Mengenal Apa itu SEO dalam Digital Marketing

Apa itu SEO dalam Digital Marketing

RENOVASI OTAK – Dengan bisnis dan konsumen menjadi digital, pemasaran SEO tidak lagi menjadi pilihan. Ini persyaratan. Lagi pula, jika Anda tidak terlihat online, Anda kehilangan pelanggan potensial dan penjualan.

Google adalah mesin pencari paling populer, menangani lebih dari 3,5 miliar pencarian setiap hari. Itulah banyak orang mencari informasi, produk, dan layanan secara online. Faktanya, 40% pendapatan didorong oleh lalu lintas organik.

Tapi, apa itu SEO dalam digital marketing? Sederhananya, ini adalah proses pengoptimalan situs web Anda untuk mesin telusur seperti Google. Dengan memastikan situs Anda mudah ditemukan dan dinavigasi, Anda cenderung mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP), yang berarti lebih banyak orang akan menemukan dan mengunjungi situs Anda.

Read More

Tentu saja, SEO hanyalah salah satu bagian dari strategi digital marketing yang sukses. Untuk benar-benar menonjol secara online, Anda juga perlu memanfaatkan saluran pemasaran lain, seperti pemasaran email, media sosial, dan iklan berbayar.

Dalam panduan ini, saya akan membahas dasar-dasar Pemasaran SEO dan memberikan beberapa contoh untuk membantu Anda memulai.

Apa itu SEO?

SEO, juga dikenal sebagai Search Engine Optimization (SEO), adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari. Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP), yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan konversi.

Ada dua komponen SEO: optimasi on-page dan off-page .

Optimasi On-page adalah proses mengoptimalkan konten dan struktur situs web Anda agar lebih terlihat dan mudah ditemukan oleh perayap mesin telusur. Ini termasuk hal-hal seperti tag judul, deskripsi meta, tag header, penelitian kata kunci, struktur URL, pengoptimalan kata kunci, pengoptimalan gambar, tautan eksternal dan internal, mengidentifikasi kesalahan perayapan, memperbaiki tautan rusak, dan peningkatan kecepatan, antara lain.

Secara pribadi, saya percaya bahwa situs web yang dioptimalkan secara teknis dapat membawa Anda sejauh ini dalam SEO. Inilah mengapa saya selalu menekankan pentingnya pengoptimalan pada halaman. Ada banyak dampak ketika memiliki situs web yang dioptimalkan dengan buruk, seperti peringkat rendah, rasio pentalan tinggi, dan penurunan lalu lintas. Itu juga dapat meninggalkan pengalaman pengguna yang tidak memuaskan di situs Anda, yang mengarah ke tingkat pengabaian yang tinggi.

Misalnya, jika situs Anda memuat terlalu lambat, itu akan memengaruhi peringkat Anda karena Google sekarang menganggap kecepatan situs web sebagai faktor peringkat, terutama di seluler. Jika situs Anda sulit dinavigasi, itu akan membuat pengguna frustrasi dan meningkatkan rasio pentalan Anda, yang juga akan berdampak negatif pada peringkat Anda.

Konten adalah faktor penting lainnya di halaman, karena itulah yang membantu Anda menentukan peringkat untuk kata kunci tertentu. Jika situs Anda kekurangan konten atau jika kontennya tidak relevan dengan apa yang dicari orang, maka Anda tidak akan mendapat peringkat tinggi di SERP.

Pembaruan EAT Google juga memberikan penekanan yang lebih kuat pada konten, khususnya dalam hal kredibilitas situs web Anda. Jadi jika Anda ingin mendapat peringkat tinggi di SERP, pastikan Anda membuat konten berkualitas tinggi dan relevan yang mematuhi Pedoman Google.

Optimalisasi di luar halaman adalah proses meningkatkan visibilitas dan otoritas Anda dengan memperoleh backlink berkualitas tinggi dari situs web lain. Ini dilakukan dengan membuat konten hebat yang ingin ditautkan oleh pemilik situs lain, serta melalui taktik membangun tautan seperti posting tamu dan penjangkauan media sosial.

Pembuatan tautan bisa jadi sulit dan memakan waktu, jadi saya sarankan untuk fokus terlebih dahulu pada pembuatan konten yang hebat. Jika Anda membuat sesuatu yang benar-benar berharga, pemilik situs lain akan ingin menautkannya—strategi ini disebut “membangun tautan pasif”.

Namun, terkadang Anda harus lebih proaktif dalam upaya membangun tautan, terutama jika Anda mencoba menentukan peringkat untuk kata kunci yang sangat kompetitif. Di sinilah pembuatan tautan aktif masuk. Pembuatan tautan aktif adalah ketika Anda secara aktif mencari peluang untuk mendapatkan tautan dari situs web lain. Misalnya, Anda dapat menjangkau pemilik situs lain dan meminta mereka menautkan ke konten Anda, atau Anda dapat memposting tamu di situs web lain.

Pengoptimalan on-page dan off-page penting untuk peringkat tinggi di SERP. Namun, saya percaya bahwa pengoptimalan pada halaman lebih penting bagi pemilik situs web yang baru memulai SEO. Ini karena lebih mudah untuk mengontrol dan mengoptimalkan situs web Anda sendiri daripada mengontrol apa yang dikatakan orang lain tentang Anda secara online.

SEO bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu, tetapi itu sangat berharga jika Anda ingin meningkatkan visibilitas Anda di SERP. Jika Anda baru memulai dengan SEO, saya sarankan untuk fokus pada pengoptimalan halaman terlebih dahulu. Setelah Anda menguasainya, maka Anda dapat mulai mengerjakan pengoptimalan di luar halaman.

Apa Peran SEO dalam Digital Marketing?

Pencarian organik adalah salah satu sumber lalu lintas utama untuk sebagian besar situs web di internet, itulah mengapa SEO sangat penting. Diperkirakan bahwa penelusuran organik menyumbang 51% dari semua lalu lintas situs web.

Sementara jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn adalah platform hebat untuk membangun pengenalan merek Anda, Google dan mesin pencari lainnya adalah platform masuk untuk pelanggan yang memutuskan . Dan ketika saya mengatakan memutuskan, itu berarti pelanggan sudah mengenali masalah yang mereka hadapi (tahap kesadaran); membaca segelintir informasi (tahap penelitian); mereka memahami apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah, dan berkomitmen untuk memperoleh solusi (tahap pertimbangan), dan sekarang mereka siap untuk melakukan pembelian atau menyewa layanan Anda (keputusan).

Pelanggan langsung membuka mesin telusur untuk dua hal : mereka ingin tahu apa sebenarnya yang ada di luar sana yang memberikan solusi tersebut untuk poin masalah mereka , atau mereka sudah tahu siapa Anda, dan mereka menginginkan lebih banyak informasi tentang produk dan layanan Anda . Either way, mereka ada di Google karena mereka ingin mengambil beberapa bentuk tindakan terkait dengan apa yang mereka telusuri, yang kemungkinan besar akan memengaruhi keuntungan Anda.

Di sinilah peran SEO. Peran SEO adalah memastikan bahwa ketika orang mencari produk atau layanan Anda, mereka dapat menemukan situs web Anda dengan mudah di halaman hasil mesin pencari (SERP). Lebih khusus lagi, Anda ingin situs web Anda muncul sedekat mungkin dengan bagian atas SERP karena penelitian telah menunjukkan bahwa orang lebih cenderung mengklik beberapa tautan pertama.

Seperti yang pernah dikatakan Huffington Post, “Tempat terbaik untuk menyembunyikan tubuh adalah halaman 2 Google”. Artinya, jika situs web Anda berada di halaman kedua atau lebih buruk, pada dasarnya Anda tidak terlihat oleh calon pelanggan.

SEO penting untuk digital marketing karena membantu Anda:

  1. Dorong lalu lintas ke situs web Anda
  2. Tingkatkan kualitas lalu lintas itu
  3. Tingkatkan jumlah prospek dan penjualan yang dihasilkan dari situs web Anda
  4. Meningkatkan kesadaran dan pengakuan merek
  5. Tingkatkan ROI kampanye pemasaran Anda
  6. Tetapkan situs web Anda sebagai sumber informasi yang otoritatif

Jika itu masih belum meyakinkan Anda tentang pentingnya SEO, pertimbangkan ini:

  • 95% lalu lintas pencarian masuk ke halaman pertama hasil pencarian
  • 89% pemasar mengatakan SEO berhasil 
  • 85% pengecer merasa SEO dan pencarian berbayar paling efektif untuk mendapatkan pelanggan baru 
  • 6% adalah tingkat penutupan rata-rata SEO — itu delapan kali lebih tinggi dari pemasaran tradisional

Statistik ini menunjukkan bahwa jika Anda tidak mendapat peringkat di halaman pertama hasil, Anda kehilangan banyak lalu lintas potensial. Dan jika Anda tidak berada di peringkat lima besar, Anda benar-benar ketinggalan.

SEO harus menjadi bagian penting dari strategi digital marketing Anda karena membantu Anda meningkatkan visibilitas dan menjangkau pelanggan potensial yang secara aktif mencari apa yang Anda tawarkan. Mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin telusur dapat membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi di SERP, menghasilkan lebih banyak pengunjung, prospek, dan penjualan.

Related posts