Cara Memilih Laptop yang Baik dan Bagus untuk Pelajar ataupun Mahasiswa

Cara Memilih Laptop yang Baik dan Bagus untuk Pelajar ataupun Mahasiswa

VASIOTA.COM – Bagaimana cara memilih laptop yang baik dan bagus untuk pelajar ataupun mahasiswa?

Laptop yang bagus untuk pelajar dan mahasiswa tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan tugas kuliah dan studi kasus. Melainkan, juga digunakan untuk menjelajah web, menonton film, bermain game, dan banyak lagi.

Ada begitu banyak laptop untuk dipilih, mulai dari laptop gaming entry-level hingga high-end. Sebagai mahasiswa, pilihan laptop juga tergantung pada anggaran yang kita jatah. Memilih laptop untuk pelajar bukanlah hal yang mudah ketika ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Read More

8 Tips Memilih Laptop untuk Pelajar dan Mahasiswa

Tips Cara Memilih Laptop untuk Pelajar dan Mahasiswa
Photo by Sahil Patel on Unsplash

Berikut beberapa tips memilih laptop yang baik untuk pelajar SMA ataupun mahasiswa sekaligus agar mendapatkan laptop sesuai ekspetasi.

1. Sesuaikan Budget Anda

Ada laptop dengan spesifikasi dan fitur yang berbeda dengan harga mulai dari Rp 4 jutaan dan seterusnya.

Penting untuk memutuskan harga tentang apa yang akan Anda belanjakan. Ini akan membantu memutuskan satu di antara kategori dan jenis laptop.

2. Pilih Sistem Operasi

Windows 10 dan 11 adalah salah satu sistem operasi paling populer saat ini. Anda mungkin menemukannya sudah diinstal sebelumnya di hampir setiap laptop akhir-akhir ini.

Anda dapat menginstal perangkat lunak apa pun, baik itu produktivitas hingga hiburan hingga game. Tergantung pada apa yang Anda pelajari, mungkin ada persyaratan sistem tertentu seperti Mac OS atau Linux.

Ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, jika Anda memerlukan paket perangkat lunak yang berjalan di Mac, Anda tidak akan dapat melakukannya di laptop Windows.

Namun, MacBook atau MacBook Pro mahal, tetapi Anda juga dapat memilih untuk menginstal Windows di dalamnya.

Laptop yang menjalankan Linux mungkin lebih terjangkau daripada yang datang dengan Windows yang sudah diinstal sebelumnya. Ini mungkin menghemat uang Anda, tetapi Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan salinan Windows.

3. Pilih Prosesor dan RAM

Memilih laptop dengan prosesor Intel atau AMD memang pilhan yang sulit.

Jika Anda akan menggunakan laptop terutama untuk tugas sekolah atau kuliah, prosesor Intel Core i3 atau AMD A-series A6 atau AMD A8 sudah cukup.

Untuk siswa yang menjalankan program berat atau perangkat lunak intensif grafis, mungkin ada baiknya menghabiskan lebih banyak uang untuk laptop yang menjalankan prosesor Intel Core i5, Intel Core i7 atau AMD A10.

Sebagian besar laptop saat ini dilengkapi dengan RAM 4GB, yang sangat bagus jika Anda ingin melakukan tugas sehari-hari seperti menggunakan Microsoft Office, menjelajahi web, dan menonton film.

Jika Anda siap untuk menghabiskan sedikit lebih banyak, Anda mungkin menemukan opsi dengan RAM 8GB. Lebih banyak RAM berarti multitasking antara perangkat lunak berat menjadi lebih ringan.

4. Cari Tahu Berapa Banyak Penyimpanan yang Anda Butuhkan

Sebagai seorang pelajar mahasiswa, Anda akan memiliki banyak hal untuk disimpan. Ada dokumen, presentasi, foto, film, musik, dan masih banyak lagi.

Sebagian besar laptop saat ini dilengkapi dengan hard drive dengan kapasitas mulai dari 500 GB hingga 2TB ke atas. Hard drive 500GB cukup untuk semua perangkat lunak yang perlu Anda instal, tetapi jika Anda akan menginstal game dan menyimpan film, Anda memerlukan sesuatu yang lebih tinggi.

Jika Anda memiliki budget terbatas dan memilih drive 500GB, jangan khawatir. Anda dapat membeli hard drive eksternal di lain waktu dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi

5. Pilih Kartu Grafis

Ada dua jenis solusi grafis yang ditemukan di laptop integrated dan discrete (terintegrasi dan terpisah).

Yang terintegrasi biasanya lebih lambat sedangkan yang discrete lebih diarahkan pada kinerja.

Jika Anda akan menggunakan laptop Anda untuk bermain game ringan atau hanya untuk browsing, menonton film, laptop dengan kartu grafis integrated baik-baik saja.

Solusi kartu grafis discrete pada laptop biasanya didukung oleh AMD atau NVIDIA. AMD menyebut kartu mereka Radeon, sementara NVIDIA menyebut solusi mereka GeForce.

Graphics Processing Unit (GPU) ini dilengkapi dengan memori grafis khusus yang memungkinkan mereka menangani perangkat lunak dan game yang intensif grafis.

Jika Anda mempelajari kursus grafis 3D atau komputer, kartu grafis diskrit sangat penting. Tentu saja, manfaat lainnya adalah bisa memainkan game kelas atas di laptop Anda.

Solusi grafis entry-level NVIDIA diberi label sebagai GeForce 930M, 940M, sedangkan penawaran kelas menengah dimulai dengan GTX 950M ke atas. Solusi grafis kelas bawah AMD mulai dari Radeon R5 hingga seri GPU R9.

6. Daya Tahan Beterai

Baterai pada laptop sama pentingnya dengan prosesor dan RAM ketika memilih laptop yang baik untuk pelajar.

Sebagai mahasiswa, Anda mungkin perlu membawa laptop kesana kemari. Baterai dengan kapasitas yang baik dapat bertahan berjam-jam.

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kapasitas baterai laptop adalah dengan melihat ratingnya. Biasanya ditandai sebagai baterai 3-cell, 6-cell, atau 9-cell. Anda biasanya dapat menemukan informasi ini di tempat beli laptop atau di situs web produsen. 

7. Pilih yang Portabel

Setelah memilih spesifikasi perangkat keras untuk laptop Anda, ada elemen lain yang tidak dapat Anda abaikan, seperti desain, ukuran, berat, dan ukuran layar.

Jika Anda akan membawa laptop setiap hari kesana kemari, carilah laptop yang ringan. Jika Anda tinggal di asrama, dan ini adalah mesin penuh waktu yang Anda gunakan, ukuran layar yang lebih besar mungkin disarankan. Ini juga berguna untuk menonton film, bermain game dengan teman, membaca catatan, dan membuat presentasi.

Ukuran layar yang lebih besar juga berarti keyboard yang lebih lebar, yang lebih ergonomis.

8. Aksesoris Laptop yang Wajib Dimiliki

Ada beberapa aksesori yang dimaksudkan untuk melindungi laptop Anda, sementara yang lain untuk meningkatkan produktivitas.

Membawa laptop tidak semudah membawa buku. Tas laptop adalah hal pertama yang harus Anda pertimbangkan.

Tas ini dirancang dengan kompartemen yang memungkinkan Anda membawa laptop dan aksesori dengan aman.

Ketahuilah bahwa beberapa produsen menggabungkan tas laptop gratis dengan laptop sehingga Anda tidak selalu perlu membelinya.

Windows hadir dengan anti-virus bawaan untuk melindungi laptop Anda dari ancaman malware dan virus. Beberapa produsen juga menawarkan software pra-install.

Sebagian besar dari ini adalah paket berbasis langganan di mana Anda membayar biaya yang ditetapkan setiap tahun atau lebih.

Jika Anda menginginkan keamanan tambahan, Anda dapat mempertimbangkan antivirus pihak ketiga dan perangkat lunak keamanan internet untuk laptop baru Anda.

Itulah beberapa cara memilih laptop yang baik untuk pelajar dan mahasiswa. Jika Anda kebingungan, silahkan baca rekomendasi laptop untuk pelajar yang bisa Anda gunakan sebagai acuan.

Related posts