Pengertian Server Down, Fungsi, dan Penyebabnya

Pengertian Server Down, Fungsi, dan Penyebabnya

Pengertian Server Down, Fungsi, dan Penyebabnya – Server sendiri merupakan perangkat yang memegang peranan penting dalam infrastruktur TI. Segala aktivitas yang berhubungan dengan teknologi dan internet, pasti membutuhkan kinerja server. 

Selain sebagai media perantara data, server juga berfungsi untuk menjamin keamanan koneksi, enkripsi dan autentikasi. untuk Server down, salah satu kejadian yang terjadi adalah ketika sistem pada website mengalami kegagalan. Untuk mengetahui pengertian Server Down dan fungsinya, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Server Down

Server down adalah kejadian yang terjadi ketika sistem pada website mengalami kegagalan sehingga menyebabkan halaman menjadi tidak dapat diakses. Penyebabnya bisa karena kondisi hosting yang overload, serangan DDos, hingga IP yang terblokir.

Fungsi Server Down

Setelah mengetahui apa itu Server down, Anda mungkin penasaran apa saja fungsi dan peran Server down untuk keberlangsungan aktivitas di dunia. Berikut penjelasannya:

Kelola Lalu Lintas Transfer Data

Server down bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas transfer data. Perangkat ini akan mengelola komunikasi dan transfer informasi antar pengguna. Down server harus memiliki kapasitas hard disk dan RAM yang besar sehingga dapat menampung banyak permintaan dalam waktu yang bersamaan.

Melayani Permintaan Komputer Client

Melayani segala permintaan dari komputer klien bisa dikatakan sebagai fungsi utama Server down. Semua request dari client akan diproses oleh Server down agar bisa dieksekusi oleh client.

Menyediakan Database

Fungsi down server lainnya adalah menyediakan database untuk diolah dan diakses oleh pengguna. Banyak perusahaan besar yang memanfaatkan fungsi Server down untuk mengimplementasikan big data sehingga dapat mengembangkan produk bisnisnya.

Bisa Menyimpan Data Dan Informasi

Server down berfungsi sebagai tempat menyimpan data dan informasi yang dikirim dari client. Perangkat ini menyimpan berbagai jenis data sehingga dapat diakses secara bersamaan menggunakan protokol FTP. Selain itu, Server down membantu mengelola berbagai dokumen dan informasi penting yang memerlukan penanganan cepat. Data dapat disimpan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Penyebab Server Down

Banyak hal yang bisa menyebabkan server down, apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Terlalu Banyak Lalu Lintas Kunjungan

Lalu lintas penuh akan menyebabkan server down. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Biasanya, mengupgrade layanan hosting dapat mengatasi masalah ini. Dengan trafik tersebut, pengguna internet dapat mengakses website secara bersama-sama. 

Nah, shared access inilah yang akan menyebabkan server down atau error karena hosting overload. Jika layanan hosting website ternyata kurang optimal, maka ada baiknya Anda meningkatkan kapasitasnya. Jadi, website bisa terhindar dari downtime server saat trafik membludak.

Sampai saat ini provider hosting yang memiliki downtime paling sedikit adalah hosting dari DomaiNesia.

Ada Serangan Virus Atau Hacker

Lalu lintas situs web yang penuh dapat terjadi karena serangan yang dilakukan oleh virus atau peretas. Serangan yang paling sering adalah Distributed Denial of Service atau DDOS. Kenapa begitu? Hal ini karena bertujuan untuk membanjiri traffic dan jaringan sehingga resource server habis. Selain DDOS, tentunya para hacker memiliki berbagai teknik untuk membuat server down. Jika Anda memiliki website, ingatlah untuk selalu memperhatikan keamanan dan memfilter alamat IP yang mencurigakan.

Ada Masalah Dengan Dns

Server Nama Domain atau DNS yang bermasalah dapat menyebabkan server downtime dan mengakibatkan pengguna internet gagal mengakses situs tersebut. DNS sendiri merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mempermudah komunikasi internet dengan menggunakan URL. Agar situs tepat sasaran, DNS harus diatur dengan benar. Anda ketik alamat situs, tapi malah muncul kata error di situs, ada kemungkinan URL sudah pindah ke situs yang sudah tidak aktif lagi.

Ada Coding Yang Salah

Kesalahan dalam coding dapat mengganggu situs, bahkan secara keseluruhan. Selain itu, ada kemungkinan seluruh halaman situs dapat dihapus. Jika Anda seorang pengembang website, agar kode website tetap terstruktur, lakukan dengan hati-hati. Jangan lupa untuk mengecek ulang hasil koding Anda, agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.

Akses Ip Diblokir

Jangan terlalu banyak mengakses server, karena nanti Anda bisa dicurigai terkena serangan DDOS. Jadi, itu akan menghasilkan alamat IP yang diblokir. Pemblokiran dilakukan oleh firewall yang berfungsi untuk melindungi server.Demikian ulasan tentang Pengertian Server Down Dan Fungsinya, semoga bermanfaat.

Related posts