Kode MMI Tidak Valid: Penyebab dan Cara Mengatasi dengan Mudah!

Kode MMI Tidak Valid: Penyebab dan Cara Mengatasi dengan Mudah!

VASIOTA.COM – Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid biasanya akan muncul ketika kita menggunakan dial up untuk mengecek nomor telepon, pulsa, kuota internet, ataupun sejenisnya. Tentunya, munculnya notifikasi operator ini sangat mengganggu kegiatan kita bukan?

Oleh karena itu, disini saya akan membagikan sedikit tips cara mengatasi kode MMI tidak valid pada semua operator.

Namun sebelumnya, untuk menambah wawasan kamu perlu mengetahui apa arti dari kode MMI terlebih dahulu.

Apa itu Kode MMI?

Kode MMI adalah singkatan dari Man-Machine Interface, yang digunakan sebagai perintah atau kode pada smartphone untuk mengakses berbagai layanan. Kode MMI dapat digunakan untuk mengakses informasi ponsel, pengaturan jaringan, dan layanan lainnya.

Kode ini biasanya terdiri dari serangkaian angka atau simbol yang dimasukkan pada smartphone. Setiap kode memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung pada perangkat dan operator yang digunakan.

Pengguna dapat memasukkan kode MMI pada menu panggilan pada smartphone untuk mengakses layanan yang diinginkan. Namun, terkadang kode MMI tidak valid karena beberapa alasan, seperti kesalahan memasukkan kode, kode tidak didukung oleh operator, atau masalah jaringan.

Masalah Kode MMI Tidak Valid Bisa Muncul di Semua Operator dan Tipe HP Android

masalah sambungan atau kode mmi tidak valid

Masalah ini cukup umum terjadi, yang mana bisa muncul pada semua HP Android dan operator atau provider. Beberapa merek HP yang sering kali mengalami masalah sambungan atau kode MMI tidak valid diantaranya yaitu:

  • Oppo
  • Vivo
  • Xiaomi
  • Samsung
  • Realme
  • Asus
  • dan Lenovo

Dan semua operator atau provider, seperti:

  • Telkomsel
  • Indosat Ooredoo
  • Smartfren
  • Axis
  • XL
  • 3 Three

Terlepas dari itu, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kenapa masalah ini muncul pada HP kamu seperti yang dijelaskan dibawah.

Ketahui Penyebab Masalah Kode MMI Tidak Valid

kode mmi tidak valid artinya

Beberapa hal yang menyebabkan munculnya masalah kode MMI tidak valid yaitu:

1. Kesalahan Memasukkan Kode

Kesalahan dalam memasukkan kode MMI bisa menjadi penyebab utama kode tersebut tidak valid. Biasanya, kesalahan memasukkan kode terjadi karena salah mengetik atau tidak memasukkan kode dengan urutan yang benar.

Salah satu contoh kesalahan dalam memasukkan kode MMI adalah memasukkan kode MMI untuk mengakses informasi smartphone pada menu pengaturan jaringan.

2. Kode MMI Tidak Didukung oleh Operator

Beberapa kode MMI tidak didukung oleh operator, terutama operator yang berbeda di setiap negara. Sebagai contoh, kode MMI untuk mengakses informasi operator dan versi firmware pada smartphone Samsung tidak didukung oleh operator di Indonesia

Oleh karena itu, pastikan kode MMI yang dimasukkan didukung oleh operator yang digunakan.

3. Masalah Jaringan

Masalah jaringan juga bisa menyebabkan kode MMI Tidak Valid. Beberapa masalah jaringan yang bisa terjadi antara lain sinyal yang buruk, jaringan yang tidak stabil, atau masalah pada jaringan operator. Pastikan smartphone dalam keadaan terhubung dengan jaringan yang baik sebelum mencoba memasukkan kode MMI.

4. Kesalahan Konfigurasi

Kesalahan konfigurasi pada smartphone juga bisa menjadi penyebab Kode MMI Tidak Valid. Beberapa kesalahan konfigurasi yang bisa terjadi antara lain pengaturan jaringan yang tidak benar, konfigurasi APN yang salah, atau masalah pada SIM card.

Pastikan konfigurasi pada smartphone sudah benar sebelum mencoba memasukkan kode MMI.

BACA JUGA: APN Telkomsel 3G 4G 5G Tercepat

5. Masalah pada Perangkat

Kode MMI Tidak Valid juga bisa terjadi karena masalah pada perangkat. Beberapa masalah yang bisa terjadi antara lain kerusakan pada smartphone, masalah pada aplikasi yang terkait dengan kode MMI, atau masalah pada sistem operasi.

Pastikan smartphone dalam kondisi baik dan tidak ada masalah teknis sebelum mencoba memasukkan kode MMI.

Dengan memahami penyebab Kode MMI Tidak Valid, kita bisa lebih mudah mengatasi masalah tersebut. Pastikan kode MMI yang dimasukkan benar, sesuai dengan layanan yang diinginkan, didukung oleh operator, dan koneksi jaringan dalam keadaan baik.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Terdapat beberapa cara yang akan Vasioters temukan untuk mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid. Tutorial ini bisa kamu gunakan pada semua HP Android dan semua operator. Selengkapnya, silahkan simak beberapa cara berikut ini:

1. Masukkan Kode dengan Benar

cara mengatasi kode mmi tidak valid

Cara pertama yaitu pastikan kode USSD yang kamu masukkan sudah benar. Sering kali kita salah dalam memasukkan kode sehingga muncul masalah sambungan kode MMI tidak valid.

2. Restart / Reboot HP

masalah sambungan atau kode mmi tidak valid indosat

Merestart atau reboot smartphone dipercaya bisa mengatasi bug sistem pada HP Android kamu, seperti masalah error pada kode MMI.

Terkadang masalah ini muncul karena bug sistem. Dengan melakukan restart, sistem Android kamu bisa segar kembali dan bug-bug semacam ini bisa teratasi.

Untuk merestart HP, cukup tekan tahan tombol power lalu pilih opsi restart, dan tunggu hingga smartphone kembali menyala.

3. Mengaktifkan Mode Pesawat

cara mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid

Cara selanjutnya untuk mengatasi kode MMI yang bermasalah yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat dan menonaktifkannya kembali.

Trik ini sering kali dilakukan untuk mengatasi internet lambat dan masalah lainnya, karena dengan mode pesawat kita bisa mereset operator jaringan yang ada di smartphone kita.

Untuk melakukannya, silahkan hidupkan dan matikan mode pesawat secara berulang-ulang hingga masalah kode MMI tidak valid berhasil teratasi. Berikan jeda 3-5 detik setap menghidupkan dan mematikan mode pesawat.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot

4. Menghapus Cache Aplikasi Telepon

Seperti yang kamu ketahui, untuk mengecek nomor, pulsa ataupun kuota kita memerlukan aplikasi telepon yang sudah terinstall secara default di smartphone kita

Disini ada satu tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kode MMI tidak berlaku yaitu dengan menghapus cache pada aplikasi telepon.

Cara menghapus cache aplikasi telepon sangat mudah, silahkan ikuti langkah langkah berikut ini.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Pengaturan Aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi Telepon.
  4. Tekan Lainnya.
  5. Pilih Hapus cache.
  6. Selesai.

Metode sederhana ini terbukti efektif untuk mengatasi error masalah kode MMI ini.

5. Mengubah Pengaturan Jaringan 4G ke 3G

Hingga saai ini, banyak orang yang belum mengetahui fakta tentang 4G LTE, yaitu tidak bisa mengirim SMS dan melakukan panggilan telepon. Hal ini bisa dibuktikan dengan sinyal 4G kita akan hilang seketika saat ada telepon masuk pada nomor HP kita. Jadi, jangan heran jika muncul notifikasi operator kode MMI tidak valid atau tidak berlaku.

Masalah ini juga kerap kali muncul ketika kita mengunci jaringan ke 4G only atau prioritas 4G, sehingga tidak bisa cek nomor atau kuota menggunakan kode dial.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, kamu tinggal mengubah pengaturan jaringan pada HP melalui menu setting. Selengkapnya, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pergi ke Setelan (Setting).
  2. Buka Pengaturan Jaringan Selular.
  3. Pilih kartu SIM yang mengalami masalah kode MMI.
  4. Tekan opsi Tipe Jaringan Prioritas.
  5. Silahkan pilih 3G.
  6. Selesai.

6. Periksa Koneksi Jaringan

Untuk memeriksa koneksi jaringan pada smartphone sebelum memasukkan kode MMI, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Pastikan smartphone dalam keadaan menyala dan terhubung dengan jaringan.
  2. Periksa sinyal, pastikan sinyal dalam keadaan baik dan tidak bergejala.
  3. Pastikan smartphone kamu telah terdaftar pada jaringan operator yang digunakan.
  4. Jika masih mengalami masalah, coba matikan dan hidupkan kembali smartphone untuk memperbarui koneksi jaringan.
  5. Periksa kembali pengaturan jaringan pada smartphone, pastikan pengaturan jaringan benar dan sesuai dengan operator yang digunakan.
  6. Jika masalah masih terus berlanjut, coba reset pengaturan jaringan pada smartphone kamu atau hubungi layanan pelanggan operator untuk bantuan lebih lanjut.

Nah, beberapa cara mengatasi masalah jaringan atau kode MMI tidak valid diatas bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah yang kamu alami. Jika berhasil, jangan lupa share artikel ini ke teman kamu melalui tombol dibawah yaa.

Related posts