6 Cara Mengetahui HP Disadap, Ketahui Ciri Ciri dan Cara Menghentikannya

6 Cara Mengetahui HP Disadap, Ketahui Ciri Ciri dan Cara Menghentikannya

VASIOTA.COM – Apakah kamu pernah merasa janggal terhadap ponsel kamu karena tiba-tiba banyak iklan tidak diinginkan muncul? Bisa jadi ponsel kamu disadap oleh orang lain. Tentu, masalah tersebut harus diwaspadai. Namun, tidak perlu khawatir, kamu bisa mencari tahu tentang cara cek HP disadap dengan mudah.

HP yang disadap pastinya akan sangat merugikan kamu. Apalagi banyak data penting yang tersimpan di dalamnya. Penyadapan ini bisa dilakukan oleh siapapun, baik orang terdekat maupun oleh orang yang tidak dikenal sama sekali. Berikut panduan untuk mengetahui HP disadap atau tidak.

Apa itu Sadap HP dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu Sadap HP dan Bagaimana Cara Kerjanya

Sadap hp adalah teknik yang digunakan untuk memata-matai aktivitas seseorang di hp-nya. Sadap hp bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk memasang software atau aplikasi tertentu di hp target. Dalam beberapa kasus, hacker atau penyadap bisa memasang software tersebut tanpa sepengetahuan pemilik hp.

Read More

Teknologi yang digunakan dalam sadap hp biasanya melibatkan penggunaan spyware atau malware. Spyware adalah program komputer yang dirancang untuk mengumpulkan informasi dari hp target tanpa sepengetahuan pengguna hp. Sedangkan malware adalah program komputer yang merusak sistem hp dan dapat mengambil alih kendali dari hp tersebut.

Cara Mengetahui HP Disadap, Cek Ciri-Ciri Berikut Ini

cara mengetahui hp disadap

1. Kuota Internet Cepat Habis

Untuk cek HP disadap yang pertama, biasanya penyadap akan diam-diam menjalankan aplikasi jahat yang sangat merugikan penggunanya. Aplikasi jahat yang diinstal oleh penyadap ini membuat kuota internet cepat habis. Aplikasi tersebut biasanya dijalankan di background, menyerap banyak informasi di HP, dan tanpa kamu ketahui informasi tersebut akan dikirimkan ke server.

Supaya kamu terhindar dari kejadian yang merugikan seperti ini, pastikan kamu memantau kuota internet secara rutin. Jika memang kuota internet cepat habis, sedangkan kamu merasa tidak terlalu banyak menghabiskan kuota, maka periksa daftar aplikasi yang banyak menguras kuota. Coba lihat hasilnya, jika penggunaannya normal, maka bisa jadi terdapat aplikasi sadap HP tersembunyi yang terpasang di HP kamu.

2. Baterai Bermasalah

Tidak banyak menggunakan HP, namun baterai cepat habis? Waspadalah! Karena bisa jadi ada orang lain yang menyadap HP kamu. Jika keanehan tersebut terjadi, kamu bisa memeriksa penggunaan HP dan lihat aplikasi apa saja yang sudah digunakan dan dampaknya terhadap baterai.

kamu juga bisa memeriksa  aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan waktu penggunaannya melalui pengaturan di HP. Jika penggunaan HP normal tapi baterai cepat boros, maka kemungkinan ada perangkat yang menyadap HP kamu melalui aplikasi jahat.

3. Muncul Iklan Tidak Diinginkan

Cara mengetahui ada aplikasi sadap HP di perangkat kamu selanjutnya adalah adanya iklan yang tidak diinginkan muncul dan cukup mengganggu. Hal ini bisa terjadi, jika kamu mengunduh aplikasi pihak ketiga di HP. Aplikasi pihak ketiga beresiko mengancam keamanan dan berbahaya karena berisi malware.

Biasanya malware mempunyai kegunaan untuk menyadap HP. Terkadang malware berwujud tampilan iklan yang menggangu dan susah dihapus di HP. Jadi jika terdapat iklan yang sering muncul tanpa diinginkan, coba cek aplikasi yang ada di HP tersebut, untuk kemudian dilakukan penghapusan.

4. HP Jadi Lemot

Ciri-ciri HP disadap selanjutnya yaitu kinerja smartphone menjadi lemot. Baterai bermasalah, kuota cepat habis, dan banyak iklan tidak diinginkan bermunculan.

Tentu, hal ini membuat kinerja HP menjalankan aktivitas ekstra yang membuat kinerja HP kamu jadi lemot, bahkan untuk melakukan aktivitas yang ringan. Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi, coba periksa apakah kamu mendapati aplikasi jahat yang membuat kinerja HP bermasalah dan jadi lemot.

5. Tampilan Website Berbeda

Biasanya aplikasi sadap HP juga akan mengganti tampilan website kamu. Aplikasi jahat tersebut akan berperan sebagai proxy yang mencegah kamu mengunjungi situs yang hendak dibuka. Malware tampilannya dapat menyerupai situs aslinya.

Bahkan akan berbahaya bagi kamu, jika saat situs dibuka membutuhkan data pribadi seperti password hingga online banking.

6. Menerima SMS dengan Simbol Aneh

Barangkali kamu pernah mendapati SMS yang disertai dengan huruf dan simbol yang aneh. kamu diharapkan waspada dan berhati-hati karena bisa jadi HP kamu disusupi aplikasi penyadap.

Aplikasi penyadap biasanya juga menjalankan perintah dari server dengan cara mengirimkan SMS berisi kode. Parahnya lagi, aplikasi tersebut dapat mengirimkan SMS aneh ke teman, keluarga, dan orang lain, memakai nomor kamu tanpa kamu ketahui.

Langkah-Langkah Mengamankan HP Disadap

Langkah-Langkah Mengamankan HP Disadap

Selain mengetahui ciri-ciri HP sedang disadap, kita juga harus melakukan langkah-langkah pengamanan untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengamankan HP dari ancaman sadap:

1. Aktifkan Password atau Pola Kunci pada HP

Aktifkan fitur keamanan pada smartphone dengan membuat password atau pola kunci. Pastikan password atau pola kunci yang dibuat cukup kuat dan sulit ditebak oleh orang lain.

Dengan mengaktifkan fitur keamanan ini, kita dapat mencegah orang lain untuk membuka hp kita tanpa izin.

2. Hapus Aplikasi atau File yang Tidak Dikenal atau Tidak Diinstal oleh Kita

Periksa aplikasi atau file yang terdapat pada HP kita. Jika ada aplikasi atau file yang tidak dikenal atau tidak diinstal oleh kita, segera hapus aplikasi atau file tersebut.

Aplikasi atau file yang tidak dikenal atau tidak diinstal oleh kita dapat menjadi pintu masuk bagi orang lain untuk mengakses HP kita.

3. Menghindari Mengunjungi Situs-situs yang Mencurigakan

Menghindari mengunjungi situs-situs yang mencurigakan dapat mencegah orang lain untuk mengakses HP kita melalui virus atau malware.

Pastikan kita hanya mengunjungi situs-situs yang terpercaya dan aman. Selain itu, jangan pernah mengklik tautan yang mencurigakan atau tidak dikenal.

4. Perbarui Sistem Operasi HP Secara Teratur

Perbarui sistem operasi pada smartphone secara teratur untuk memperbaiki kerentanan dan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain untuk mengakses HP kita.

Pastikan sistem operasi smartphone kita selalu terbarui ke versi terbaru.

5. Gunakan Aplikasi Pengaman HP

Gunakan aplikasi pengaman smartphone yang dapat mendeteksi dan mencegah adanya sadap hp pada hp kita. Beberapa aplikasi pengaman HP yang populer antara lain Kaspersky Mobile Antivirus, Avast Mobile Security, dan Norton Mobile Security.

Dengan menggunakan aplikasi pengaman HP, kita dapat memperkuat keamanan HP kita dari ancaman sadap.

6. Kode Cek HP Disadap

Sekarang, untuk mengetahui apakah HP sedang disadap, kamu bisa menggunakan metode yang tidak biasa. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memeriksa kode USSD. Kamu bisa menggunakan kode cek HP disadap dengan USSD seperti *#21# atau *#06# dari menu panggilan untuk mengecek apakah ada aktivitas yang mencurigakan yang terjadi di ponsel kamu.

Ketika kamu menggunakan kode USSD, pihak operator seluler akan menyediakan informasi yang cukup lengkap tentang apakah panggilan atau data dari ponsel kamu sedang diarahkan ke orang lain atau tidak. Ini bisa menjadi petunjuk awal yang sangat penting jika kamu merasa khawatir tentang privasi dan keamanan ponsel kamu.

Tetapi, perlu diingat bahwa ketika menggunakan kode USSD, terkadang informasi yang diberikan bisa menjadi cukup membingungkan dan rumit untuk dipahami oleh pengguna awam. Oleh karena itu, jika kamu merasa kesulitan untuk memahami informasi yang diberikan oleh operator seluler, sebaiknya segera hubungi customer service untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

BACA SELENGKAPNYA: 11 Cara Menghentikan HP Disadap dari Jarak Jauh oleh Orang Lain

Akhir Kata

Itulah cara mengetahui HP disadap yang bisa kamu terapkan. Terutama di masa sekarang, dengan maraknya aplikasi penyadapan yang dapat mencuri informasi pribadi yang akan merugikan kamu. Jadi, harap waspada dan berhati-hati.

Artikel Serupa:

Related posts