3 Cara Mengembalikan Playlist Spotify yang Terhapus, Ampuh!

3 Cara Mengembalikan Playlist Spotify yang Terhapus, Ampuh!

VASIOTA.COMSpotify adalah aplikasi layanan streaming musik populer yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat membuat playlist untuk mendengarkan musik kesukaan mereka.

Namun, terkadang playlist yang telah dibuat dengan susah payah dapat terhapus tanpa disengaja. Hal ini tentu saja membuat pengguna merasa kecewa dan ingin mengembalikan playlist tersebut.

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara mengembalikan playlist yang tidak sengaja terhapus dari akun.

Read More

Penyebab Playlist Spotify Terhapus

Baik sengaja atau tidak sengaja, berikut ini beberapa penyebab yang mungkin membuat playlist Spotify hilang atau terhapus.

1. Penghapusan Manual

Salah satu penyebab playlist Spotify terhapus adalah karena pengguna sengaja menghapusnya. Penghapusan playlist dapat terjadi saat pengguna ingin membersihkan playlist lama yang tidak lagi digunakan atau karena kesalahan saat memilih playlist yang akan dihapus.

2. Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis pada Spotify dapat membuat playlist hilang secara tiba-tiba. Hal ini dapat terjadi karena kerusakan pada perangkat pengguna, pembaruan aplikasi Spotify yang tidak kompatibel, atau masalah pada server Spotify.

3. Perubahan Akun

Pengguna Perubahan akun pengguna dapat terjadi ketika pengguna memutuskan untuk membuat akun baru atau berganti akun dengan alasan tertentu. Perubahan ini dapat membuat playlist yang sudah dibuat sebelumnya hilang dari akun pengguna.

Cara Mengembalikan Playlist Spotify yang Terhapus

1. Melalui Fitur Spotify

playlist spotify

Menggunakan Fitur Spotify Fitur “Recently Played” di Spotify dapat membantu pengguna mengembalikan playlist yang terhapus. Pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut untuk memulihkan playlist Spotify:

  1. Buka aplikasi Spotify dan klik ikon “Home” atau “Library” di bagian bawah layar.
  2. Gulir ke bawah hingga menemukan bagian “Recently Played” dan klik ikon “See All”.
  3. Di sini, pengguna akan menemukan semua playlist yang baru saja mereka dengarkan, termasuk playlist yang telah dihapus.
  4. Cari playlist yang ingin dipulihkan dan klik ikon “Add” di samping nama playlist tersebut.
  5. Playlist akan ditambahkan kembali ke daftar playlist pengguna.

Selain menggunakan fitur “Recently Played”, pengguna juga dapat menggunakan fitur “Restore Playlist” yang tersedia di aplikasi desktop Spotify. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan playlist yang telah dihapus dalam waktu 30 hari terakhir.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi desktop Spotify dan klik menu “File” di bagian kiri atas layar.
  2. Pilih opsi “Restore Playlist” dari menu yang muncul.
  3. Di sini, pengguna akan menemukan semua playlist yang telah dihapus dalam 30 hari terakhir.
  4. Cari playlist yang ingin dipulihkan dan klik tombol “Restore” di samping nama playlist tersebut.
  5. Playlist akan ditambahkan kembali ke daftar playlist pengguna.

Fitur “Restore Playlist” hanya tersedia di aplikasi desktop Spotify dan tidak dapat digunakan di aplikasi mobile. Oleh karena itu, pengguna harus memastikan bahwa mereka menggunakan aplikasi desktop Spotify untuk mengembalikan playlist yang telah dihapus.

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun Spotify Permanen Tanpa Ribet!

2. Menggunakan Software Pihak Ketiga

mengembalikan playlist spotify yang terhapus dengan tunemymusic

Selain fitur Spotify, pengguna juga dapat menggunakan software pihak ketiga untuk mengembalikan playlist yang terhapus. Salah satu software tersebut adalah “TuneMyMusic”. Software ini dapat membantu pengguna untuk memulihkan playlist yang telah dihapus atau memindahkan playlist dari satu akun Spotify ke akun lain.

Untuk menggunakan software ini, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web TuneMyMusic di peramban web.
  2. Klik tombol “Get Started” dan pilih opsi “Spotify” sebagai sumber playlist.
  3. Masuk ke akun Spotify pengguna dengan mengisi nama pengguna dan kata sandi.
  4. Setelah masuk, pilih opsi “Restore Playlist” dan cari playlist yang ingin dipulihkan.
  5. Klik tombol “Restore” di samping nama playlist tersebut.
  6. Playlist akan ditambahkan kembali ke daftar playlist pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan software ini untuk memindahkan playlist dari satu akun Spotify ke akun lain. Pengguna hanya perlu memilih opsi “Transfer Playlist” dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Namun, pengguna harus berhati-hati dalam menggunakan software pihak ketiga. Beberapa software mungkin tidak aman dan dapat membahayakan privasi pengguna. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan software yang terpercaya dan aman saat mengembalikan playlist Spotify yang telah dihapus.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Akun Spotify Premium Gratis Selamanya Terbaru

3. Menghubungi Layanan Dukungan Spotify

layanan dukungan spotify

Jika pengguna tidak dapat memulihkan playlist mereka dengan menggunakan fitur Spotify atau software pihak ketiga, mereka dapat menghubungi layanan dukungan Spotify.

Pengguna dapat mengirimkan tiket melalui situs web Spotify dan menanyakan tentang playlist yang hilang. Tim dukungan akan memberikan bantuan untuk mengembalikan playlist yang terhapus.

Layanan dukungan bisa di akses di https://www.spotify.com/id-id/about-us/contact/.

Tips untuk Agar Playlist Spotify Tidak Hilang atau Terhapus

  • Backup Playlist secara berkala. Pengguna dapat melakukan backup playlist mereka secara berkala untuk mencegah kehilangan data. Backup dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Spotify atau software pihak ketiga yang dapat menyimpan playlist ke dalam file.
  • Perhatikan tindakan yang dilakukan pada Playlist. Pengguna harus memperhatikan tindakan yang dilakukan pada playlist mereka untuk mencegah kesalahan saat menghapus playlist. Pastikan untuk memilih playlist yang benar saat ingin menghapusnya dan hindari tindakan yang tidak perlu pada playlist.
  • Gunakan Akun dengan aman. Pengguna juga harus memastikan bahwa akun Spotify mereka digunakan dengan aman. Hal ini dapat dilakukan dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor dan menghindari penggunaan akun Spotify pada perangkat yang tidak aman.

BACA JUGA: 7 Cara Download Lagu di Spotify ke MP3 dengan HP & Laptop

Akhir Kata

Artikel ini memberikan informasi tentang cara mengembalikan playlist Spotify yang terhapus. Ada beberapa penyebab playlist hilang, seperti penghapusan manual atau tidak sengaja terhapus, kesalahan teknis, dan perubahan akun pengguna. Namun, pengguna dapat memulihkan playlist mereka dengan menggunakan fitur Spotify, software pihak ketiga, atau menghubungi layanan dukungan Spotify.

Dalam mengembalikan playlist Spotify yang terhapus, pengguna harus memilih cara yang paling sesuai dengan situasi mereka. Selain itu, pengguna harus melakukan tindakan pencegahan untuk mencegah kehilangan data playlist di masa depan.

Related posts