15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2024, Mencapai Jutaan Dollar

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2022, Mencapai Jutaan Dollar

VASIOTA.COM – Sejak NFT menjadi rave di ruang digital, individu dan perusahaan sama-sama telah membeli aset digital dengan harga yang sangat tinggi.

Artikel ini memberikan wawasan tentang beberapa NFT termahal di Dunia sepanjang masa yang pernah dijual.

Apa itu NFT (Non-Fungible Token)?

Non-Fungible Token (NFT) adalah aset kriptografi berbasis blockchain yang memiliki kode pengenal unik dan metadata yang memisahkannya satu sama lain. Non-Fungible Token adalah unit data yang tidak dapat dipindahtangankan yang dapat dijual dan diperdagangkan dan disimpan di blockchain, sejenis buku besar digital.

NFT bekerja mirip dengan token kriptografi, tetapi tidak seperti cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum, mereka tidak dapat dipertukarkan, artinya mereka tidak dapat diperdagangkan atau ditukar dengan nilai yang sama.

Tidak seperti Fungible Token yang semuanya sama dan dengan demikian dapat digunakan sebagai media untuk transaksi komersial, setiap NFT dapat mewakili aset dasar yang berbeda dan karenanya memiliki nilai yang bervariasi.

Sejarah Singkat NFT

Kevin McCoy dan Anil Dash memproduksi “NFT” pertama yang diketahui, Quantum, pada Mei 2014, menggunakan klip video yang dibuat oleh istri McCoy, Jennifer. Selama presentasi langsung untuk konferensi Seven on Seven di New Museum di New York City, McCoy mendaftarkan video tersebut di jaringan Namecoin dan menjualnya ke Dash seharga $4. Teknologi ini dijuluki “grafik yang dimonetisasi” oleh McCoy dan Dash.

Istilah “NFT” hanya memperoleh mata uang dengan standar ERC-721, pertama kali diusulkan pada tahun 2017 melalui Ethereum GitHub, setelah peluncuran berbagai proyek NFT tahun itu. Kartu Curio, CryptoPunks (proyek untuk memperdagangkan karakter kartun unik yang diluncurkan oleh studio Amerika Larva Labs di blockchain Ethereum), dan kartu perdagangan Pepe yang tidak biasa semuanya dirilis pada saat yang sama dengan standar.

Game online CryptoKitties tahun 2017 menghasilkan uang dengan menjual NFT kucing yang dapat diperdagangkan, dan popularitasnya meningkatkan kesadaran akan NFT. Nilai pasar NFT meningkat tiga kali lipat menjadi $250 juta pada tahun 2020, menunjukkan ekspansi yang kuat. Lebih dari $200 juta dihabiskan untuk NFT dalam tiga bulan pertama tahun 2021.

Tiga aplikasi merek dagang untuk NFT diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS pada tahun 2020. Setelah sejumlah transaksi tingkat tinggi dan lelang seni pada bulan-bulan awal tahun 2021, minat terhadap NFT tumbuh. Jumlah aplikasi merek dagang meningkat menjadi sekitar 1200 pada tahun 2021.

Kantor Paten dan Merek Dagang AS menerima 450 aplikasi merek dagang terkait NFT pada Januari 2022. NYSE, Star Trek, Panera, Walmart, Elvis Presley, Sports Illustrated, Ticketmaster, dan Yahoo adalah beberapa nama yang telah menjadi merek dagang untuk NFT. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang “Bagaimana NFT dibuat dan bagaimana mereka menciptakan nilai”.

8 Jenis NFT Terpopuler di Dunia

Beberapa jenis NFT yang paling populer tercantum di bawah ini.

Art

Bentuk NFT yang paling populer adalah art atau seni. NFT dibuat sebagai cara bagi seniman untuk menjual karya terbaik mereka secara online seolah-olah itu adalah barang fisik. Banyak NFT paling mahal saat ini adalah karya seni. Ini berlaku untuk seni video dan bahkan GIF juga.

Memes

Di pasar NFT, Anda dapat membeli dan menukar meme, yang lebih menarik adalah bahwa individu dalam meme terkadang adalah pedagang asli. Nyan Cat, Bad Luck Brian, Disaster Girl, dan meme terkenal lainnya ada di antara yang ada dalam daftar, dengan penghasilan mulai dari $30.000 hingga $770.000. Meme Doge, yang dijual seharga $4 juta, adalah meme paling berharga hingga saat ini.

Nama Domain

Penyebaran demam NFT juga melanda nama domain. Anda dapat mendaftarkan nama domain dan kemudian menjualnya di pasar NFT, yang memiliki beberapa keunggulan. Sebagian besar waktu, Anda harus membayar bisnis pihak ketiga untuk mengelola nama domain Anda, namun, Anda akan dapat mengklaim kepemilikan eksklusif domain jika Anda membelinya di pasar NFT, memotong perantara.

Game NFT

Video game adalah batas lain di ruang NFT. NFT tidak digunakan untuk menjual game lengkap. Bahan dalam game, seperti skin, karakter, dan barang lainnya, dijual sebagai gantinya. Pemain sekarang dapat membeli jutaan salinan aset DLC, tetapi aset NFT biasanya unik dan eksklusif untuk satu pelanggan.

BACA JUGA | Game NFT Adalah: Pengertian dan Cara Kerja Game NFT untuk Mendapatkan Uang

Model

Mengapa fashion harus berbeda dari apa pun yang dibeli dan dijual di pasar NFT? Anda bisa menghabiskan banyak uang untuk bikini cantik, tapi Anda tidak akan bisa memakainya. Alih-alih membeli NFT bergaya, orang-orang akan menata avatar online mereka .

Memiliki tas tangan atau perhiasan virtual tidak diragukan lagi disediakan untuk mereka yang lebih mewah dan sadar mode. Tentu saja, masing-masing akan menjadi satu-satunya dan terbatas jumlahnya.

Momen olahraga

NFT menyediakan sesuatu yang tidak ada bandingannya secara fisik: momen olahraga yang tak terlupakan. Ini adalah video pendek dari acara olahraga bersejarah, seperti slam dunk yang mengubah permainan atau touchdown yang mengubah permainan. Klip-klip ini bisa sesingkat sepuluh detik, tetapi harganya bisa mencapai $300.000.

Musik

Musik juga tinggi pada skala NFT. Selama beberapa dekade, musik telah menjadi barang yang sepadan, diproduksi dan didistribusikan di vinyl, kaset, CD, dan digital. Musisi dan DJ, di sisi lain, baru-baru ini menjual karya mereka sebagai NFT, menghasilkan jutaan dolar dalam hitungan jam. NFT memungkinkan musisi untuk menyimpan sekitar 100% dari penghasilan mereka, itulah sebabnya begitu banyak musisi beralih ke opsi ini.

NFT Berbasis Teks

Sebuah tweet benar-benar dijual oleh Jack Dorsey . Hal ini memungkinkan siapa saja untuk menjual hampir semua hal di pasar NFT. Langit adalah batas bagi siapa saja yang ingin menjual tweet, status Facebook, artikel, Snapchat Stories, atau TikToks mereka sendiri. Mengetahui bahwa ada berbagai jenis NFT, yang masing-masing unik, orang mungkin terdorong untuk bertanya-tanya mengapa salah satu bagian digital ini harganya sangat mahal.

Mengapa Non-Fungible Token (NFT) Mahal Dijual?

Non-Fungible Token (NFT) mahal karena, seperti namanya, mereka tidak dapat dipertukarkan, artinya kepemilikan barang hanya dimiliki oleh orang yang membuat atau membelinya.

Hanya pemilik aset yang tidak dapat dipertukarkan yang dapat memverifikasi validitasnya, menjadikan aset ini unik dan unik. Karena sifatnya yang unik, beberapa NFT sangat mahal.

BACA JUGA | Apa itu NFT Marketplace? 10 Daftar Marketplace NFT Terbaik Indonesia

15 NFT Termahal di Dunia pada Tahun 2024

Daftar di bawah ini mencakup 15 NFT termahal di Dunia yang pernah dijual, dan mencakup berbagai jenis NFT yang berbeda.

NamaHarga
The Merge$91.8M
Everydays: The First 5000 Days$69.3 M
Clock$52.7 M
Human One$28.9 M
CryptoPunk #5822$23.7 M
CryptoPunk #7523$11.8 M
TPunk #3442$10.5 M
CryptoPunk #4156$10.26 M
CryptoPunk #5577$7.7 M
CryptoPunk #3100$7.58 M
CryptoPunk #7804$7.56 M
Ringers #109$7.12 M
Right-Click and Save As Guy$7.09 M
Crossroad$6.66 M
CryptoPunk #8857$6.63 M

1. The Merge: $91.8 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

The Merge, sebuah karya seniman PAK, dijual dengan memecahkan rekor $91,8 juta dolar dan memungkinkan siapa saja untuk membeli secara massal yang, pada gilirannya, menjadi bagian dari karya seni yang sama dengan yang dibeli lebih banyak orang.

Dengan 28.983 kolektor membeli 312.686 total unit massa di Nifty Gateway, ini memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh patung Rabbit tahun 1986 karya Jeff Koons pada tahun 2019.

2. Everydays: The First 5000 Days: $69.3 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

Karya tersebut dibuat oleh seniman digital terkenal Mike “Beeple” Winkelmann dan dijual seharga $69,3 juta di Christie’s, menandai pertama kalinya rumah lelang bersejarah itu pernah menjual karya digital sepenuhnya.

NFT adalah kolase dari 5.000 karya Beeple sebelumnya yang menunjukkan pertumbuhannya sebagai seniman selama karirnya. Itu dibeli oleh Vignesh “Metakovan” Sundaresan, yang awalnya tetap anonim tetapi akhirnya mengungkapkan identitas aslinya.

“Intinya adalah untuk menunjukkan kepada orang India dan orang kulit berwarna bahwa mereka juga bisa menjadi pelindung,” tambah Metakovan. “ Crypto adalah kekuatan penyeimbang antara Barat dan Negara Lain, dan bahwa selatan global sedang meningkat.”

3. Clock: $52.7 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

The Clock adalah NFT yang dibuat oleh seniman Pak, yang dikenal karena mendorong proyek NFT yang sukses dengan model dan gamifikasi token baru.

NFT dinamis menampilkan jumlah hari sejak Julian Assange, pendiri WikiLeaks, ditangkap. AssangeDAO, yang diciptakan untuk menghasilkan uang untuk pembelaan hukumnya, mengumpulkan dan menawar sedikit di atas 16.593 ETH ($52,7 juta) untuk membeli NFT. Pak kemudian menyumbangkan uang itu ke Proyek Keberanian Moral Wau Holland Stiftung, yang bekerja untuk membela Assange.

4. Human One: $28,9 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

Ini adalah NFT Beeple, dan meskipun ini bukan karya artis yang paling mahal, ini mungkin yang paling tidak biasa. Human One, tidak seperti kebanyakan NFT, adalah desain hybrid yang menggabungkan fitur fisik dan digital. Ini adalah patung beresolusi 16K yang terbuat dari aluminium yang dipoles, kayu mahoni, dan empat layar TV.

Layar tersebut akan menampilkan avatar virtual yang akan berubah seiring waktu. Beeple mengklaim bahwa dia akan terus memperbarui avatar selama dia hidup, membuat penyesuaian apa pun yang dia anggap cocok.

5. CryptoPunk #5822: $23.7 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

Pada Februari 2022, CryptoPunk #5822 dijual seharga $23,7 juta di ETH. Hanya sembilan avatar alien yang ada di seluruh koleksi, dan yang satu ini dijual kepada Deepak Thapliyal, CEO dari rantai bisnis infrastruktur cloud blockchain.

6. CryptoPunk #7523 : $11.8 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

CryptoPunk #7523 juga merupakan alien yang tidak biasa. Atribut masker medisnya menawarkan topik tertentu di masa yang dipengaruhi COVID ini, yang merupakan salah satu alasan mengapa ia dibeli dengan harga $ 11,8 juta yang menakjubkan oleh pemegang saham terbesar DraftKings, Shalom Meckenzie, di lelang “Native Digital” Sotheby.

7. Tpunk #3442: $10.5 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

NFT TPunks tidak menjual banyak uang yang termurah adalah sekitar $ 130 pada tulisan ini tetapi yang satu ini secara khusus dijual untuk banyak uang. Pada bulan Agustus, Tpunk #3442 dijual seharga 120 juta TRX, atau $10,5 juta, kepada salah satu pendiri Tron, Justin Sun. Sun mengatakan dia menyumbangkan NFT ke APENFT, sebuah proyek berbasis Tron yang menggunakan blockchain untuk menandai karya seni.

8. CryptoPunk #4156: $10.26 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

CryptoPunk #4156 dijual pada Desember 2021 oleh seseorang yang menjadi terkenal di industri kripto di balik nama samaran sebelum menolak moniker NFT-nya.

Punk 4156 menjadi terkenal di sektor NFT yang sedang berkembang setelah membeli NFT pada Februari 2021 dengan harga $ 1,25 juta yang memecahkan rekor saat itu di ETH — Beeple bahkan menggunakan gambar itu dalam sebuah karya seni. Namun, 4156 menjadi terkenal sebagai pemimpin pemikiran di lapangan, akhirnya menciptakan Nouns, sebuah proyek NFT yang mengembangkan IP open-source .

9. CryptoPunk #5577: $7.7 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

Penjualan CryptoPunk #5577 seharga 2.501 ETH, senilai $7,7 juta pada saat itu, adalah penjualan kera CryptoPunks tertinggi kedua, yang terjadi pada Februari 2022. Robert Leshner, CEO Compound Finance, diperkirakan telah membeli kera ini, yang memakai topi koboi.

10. CryptoPunk #3100: $7.58 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

CryptoPunk #3100 adalah bagian dari 9 seri Alien Punks, dan peringkatnya hanya di belakang CryptoPunk #7804 sebagai Alien Punk termahal yang pernah dijual. #3100 adalah Alien dengan ikat kepala biru dan putih.

Hanya 406 dari 10.000 CryptoPunks yang memakai ikat kepala, yang patut diperhatikan. Ini pertama kali dirilis pada 2017 dan mendapatkan popularitas setelah tawaran $ 2 juta pada Maret 2021, ketika akhirnya dijual seharga $ 7,58 juta di bulan yang sama. NFT sekarang di pasar untuk 35000 ETH, atau lebih dari $100 juta pada saat penulisan.

11. CryptoPunk #7804: $7.56 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

Penjualan CryptoPunk #7804 diatur oleh Dylan Field, CEO dari startup perangkat lunak desain Figma. Pada bulan Maret 2021, NFT dijual dengan harga 4.200 ETH, yang bernilai sedikit di atas $7,5 juta pada saat itu.

Muncul dengan tiga aksesori: topi depan, nuansa, dan pipa, menjadikannya salah satu dari hanya sembilan CryptoPunks luar angkasa. Faktanya, ini adalah satu-satunya alien CryptoPunk dengan pipa atau topi depan.

12. Ringer #109: $7.12 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

Seiring dengan garis Fidenza Tyler Hobbs, artis Dmitri Cherniak’s Ringers telah menjadi salah satu usaha paling berharga dari kelompok itu. Ringer #109, yang dibeli seharga 2.100 ETH ($7,12 juta) pada awal Oktober 2021, adalah penjualan Art Blocks tertinggi hingga saat ini. Three Arrows Capital dan kolektor pseudonim Vincent Van Dough ikut mendirikan Starry Night Capital, sebuah kendaraan investasi NFT senilai $100 juta.

13. Right-Click and Save As Guy: $7.09 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

Right-Click and Save As Guy gambar NFT yang dilelang di pasar terdesentralisasi Superrare menyinggung kritik umum seni NFT, yaitu bahwa siapa pun dapat dengan mudah mengunduh salinan gambar dengan avatar yang berdenyut dan glitchy, yang hanya dapat Anda asumsikan adalah seseorang merengek tentang NFT di media sosial.

Itu dijual ke Comozo de Medici dengan harga sekitar $7,1 juta pada Desember 2021, naik dari harga jual sebelumnya $174,000 pada Februari tahun yang sama. Anehnya, alias pembeli itu tidak lain adalah Snoop Dogg, legenda hip hop dan kemasyhuran dunia.

14. CROSSROAD: $6.66 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

Beeple, seniman digital terkenal, merancang NFT CROSSROAD. Ini memiliki pesan anti-Trump di atasnya, serta sosok seperti Donald Trump yang terlalu besar yang tergeletak di tumpukan yang kalah dengan kata-kata kotor yang tertulis di tubuhnya yang telanjang.

Karya seni seharusnya berubah tergantung pada hasil pemilu 2020, jadi tidak selalu terlihat seperti itu. Itu akan menunjukkan Trump mengenakan mahkota dan melangkah melalui api jika dia menang.

NFT dijual seharga $6,66 juta melalui Nifty Gateway, pasar populer untuk artefak digital, antara pemilik aslinya (pengguna Twitter Pablorfraile) dan pembeli yang tidak disebutkan namanya.

15. CryptoPunk #8857: $6.63 M

TOP 15 NFT Termahal di Dunia Tahun 2023, Mencapai Jutaan Dollar

CryptoPunk #8857 dijual pada September 2021, dengan harga jual $6,63 juta (atau 2.000 ETH). Pada Mei 2018, CryptoPunk #8857, avatar zombie dengan kacamata merah-biru 3D, dijual hanya dengan $1.717.

*Harga NFT termahal di Dunia tersebut dalam mata uang US Dollar (USD), lakukan konversi jika ingin mengetahui berapa nominal jika dalam bentuk Rupiah (IDR).

Daftar diatas mencakup 15 NFT termahal di Dunia sepanjang masa, meskipun masih ada NFT yang harganya jutaan dolar tidak termasuk dalam artikel ini.

Pos terkait