Update iOS 15.5 Resmi Rilis, Apa yang Baru? Ini Fitur dan Perubahannya

Update iOS 15.5 Resmi Rilis, Apa yang Baru? Ini Fitur dan Perubahannya

Renovasi Otak – Update iOS 15.5 Resmi Rilis, Apa yang Baru? Ini Fitur dan Perubahannya. Perangkat lunak iPhone dan iPad terbaru Apple, iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, tersedia pada 16 Mei, sehingga Anda dapat mengunduh dan menginstalnya sekarang jika Anda belum melakukannya.

Meskipun tidak banyak fitur baru seperti iOS 15.4 dan iPadOS 15.4 , ada beberapa fitur besar yang ingin Anda ketahui selain informasi “Tentang Pembaruan ini” Apple yang sangat kecil di menu “Pembaruan Perangkat Lunak”.

Perangkat lunak ini memulai pengujian beta pada 5 April, hanya 22 hari setelah Apple merilis iOS 15.4 dan iPadOS 15.4 ke masyarakat umum. Sementara pengembang mendapat kesempatan pertama pada beta, penguji yang bergabung dengan Program Perangkat Lunak Beta Apple menerimanya pada hari berikutnya. Apple menghabiskan 41 hari untuk menguji berbagai hal sebelum merilis pembaruan perangkat lunak yang stabil untuk semua orang.

WWDC akan merilis iOS 16 dan iPadOS 16 beta kepada pengembang pada 6 Juni, dan pembaruan iOS dan iPadOS 15 akan terhenti karena Apple dan pengembang berkonsentrasi pada siklus pengembangan tiga bulan dari perangkat lunak iPhone dan iPad utama berikutnya. Namun, kita mungkin melihat iOS 15.6 dan iPadOS 15.6 sebelumnya, terutama karena satu fitur yang disebutkan di bawah ini mungkin akan hadir lebih cepat daripada nanti.

BACA JUGA | Spesifikasi iPhone 14 Series dan Perkiraan Harga yang Diharapkan

Berikut ini deretan fitur iOS 15.5 terbaru yang rilis di iPhone dan iPad:

Tombol Kirim/Minta untuk Apple Cash

Kartu Apple Cash adalah cara yang bagus untuk membayar di toko yang menerima Apple Pay. Anda dapat menyetor uang dari rekening bank Anda, menerima dana dari pengguna Apple Cash lainnya, dan mengumpulkan Uang Tunai Harian dari Kartu Apple Anda. Untuk meminta uang dari atau membayar pengguna Apple Cash lainnya, Anda harus selalu melakukannya dari app Pesan.

Dalam pembaruan iOS 15.5, sekarang ada dua tombol besar di aplikasi Wallet itu sendiri untuk “Meminta” dan “Kirim” Apple Cash. Ketuk kartu Apple Cash Anda di Apple Wallet, dan Anda akan langsung melihatnya. Tekan satu, tambahkan penerima, pilih jumlahnya, dan kirim pesan. Anda masih harus mengirim permintaan dan uang tunai menggunakan Pesan, tetapi Anda tidak perlu melakukannya langsung dari Pesan lagi.

Apple Pay Sekarang Apple Cash dalam Pesan

Di laci aplikasi tepat di bawah bidang input teks dalam percakapan Pesan, Anda akan menemukan aplikasi Apple Pay, yang memungkinkan Anda mengirim dan menerima uang. Di iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, tombol itu diganti namanya menjadi Apple Cash, yang masuk akal dengan menambahkan tombol “Kirim” dan “Minta” untuk kartu Apple Cash di Wallet di iPhone.

Kartu Akun Apple di Wallet

Perubahan lain pada aplikasi Wallet merevitalisasi fitur lama yang tersedia, tetapi hanya ada di negara lain saat ini.

iTunes Pass adalah kartu yang dapat Anda tambahkan ke Wallet dari iTunes Store. Anda dapat menggunakannya untuk membeli konten dari App Store, iTunes Store, Apple TV, Apple Books, dan layanan langganan seperti Apple Music, Apple Arcade, Apple TV+, dan iCloud+. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk membayar barang-barang di situs web Apple atau aplikasi Apple Store. Anda dapat menyetor uang ke iTunes Pass secara langsung atau memuat sebagian dari kartu hadiah.

Saat ini disebut saldo ID Apple, dan tidak ada kartu untuk ditambahkan ke Wallet. Namun, itu mungkin akan kembali sebagai kartu Akun Apple baru. Meskipun tidak 100% pasti, kode di iOS 15.5 mengisyaratkannya menurut 9to5Mac: “Saldo akun Anda dapat digunakan untuk membeli produk, aksesori, aplikasi, game, dan lainnya secara online atau di toko dengan Apple Pay.”

Lokasi Sensitif Dihilangkan dari Kenangan

Foto Apple sekarang memblokir lokasi sensitif tertentu agar tidak muncul di Kenangan, yaitu museum terkait Holocaust, peringatan, kamp konsentrasi, dan kamp pemusnahan. Sebagian besar lokasi ini berada di Polandia, tetapi yang lain berada di Jerman, Amsterdam, Israel, dan AS

  • Anne Frank House
  • Auschwitz II-Birkenau
  • Belzec
  • Chelmno alias Kulmhof
  • Dachau
  • Peringatan Holocaust
  • Majdanek alias Lublin
  • Pabrik Enamel Oskar Schindler
  • Sobibor
  • Treblinka II
  • Museum Peringatan Holocaust Amerika Serikat
  • Yad Vashem

Batas Penyimpanan yang Dapat Disesuaikan untuk Podcast

Di iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, ada pengaturan baru untuk aplikasi Podcast yang membantu membatasi jumlah penyimpanan lokal yang digunakan episode yang diunduh di perangkat Anda. Buka Pengaturan -> Podcast -> Diunduh Secara Otomatis untuk menyesuaikan preferensi Anda. Menu ini menggantikan sakelar sakelar “Aktifkan Saat Mengikuti” dari versi perangkat lunak sebelumnya.

Anda dapat memilih untuk mengunduh dan menyimpan 1, 2, 3, 5, atau 10 episode terakhir per pertunjukan, atau memilih antara 1, 7, 14, atau 30 hari terakhir. Menyimpan semua episode juga merupakan pilihan, dan juga tidak ada sama sekali. Cetakan halus Apple mencakup beberapa catatan penting:

  • “Pengaturan default ini tidak akan memengaruhi acara dengan pengaturan yang disesuaikan.”
  • “Episode yang Anda simpan atau unduh secara manual tidak akan dihapus.”

Beberapa Pembaruan Kecil untuk Cuaca

Ada beberapa pembaruan kecil di aplikasi Cuaca. Pertama, nama kota, suhu, dan kondisi cuaca saat ini di bagian atas setiap halaman lokasi akan tetap terlihat saat Anda menggulir ke bawah. Sebelumnya, itu akan hilang, dan Anda harus menggulir kembali ke atas atau melihat petunjuk lain di halaman untuk mengingat kota apa yang Anda lihat.

Kedua, tautan “Laporkan Masalah” lebih menonjol di bagian bawah halaman cuaca lokasi saat ini. Sekarang, alih-alih baris teks tiga kata sederhana, ia mendapatkan kotaknya sendiri dengan deskripsi yang mengatakan, “Anda dapat menggambarkan kondisi saat ini di lokasi Anda untuk membantu meningkatkan perkiraan.” Anda sekarang mengetuk “Lihat Lainnya” di kotak untuk melaporkan masalah.

Halaman lokasi saat ini di iOS 15.4.1 (kiri) vs. iOS 15.5 (kanan).

Aplikasi Pembaca Akan Dapat Menghindari IAP

Di iPhone dan iPad, aplikasi “pembaca” menyediakan satu atau beberapa jenis konten digital sebagai tujuan utamanya. Secara spesifik, konten tersebut akan berupa audio, buku, majalah, musik, berita, dan video. Contoh utama dari ini termasuk Disney+, Hulu, Netflix, dan Spotify.

Di iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, pengembang aplikasi pembaca kini dapat menyertakan tautan ke halaman web eksternal dari layar pendaftaran dan manajemen akun mereka untuk menghindari sistem pembelian dalam aplikasi (IAP) Apple.

Apple mengumumkan perubahan pada pedoman Tinjauan App Store pada 30 Maret 2022, dan pembaruan 15.5 memungkinkan pengembang untuk menerapkan perubahan tersebut dengan Hak Akun Tautan Eksternal yang baru . Namun, menurut Apple, “aplikasi yang menawarkan pembelian dalam aplikasi di iOS atau iPadOS tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan hak tersebut.”

Berbagai Pembaruan Keamanan

Seperti biasa, Apple mengeluarkan banyak pembaruan keamanan untuk perangkat lunak barunya. Ada 27 masalah keamanan yang ditangani di iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, beberapa di antaranya mungkin Anda ketahui. Info dasar ada di bawah, tetapi Anda dapat menemukan semua detail teknis di halaman pembaruan keamanan Apple .

  • AppleAVD: Penggunaan setelah perbaikan masalah gratis mencegah aplikasi agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.
  • AppleGraphicsControl: Perbaikan kerusakan memori mencegah pemrosesan gambar perusak yang berbahaya yang dapat menyebabkan eksekusi kode arbitrer.
  • AVEVideoEncoder: Perbaikan masalah penulisan di luar batas mencegah aplikasi agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.
  • DriverKit: Perbaikan akses di luar batas mencegah aplikasi jahat agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa sistem.
  • Driver GPU: Perbaikan kerusakan memori mencegah aplikasi agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.
  • ImageIO: Perbaikan integer overflow mencegah penyerang jarak jauh agar tidak dapat menyebabkan penghentian aplikasi yang tidak terduga atau eksekusi kode arbitrer.
  • IOKit: Perbaikan kondisi balapan mencegah aplikasi agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.
  • IOMobileFrameBuffer: Perbaikan kerusakan memori mencegah aplikasi agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.
  • IOSurfaceAccelerator: Perbaikan kerusakan memori mencegah aplikasi jahat agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.
  • Kernel: Perbaikan kerusakan memori mencegah aplikasi agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.
  • Kernel: Penggunaan setelah perbaikan masalah gratis mencegah aplikasi agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.
  • Kernel: Perbaikan kerusakan memori mencegah penyerang yang telah mencapai eksekusi kode kernel untuk dapat melewati mitigasi memori kernel.
  • Kernel: Perbaikan kondisi balapan mencegah penyerang jahat dengan kemampuan baca dan tulis sewenang-wenang agar tidak dapat melewati Otentikasi Pointer.
  • LaunchServices: Perbaikan masalah akses mencegah proses kotak pasir agar tidak dapat menghindari pembatasan kotak pasir.
  • libxml2: Penggunaan setelah perbaikan masalah gratis mencegah penyerang jarak jauh untuk dapat menyebabkan penghentian aplikasi yang tidak terduga atau eksekusi kode arbitrer.
  • Catatan: Perbaikan mencegah pemrosesan input besar yang mengarah ke penolakan layanan.
  • Safari Private Browsing: Perbaikan masalah logika mencegah situs web berbahaya agar tidak dapat melacak pengguna dalam mode penjelajahan pribadi Safari.
  • Keamanan: Perbaikan penguraian sertifikat mencegah aplikasi berbahaya agar tidak dapat melewati validasi tanda tangan.
  • Pintasan: Perbaikan masalah otorisasi mencegah orang dengan akses fisik ke perangkat iOS untuk dapat mengakses foto dari layar kunci.
  • WebKit: Perbaikan kerusakan memori mencegah pemrosesan konten web perusak yang berbahaya agar tidak mengarah ke eksekusi kode.
  • WebKit: Penggunaan setelah perbaikan masalah gratis mencegah pemrosesan konten web yang dibuat dengan jahat agar tidak mengarah ke eksekusi kode arbitrer.
  • WebKit: Perbaikan kerusakan memori mencegah pemrosesan konten web perusak yang berbahaya agar tidak mengarah ke eksekusi kode arbitrer.
  • WebRTC: Masalah logika dalam penanganan perbaikan media bersamaan mencegah pratinjau mandiri video dalam panggilan webRTC agar tidak terganggu jika pengguna menjawab panggilan telepon.
  • Wi-Fi: Perbaikan kerusakan memori mencegah aplikasi berbahaya agar tidak dapat mengungkapkan memori yang dibatasi.
  • Wi-Fi: Perbaikan kerusakan memori mencegah aplikasi berbahaya untuk meningkatkan hak istimewa.
  • Wi-Fi: Perbaikan mencegah penyerang jarak jauh untuk dapat menyebabkan penolakan layanan.
  • Wi-Fi: Perbaikan kerusakan memori mencegah aplikasi jahat agar tidak dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa sistem.

Aplikasi Apple Klasik Akan Segera Hadir

Itu tidak terjadi di kandang iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, tetapi kodenya masih menunjukkan bahwa layanan Apple Classical mungkin sudah dekat, dan itu akan memiliki aplikasi khusus.

Aplikasi ini akan menjadi pendamping Apple Music, tetapi hanya untuk musik klasik, berdasarkan layanan Primephonic yang dibeli Apple pada tahun 2021. Apple Classical akan “[menggabungkan] antarmuka pengguna klasik Primephonic yang disukai penggemar dengan lebih banyak fitur tambahan,” seperti sebagai audio lossless dan audio spasial Apple Music dengan Dolby Atmos.

BACA JUGA | iPhone 14 Kapan Rilis? Spesifikasi, Harga, dan Rumor yang Beredar

Meskipun tidak ada aplikasi Apple Klasik dalam paket perangkat lunak, ada referensi seperti “Buka di Apple Klasik”, “Pintasan ke Apple Klasik”, dan “Buka ini di aplikasi baru yang dirancang untuk musik klasik” di sumber daya Apple Music mengajukan. Mungkin kita akan melihat aplikasi dalam pembaruan 15.6?

Pembaruan Penting Lainnya

  • Kontrol Universal di macOS Monterey 12.4 tidak kompatibel dengan macOS Monterey 12.3 atau lebih lama atau iPadOS 15.4.1 atau lebih lama. Anda perlu memperbarui iPad ke iPadOS 15.5 untuk menggunakan Kontrol Universal di macOS Monterey 12.4.
  • Kartu Apple fisik di aplikasi Wallet sekarang disebut Kartu Titanium.
  • Apple menambal masalah yang menyebabkan otomatisasi yang dipicu oleh kedatangan atau keberangkatan gagal.
  • Bilah sinyal Wi-Fi muncul di app Rumah saat HomePod terhubung ke jaringan Wi-Fi.
  • SportsKit mencakup jumlah pukulan, bola, dan pitch real-time untuk “Friday Night Baseball” di AppleTV+, serta tombol lompat untuk memulai streaming atau siaran langsung.
  • Apple mengaktifkan Apple Music API untuk kecepatan pemutaran yang sebelumnya dihapus di iOS 15.4, yang kini dapat dimasukkan kembali oleh pengembang ke dalam aplikasi mereka sehingga pengguna dapat memperlambat atau mempercepat lagu Apple Music.

Related posts