Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri? Berikut Penjelasannya

laptop sering mati sendiri

VASIOTA.COM – Apakah laptop Anda sering mati sendiri secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas? Jangan panik, pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa solusi yang bisa Anda coba dan cari tahu apa sebenarnya sumber masalah pada laptop Anda.

Ketika terjadi masalah yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada perangkat keras, seperti panas berlebih atau kelebihan arus, maka komputer akan mengalami fail safe dengan mematikan perangkat.

Proses auto shutdown ini biasanya terjadi begitu saja tanpa ada peringatan sebelumnya. Jadi komputer yang mati sendiri dirancang untuk mencegah terjadinya kerusakan, dan bila anda mengalami hal tersebut berarti ada masalah serius pada laptop atau PC yang anda gunakan. Nah disini kami akan membahas beberapa cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri.

Read More

Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Bersihkan Debu pada Bagian Dalam Laptop

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, debu dan kotoran yang menutupi komponen mesin laptop serta menutupi ventilasi menjadi penyebab utama timbulnya panas berlebih. Untuk mengatasi laptop mati sendiri karena panas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian dalam laptop dengan cara membuka casingnya. Anda bisa menggunakan sikat pembersih kecil dan blower untuk membersihkan area yang sempit dan sulit dijangkau.

Setelah memastikan seluruh komponen bersih dari debu dan tidak ada yang menghalangi saluran masuk dan keluar udara, coba gunakan kembali laptop seperti biasa dan lihat perbedaannya. Laptop yang sudah dibersihkan akan memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga tidak akan menyebabkan masalah overheat lagi.

Ganti Pasta Thermal Dengan yang Baru

Cara selanjutnya yaitu dengan mengganti thermal paste yang berfungsi untuk mendinginkan processor. Pada laptop atau PC yang sudah lama digunakan sering kali ditemukan thermal paste yang sudah kering, akibatnya panas pada processor menjadi tinggi dan menyebabkan komputer mati sendiri untuk mencegah kerusakan.

Pastikan Semua Kipas Berfungsi Dengan Baik

Kipas pada komputer Anda berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dari dalam laptop dan mendatangkan udara sejuk dari luar. Jika semua kipas berfungsi dengan baik, maka bisa dikatakan tidak akan terjadi overheating. Namun terkadang Anda tidak menyadari bahwa salah satu kipas pada laptop tidak berfungsi, akibatnya sirkulasi panas menjadi tidak lancar.

Kalau sudah seperti ini, panas akan berkumpul di bagian dalam laptop dan menyebabkannya menjadi terlalu panas. Jika panas melebihi ambang batas maka laptop akan mati agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen yang ada. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa mengecek apakah semua kipas yang ada di laptop berfungsi dengan baik?

Perhatikan juga apakah kipas berputar lambat karena banyak kotoran yang menumpuk di sana. Bersihkan kipas angin yang kotor dan bila kipas lemah dapat diganti dengan yang baru.

BACA JUGA: Cara Memilih Laptop yang Baik dan Bagus untuk Pelajar ataupun Mahasiswa

Gunakan Laptop di Tempat yang Arusnya Stabil

Arus berlebih atau overvolting juga bisa menyebabkan laptop tiba-tiba mati sendiri saat digunakan, apalagi jika adaptor charger yang Anda gunakan kurang bagus dan tidak mampu menyeimbangkan kelebihan arus yang masuk. Charger yang mengeluarkan bunyi saat digunakan merupakan indikasi adanya kerusakan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sangat disarankan untuk menggunakan laptop di tempat yang arus listriknya stabil. Jika listrik di rumah Anda sering tidak stabil, Anda bisa membeli stabilizer untuk mencegah arus berlebih merusak perangkat elektronik yang ada.

Pastikan Charger, Baterai, dan Power Supply Normal

Baterai laptop yang sudah tidak dalam kondisi baik juga sering menyebabkan laptop mati sendiri setelah beberapa menit, padahal awalnya baterai masih terisi penuh. Sebab, kapasitas pengisian baterai sudah tidak bagus lagi. Selain itu, masalah pada power supply juga bisa menyebabkan laptop langsung mati saat booting karena daya yang ada tidak cukup untuk mentenagai seluruh komponen yang ada di komputer.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti baterai yang rusak dengan yang baru dan memastikan catu daya yang digunakan pada PC masih berfungsi normal.

Gunakan Kipas Pendingin Saat Bermain Game

Untuk mengatasi laptop cepat panas dan mati sendiri saat bermain game, Anda bisa menggunakan cool pad atau kipas pendingin, tujuannya untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas. Saat bermain game atau menjalankan software berat, prosesor dan komponen lainnya akan bekerja ekstra keras sehingga menghasilkan panas lebih banyak.

Saat bermain game, usahakan menggunakan kipas pendingin dan letakkan laptop di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Lebih bagus lagi jika Anda berada di ruangan ber-AC.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar yang Bagus dan Murah Mulai 2 Jutaan

Bersihkan Virus dan Malware

Virus dan malware juga menjadi penyebab laptop cepat panas dan mati secara tiba-tiba. Membersihkan virus yang sudah terlanjur masuk ke dalam sistem biasanya akan lebih sulit dibandingkan mencegahnya. Jika sudah terlanjur masuk, yang bisa kita lakukan adalah mencoba melakukan full scan menggunakan antivirus terbaik.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri seperti yang dilansir slot gacor. Semoga bermanfaat.

Related posts