai utas Pesan sebagai Belum Dibaca sehingga Anda dapat kembali ke sana. 

Selain itu dengan Pesan, iOS 16 akan membawa SharePlay ke platform, yang berarti tidak akan spesifik untuk FaceTime lagi dan Anda akan dapat menonton film atau acara TV langsung di Pesan sambil tetap menggunakan utas untuk mengobrol.

Foto

Untuk Foto, iOS 16 menghadirkan cara yang lebih baik untuk berbagi foto dengan sesuatu yang disebut Perpustakaan Foto Berbagi iCloud. Ini akan memungkinkan Anda untuk berbagi foto dengan anggota keluarga secara mulus dan otomatis, dengan semua orang dapat berkontribusi.

Anda akan dapat membagikan semuanya atau memilih apa yang akan disertakan berdasarkan tanggal mulai atau orang-orang di foto, misalnya. Juga akan ada opsi di aplikasi kamera yang memungkinkan Anda mengirim bidikan langsung ke Pustaka Bersama.

Surat

Mail akan mendapatkan pencarian yang lebih baik di iOS 16, menawarkan saran sebelum Anda mulai mengetik. Juga akan ada beberapa fitur baru termasuk Undo Send, Schedule Send dan Follow Up.

Tindak lanjut akan mengingatkan Anda untuk menindaklanjuti jika Anda belum mendapat tanggapan, dan Mail juga akan memberi tahu jika Anda lupa menyertakan lampiran.

Kunci pas

Fitur baru bernama Passkeys akan hadir dengan iOS 16, menawarkan metode masuk baru yang dienkripsi ujung-ke-ujung. Dikatakan lebih kuat dari semua jenis otentikasi dua faktor umum dan Kunci Sandi juga berfungsi dengan perangkat non-Apple.

Safari

Untuk Safari, iOS 16 membawa serta Grup Tab Bersama, memungkinkan Anda berbagi tab dan bookmark, mengirim pesan, dan memulai FaceTime dari Safari itu sendiri.

Baik Anda merencanakan perjalanan dengan teman, atau berbelanja online dan ingin menunjukkan kepada pasangan Anda semua yang Anda temukan di berbagai situs web, Anda akan dapat membagikan semuanya di satu tempat.

Teks Langsung

Teks Langsung telah diperluas ke video di iOS 16, memungkinkan Anda menjeda bingkai apa pun yang berisi teks sehingga Anda dapat menyalin, menerjemahkan, Mencari, dan berbagi.

Ada juga tindakan cepat di Teks Langsung dengan perangkat lunak baru, membuatnya lebih mudah untuk memanggil nomor, mengunjungi situs web, mengonversi mata uang, dan menerjemahkan bahasa.

BACA JUGA | Daftar iPhone yang Support, Kompatibel, dan Mendapatkan Update iOS 16

Dikte

Dikte menjadi lebih pintar dengan iOS 16, dengan keyboard tetap berada di layar sehingga Anda dapat menggunakan suara dan sentuhan untuk memasukkan teks. Ini akan secara otomatis memberi tanda baca juga dan Anda dapat menentukan emoji juga.

Apple Pay

Perubahan juga datang ke Apple Pay dengan iOS 16 termasuk Apple Pay Later, yang akan memungkinkan Anda untuk membagi biaya sesuatu yang Anda beli melalui Apple Pay selama empat pembayaran yang sama selama enam minggu. Anda akan dapat menggunakan layanan ini di mana pun Anda dapat menggunakan Apple Pay, meskipun tidak jelas apakah itu terbatas di AS saat peluncuran.

Pembaruan lain untuk Wallet mencakup kemampuan untuk melacak pesanan Apple Pay, membagikan kunci dengan aman, dan memverifikasi identitas Anda di app.

Apple Maps

Maps juga mendapatkan beberapa pembaruan, termasuk Perutean Multistop yang memungkinkan hingga 15 pemberhentian dan kemampuan untuk menambahkan kartu Transit ke Wallet sehingga dapat diisi ulang tanpa meninggalkan aplikasi Maps.

Juga akan lebih mudah untuk melihat berapa biaya yang akan dikenakan pada rute Transit.

Home Family

Aplikasi Rumah telah dibuat ulang untuk iOS 16 dengan kategori baru untuk iklim, lampu, dan keamanan, serta tab Beranda baru dan tampilan multikamera yang menampilkan semua kamera rumah pintar Anda dengan cepat saat Anda membuka aplikasi Rumah.

Dukungan untuk Matter juga akan datang nanti pada tahun 2022.

Keluarga Berbagi

Dengan iOS 16, Family Sharing mendapatkan beberapa peningkatan. Akan lebih mudah untuk membuat akun untuk anak-anak dan mengatur perangkat dengan lebih mudah untuk anak-anak juga.

Anda akan mendapatkan permintaan waktu layar ekstra langsung di Pesan dan akan ada fitur yang disebut Daftar Periksa Keluarga juga yang memungkinkan Anda memperbarui pengaturan seiring bertambahnya usia anak-anak.

Kesehatan dan Kebugaran

Perubahan pada aplikasi Kesehatan di iOS 16 menyertakan fitur Obat yang memungkinkan Anda mengelola, melacak, dan memahami obat yang Anda minum. Untuk aplikasi Kebugaran, semua pengguna dengan iPhone yang menjalankan iOS 16 akan dapat melacak sasaran kebugaran mereka.

Pemeriksaan Keamanan

Sebuah fitur yang disebut Pemeriksaan Keamanan akan diperkenalkan di iOS 16 yang akan memungkinkan Anda untuk meninjau dan mengatur ulang pengaturan untuk aplikasi, mencabut akses ke hal-hal seperti lokasi Anda dan mengatur ulang izin privasi Anda.

Related posts