10 Kesalahan Saat Mengisi Daya Smartphone Yang Berdampak Bahaya

10 Kesalahan Saat Mengisi Daya Smartphone Yang Berdampak Bahaya.

RENOVASI OTAK – Kebanyakan pengguna smartphone menganggap remeh saat mengisi baterai ponsel pintar mereka dan juga sering kali diantara kita mengisi daya sambil tidur.

BACA JUGA : Apa itu Premi Asuransi: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Namun ada hal penting yang harus diperhatikan agar merawat baterai maupun ponsel anda.

Read More

BACA JUGA : Bocoran Trailer dan Konsep GTA 6, Begini Tampilan Gamenya

Berikut ini 10 kesalahan saat mengisi daya HP Beserta Dampak Bahayanya:

  1. Jangan isi daya sampai 100% Jika Anda mengisi daya baterai ponsel hingga 100 persen setiap saat, dapat memperpendek masa pakai ponsel Anda.Hal ini karena setiap baterai memiliki jumlah siklus pengisian daya yang tepat dan jika Anda selalu mengisi daya hingga 100 persen.
  2. Tetap berhati hati dan gunakan produk original smartphone saat mengisi daya agar daya tahan baterai, bisa bertahan lama. Jangan tinggalkan charger di stop kontak Jika terus-menerus meninggalkan charger di stop kontak saat tak digunakkan lagi maka akan menarik daya listrik.Trafo melepaskan panas yang dapat menumpuk secara perlahan dan menyebabkan sesuatu di sekitarnya terbakar.
  3. Jangan biarkan HP mengisi baterai selama satu malam saat Anda tidur. Ini akan membuang-buang listrik dan juga merusak siklus pengisian baterai .Selain itu, jika mengisi baterai semalaman, maka membuat ponsel menjadi panas.
  4. Jangan menggunakan HP saat mengisi daya maka dapat menyebabkan baterai mengalami tekanan berlebihan. Jika ada telepon masuk, lebih baik cabut dari stop kontak terlebih dahulu.
  5. Jangan biarkan baterai berkurang hingga 0 persen maka dapat memperpendek usia baterai. Jadi jika membiarkan ponse mati karena baterai habis dapat memperpendek masa pakai dan kinerja baterai.
  6. Salah satu musuh utama baterai adalah panas. Ketika mengisi daya ponsel dengan casingnya, maka akan menjebak panas yang dihasilkan. Ini akan menyebabkan baterai dan komponen internal ponsel lainnya menjadi panas.Sebelum mengisi daya, lepaskan casing HP agar baterainya bisa lebih ‘bernapas’.
  7. Setiap ponsel memiliki pengisi daya yang kompatibel, untuk itu tidak boleh diganti dengan merek atau model lain. Jika menggunakan pengisi daya yang tak kompatibel, maka dapat menyebabkan panas berlebih.
  8. Kesalahan dilakukan ketika mengisi baterai ketika masih di belum terlalu berkurang, karena bisa membuat daya tahan baterai berkurang dari biasanya.Cara terbaik adalah dengan mengisi daya hanya saat benar-benar dibutuhkan seperti di bawah 20 persen atau di atas 5 persen.
  9. Jangan isi baterai HP dari laptop.Laptop sering kali digunakan untuk mengisi daya ponsel, tetapi membutuhkan waktu lebih lama daripada menggunakan stopkontak listrik biasa dan tidak mengaktifkan opsi pengisian cepat baterai.
  10. Jangan gunakan Aplikasi penghemat daya tidak dikenal.Aplikasi gratis memang bisa membantu melacak kinerja baterai, tapi harus hati-hati dalam penggunaannya. Aplikasi yang dikembangkan oleh sumber tidak dikenal atau mendapat peringkat buruk dapat membuat baterai tertekan dan banyak mengunduh iklan di dalam HP.

BACA JUGA : 10 Game Mirip Minecraft Offline Ukuran Kecil Terbaik 2022

Related posts