Mengenal Jenis Backlink, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Mengenal Jenis Backlink, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

VASIOTA.COM – Dalam mengelola website bisnis, perhatikan penggunaan backlink yang merupakan elemen penting dalam optimasi SEO Off-Page. Namun, apa itu backlink?

Backlink merupakan optimasi SEO Off-Page merujuk pada tautan dalam satu situs web yang mengarah ke situs web lainnya. Dalam pengertian lain, tautan masuk ke website kita dari web lain.

Mesin pencari seperti Google biasanya menilai kredibilitas suatu situs web melalui backlink. Karena itu, situs web dengan banyak backlink biasanya mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian Google.

Read More

Terlebih lagi, jika tautan eksternal yang disematkan di dalam konten berasal dari sumber situs web yang terpercaya, hal itu dapat meningkatkan kualitas situs web secara signifikan.

Karena itu, banyak jasa SEO diluar sana yang mengoptimasi website dengan backlink. Namun, tentunya ini dilakukan setelah On-Page SEO teroptimasi dengan baik. Jadi, pastikan semua faktor optimasi dalam website kamu telah terpenuhi sebelum melakukan optimasi diluar website seperti backlink.

Jenis Backlink untuk Optimasi SEO Off-Page Website atau Blog

Jenis Backlink untuk Optimasi SEO Off-Page

Kini kamu telah mengetahui bahwa Backlink atau backlink merupakan salah satu dari sejumlah faktor yang berpengaruh pada reputasi situs web di SERP. Mari kita bahas berbagai jenis Backlink yang ada.

1. Backlink Kontekstual

Di website yang menggunakan sistem manajemen konten (CMS), kamu dapat menulis artikel dan menyisipkan berbagai tautan dalam tulisan kamu. Backlink ini cukup efektif untuk membuat backlink di sebuah website.

Berbagai situs yang menggunakan CMS seperti Kompasiana, Blogspot, WordPress, Kaskus dan masih banyak lagi. Namun, kamu harus membuat posting yang memiliki konteks yang sama dengan tautan yang kamu arahkan ke situs web kamu untuk menghindari tanda spam dari perayap Google.

BACA: Jasa Backlink Media Nasional

2. Backlink Komentar

Backlink jenis ini menggunakan fitur kolom komentar dari blog atau website orang lain untuk menyertakan tautan ke website kamu, namun tidak semua blog atau website bisa digunakan untuk “mempromosikan” Backlink tersebut.

Website yang menjadi target backlink kamu harus memiliki tema yang relevan dengan website kamu, semakin sedikit orang yang berkomentar di situs tersebut maka semakin besar peluang situs kamu dilihat oleh pengunjung situs.

3. Backlink Profil Tautan

Kamu dapat menemukan Backlink ini di media sosial, situs web komunitas, dan forum yang mengharuskan kamu membuat profil. Backlink tersebut dapat ditempatkan di profil akun kamu sehingga Backlink ini dinamakan sebagai Backlink profil.

Untuk memasukkan jenis Backlink ini, kamu hanya perlu membuat akun dan menempatkan tautan yang mengarah ke situs web di profil akun yang kamu buat.

4. Backlink Social Bookmark

Backlink Social Bookmark

Jenis Backlink ini adalah yang paling populer digunakan oleh para blogger dan pengembang website dalam membangun Backlink ke website mereka. Situs bookmarking sosial merupakan tempat untuk menyimpan dan menandai banyak daftar website.

Sebagai contoh, situs yang dapat digunakan sebagai social bookmarking adalah Reddit, Pinterest, dan Dig. Kamu bisa menyimpan Backlink pada berbagai situs.

5. Backlink Blogrolls

Backlink blogrolls sangat populer di kalangan blogger lama, Blogspot atau pengguna WordPress khususnya. Pada sebuah halaman website atau blog, terdapat sidebar yang berisi kumpulan blogroll pengunjung. Sayangnya, fungsi blogroll tidak lagi digunakan saat ini karena situs web harus bebas dari widget yang tidak perlu.

6. Backlink Berbagi Dokumen atau Gambar

Backlink berbagi dokumen atau gambar menggunakan fitur seperti berbagi untuk mendapatkan Backlink. Tentu saja, dokumen atau gambar yang disimpan harus diunggah terlebih dahulu agar dapat terhubung ke situs web kita.

Saat mengedit dokumen, cukup sertakan tautan yang mengarah ke situs web kamu. Sedangkan ketika kamu mengunggah sebuah gambar, kamu bisa langsung memasukkan tautan yang mengarah ke situs web kamu di deskripsi gambar.

7. Backlink Media Sosial

Seperti namanya, Backlink jenis ini diperoleh dengan menempatkan tautan di halaman beranda media sosial. Backlink ini sangat mudah diperoleh karena kamu hanya perlu membagikan tautan tersebut ke media sosial yang kamu miliki.

Namun, beberapa website media sosial menggunakan no-follow, sehingga membuat Backlink jenis ini kurang efektif untuk optimasi website.

8. Backlink Footer

Jika kamu adalah pengembang situs web, kamu dapat menyisipkan Backlink di footer situs web yang kamu buat. Namun hal ini jarang dilakukan, karena Backlink jenis ini kurang efektif dalam digunakan, apalagi jika ingin mengoptimalkan beberapa tautan sekaligus.

Namun, jika kamu memiliki wewenang untuk mengedit artikel di Wikipedia, maka kamu memiliki peluang bagus untuk memasang Backlink di bagian bibliografi Wikipedia.

Sebenarnya, Apa Fungsi Backlink dalam SEO?

Fungsi Backlink dalam SEO

Backlink berfungsi sebagai sebuah rekomendasi atau voting dari situs web lain yang dianggap relevan dan otoritatif. Semakin banyak backlink yang dimiliki oleh sebuah situs web, semakin dianggap populer dan terpercaya oleh mesin pencari.

Berikut ini deretan fungsi backlink untuk website dalam optimasi SEO:

1. Meningkatkan Otoritas Website

Backlink dapat membantu meningkatkan otoritas situs web kamu di mata mesin pencari. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke situs web kamu, semakin dianggap populer dan terpercaya oleh mesin pencari seperti Google.

2. Meningkatkan Peringkat di Halaman Hasil Pencarian

Dengan memiliki backlink yang banyak dan berkualitas, situs web kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman hasil pencarian Google.

Hal ini dikarenakan mesin pencari menganggap situs web yang memiliki backlink berkualitas sebagai situs web yang relevan dan otoritatif.

3. Meningkatkan Trafik Organik

Backlink juga dapat membantu meningkatkan trafik organik ke situs web kamu. Ketika sebuah situs web memberikan backlink ke situs web kamu, pengunjung situs web tersebut dapat mengikuti tautan ke situs web kamu dan mengakses konten yang kamu miliki.

4. Meningkatkan Eksposur Merek

Dengan memiliki backlink dari situs web yang otoritatif dan terpercaya, kamu juga dapat meningkatkan eksposur merek dan kesadaran merek.

Hal ini dikarenakan backlink dapat membantu mengarahkan pengunjung ke situs web kamu dan membantu meningkatkan reputasi merek kamu di mata pengunjung situs web lain.

5. Memperkuat Reputasi Website

Dalam SEO, backlink yang berkualitas sangat penting untuk memperkuat reputasi situs web kamu di mata mesin pencari.

Backlink yang berkualitas dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan otoritas situs web kamu, sehingga situs web kamu dianggap relevan dan terpercaya oleh mesin pencari.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan backlink berkualitas:

1. Membuat Konten Berkualitas Tinggi

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan relevan. Konten yang bagus akan lebih mudah mendapatkan backlink dari situs web lain karena konten tersebut dianggap bernilai dan bermanfaat bagi pengunjung situs web.

2. Menggunakan Media Sosial

Media sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mempromosikan kontenmu dan memperluas jangkauan situs webmu.

Dengan membagikan kontenmu di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, kamu dapat menarik perhatian pengguna internet dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan backlink dari situs web lain.

3. Mencari Peluang untuk Guest Posting

Guest posting adalah cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas. Dalam guest posting, kamu menulis artikel yang relevan dengan topik yang kamu bahas di situs web lain, dan menyisipkan tautan kembali ke situs webmu di artikel tersebut.

Hal ini tidak hanya membantu kamu mendapatkan backlink berkualitas, tetapi juga membantu meningkatkan visibilitas merekmu.

4. Menjalin Koneksi dengan Blogger dan Jurnalis

Mengenal blogger dan jurnalis dalam niche atau industri yang sama dapat membantumu untuk mendapatkan backlink dari situs web mereka.

Kamu bisa mencoba mengirimkan email ke mereka dan menawarkan konten yang relevan dengan topik yang mereka bahas di situs web mereka, atau mencoba untuk melakukan kerja sama dalam bentuk lain.

5. Menyediakan Sumber Daya yang Berguna

Membuat sumber daya yang berguna seperti panduan, daftar, atau infografis yang berkaitan dengan niche atau industri kamu, dapat membantumu mendapatkan backlink berkualitas dari situs web lain.

Hal ini dikarenakan sumber daya tersebut dianggap bernilai dan bermanfaat bagi pengunjung situs web lain.

6. Memantau Backlink Kompetitor

Melihat backlink yang dimiliki oleh pesaingmu dapat memberikanmu ide tentang situs web mana yang mungkin tertarik untuk memberikan backlink ke situs webmu.

Kamu dapat menggunakan alat analisis backlink seperti Ahrefs atau SEMrush untuk melihat backlink pesaingmu dan mencoba untuk mendapatkan backlink dari situs web yang sama.

Akhir Kata

Backlink merupakan salah satu faktor penting dalam optimasi mesin pencari atau SEO. Dengan memiliki backlink yang berkualitas, kamu bisa meningkatkan otoritas dan kredibilitas situs web kamu di mata mesin pencari.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas antara lain membuat konten berkualitas, menggunakan media sosial, mencari peluang untuk guest posting, menjalin koneksi dengan blogger dan jurnalis, menyediakan sumber daya yang berguna, serta memantau backlink pesaingmu.

Namun, perlu diingat bahwa kualitas backlink lebih penting daripada kuantitasnya. Kamu harus fokus pada mendapatkan backlink dari situs web yang relevan dan otoritatif, dan tidak mengambil jalan pintas dengan membeli backlink atau melakukan praktik manipulatif lainnya.

Dengan fokus pada mendapatkan backlink berkualitas, kamu dapat membantu meningkatkan peringkat situs webmu di halaman hasil pencarian Google dan meningkatkan eksposur merek kamu di mata pengunjung situs web lain.

Related posts