6 Cara Memindahkan Kontak dari HP Lama ke HP Baru

6 Cara Memindahkan Kontak dari HP Lama ke HP Baru

VASIOTA.COM – Jika kamu telah membeli HP Android baru dan ingin memindahkan data dari HP Android lama kamu ke yang baru, maka memindahkan kontak harus menjadi prioritas tertinggi karena ini adalah data yang tak tergantikan.

Untungnya, ada banyak cara untuk memindahkan kontak di HP Android, apakah kamu lebih suka transfer online atau offline; keduanya mungkin. Namun, metode mana yang ingin kamu gunakan semata-mata tergantung pada kebutuhan kamu.

Misalnya, saya lebih suka menggunakan akun Google saya untuk ini karena tidak hanya mentransfer kontak tetapi juga membuat mereka tetap sinkron di antara semua HP saya. Padahal sebelumnya saya lebih suka transfer via SIM karena saya tidak suka menyimpan data saya di cloud storage.

Dalam posting ini, saya akan membagikan beberapa cara terbaik untuk mentransfer kontak dari HP Android kamu ke HP Android lain. Saya akan mulai dari yang termudah dan paling dapat dikamulkan; dan juga bagikan beberapa niche yang mungkin membantu kamu tergantung pada situasi kamu.

Catatan: Saya menggunakan aplikasi Google Kontak untuk petunjuk di semua metode di bawah ini karena ini adalah aplikasi default di sebagian besar HP Android. Langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda jika HP kamu memiliki aplikasi kontak OEM.

1. Cara Memindahkan Kontak dari HP Lama ke HP Baru dengan Sinkronisasi Akun Google

Saya menemukan menyimpan kontak di akun Google sebagai metode termudah untuk mentransfer kontak karena kamu tidak perlu melalui langkah manual untuk memindahkan kontak. Kamu hanya perlu menambahkan akun Google yang sama di kedua HP Android, dan kontak akan otomatis tersinkronisasi.

Saya berasumsi kamu belum memiliki kontak yang tersimpan di akun Google kamu, jadi mari kita impor dulu.

  1. Di aplikasi Google Kontak, tekan menu utama di sudut kiri atas dan pilih Pengaturan darinya.
  2. Setelah itu, gulir ke bawah dan tekan Impor.
  3. Sekarang pilih lokasi tempat kontak kamu disimpan saat ini — seperti SIM atau telepon — lalu tekan Berikutnya .
  4. Pada layar berikutnya, pilih akun Google kamu dan tekan di sebelah untuk memilih kontak yang ingin kamu transfer. Setelah seleksi, kontak akan ditransfer.
Cara Memindahkan Kontak

Untuk menambahkan kontak ke telepon lain, tambahkan akun Google yang sama di sana dan kontak akan disinkronkan secara otomatis. Jika tidak, kamu dapat menyinkronkannya secara manual dengan membuka Setelan > Akun > Akun Google kamu > Sinkronisasi akun . tekan Kontak di sini untuk menyinkronkannya ke telepon baru.

Cara Memindahkan Kontak HP

Itu saja, telepon lain akan memiliki semua kontak dan bahkan kontak yang baru ditambahkan akan disinkronkan. Meskipun jika kamu tidak ingin masuk dengan akun Google kamu di HP lain, kamu dapat mengimpor kontak ke HP atau SIM kamu menggunakan petunjuk di atas lalu keluar.

2. Ekspor Kontak Sebagai File VCF

Meskipun saya tidak menggunakan metode ini, saya sangat menyukainya karena membuka banyak cara untuk mentransfer kontak. Kamu cukup membuat file VCF dan kemudian memindahkannya ke telepon baru menggunakan metode berbagi file apa pun yang kamu suka.

Kamu dapat mengirimkannya melalui email, membagikannya melalui media sosial, mentransfernya menggunakan kartu SD atau kabel USB, dan metode berbagi lainnya yang kamu inginkan. Bahkan simpan kontak yang disimpan dengan kamu sebagai cadangan offline jika kamu mau.

Mari kita lihat bagaimana melakukannya:

  1. Di aplikasi Kontak, tekan menu utama di sudut kiri atas dan pilih Pengaturan darinya.
  2. Sekarang tekan Ekspor dan pilih lokasi penyimpanan kontak kamu.
  3. Setelah itu, pilih Penyimpanan bersama internal pada layar berikutnya dan kemudian pilih kontak yang ingin kamu ekspor ke file VCF.
6 Cara Memindahkan Kontak dari HP Lama ke HP Baru

kamu akan menemukan file VCF di bagian dokumen penjelajah file HP kamu. Kamu hanya perlu memindahkan file ini ke HP lain menggunakan metode berbagi apa pun yang kamu inginkan; mengirim email kepada diri sendiri biasanya yang paling mudah. Di telepon lain, buka file VCF dan kamu akan ditanya di mana kamu ingin menyimpan kontak ini.

3. Pindahkan SIM ke HP Baru

Jika kontak kamu disimpan di kartu SIM, maka kamu dapat memindahkannya ke HP Android lain untuk memindahkan kontak. Namun, SIM memiliki ruang penyimpanan kontak yang terbatas, jadi tergantung pada produsen SIM kamu dan cara HP kamu menyimpan informasi; kamu dapat menyimpan dari 200-500 kontak saja. Jika kamu memiliki kurang dari kontak ini, maka ini adalah cara offline yang bagus untuk memindahkan kontak ke HP Android lain.

Jika kontak kamu tidak disimpan di kartu SIM, maka kamu dapat dengan mudah memindahkannya menggunakan fitur Impor dari aplikasi Kontak. Sama seperti di atas, buka opsi Impor di aplikasi Kontak, pilih lokasi saat ini tempat kontak disimpan.

Pada layar berikutnya, pilih kartu SIM tempat kamu ingin menyimpan kontak, lalu pilih kontak yang ingin kamu simpan.

Setelah semua kontak disimpan, keluarkan SIM dan letakkan di HP Android yang ingin kamu pindahkan kontaknya. Kontak akan segera muncul di telepon lain.

Jika kamu tidak ingin menyimpan SIM di HP lain, kamu harus menyalin kontak dari SIM ke penyimpanan internal HP lain. Cukup buka opsi Impor di aplikasi Kontak telepon lain dan pilih SIM kamu di layar pertama dan Kontak telepon di layar berikutnya. Ini akan menyalin kontak ke penyimpanan telepon dan kamu dapat menghapus SIM dengan aman.

4. Bagikan Kontak Melalui Bluetooth

Bluetooth adalah cara lain yang lebih mudah untuk berbagi kontak karena semua Android memiliki dukungan Bluetooth bawaan. Pertama, kamu perlu mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat, yang dapat dengan mudah dilakukan dari menu notifikasi yang dapat diakses dengan menggesekkan HP ke bawah.

Sekarang buka aplikasi Kontak dan tekan tahan kontak hingga dipilih. Kamu kemudian dapat mengetuk setiap kontak untuk memilihnya atau mengetuk tombol TERPILIH di bagian atas lalu tekan Pilih semua untuk memilih semua kontak.

Setelah kontak yang diperlukan dipilih, tekan menu tiga titik vertikal di sudut kanan atas, dan pilih Bagikan darinya.

Sekarang pilih Bluetooth dari opsi berbagi dan kemudian pilih nama perangkat lain untuk menghubungkan dan berbagi kontak melalui Bluetooth. Kamu harus menerima permintaan transfer file di telepon lain.

5. Gunakan Nearby Share untuk Memindahkan Kontak dari HP Lama

Beberapa bulan lalu, Google memperkenalkan fitur Nearby Share yang memungkinkan pengguna Android berbagi data dengan HP Android lain di sekitar. Ini menawarkan kecepatan transfer cepat dengan menggunakan metode berbagi yang paling optimal dari beberapa pilihan dan juga memungkinkan untuk berbagi data dengan beberapa telepon terdekat.

Namun, fitur ini hanya terbatas pada HP Android dengan Android 6.0 atau lebih tinggi. Jika kedua HP mendukung fitur ini, maka ini adalah cara yang jauh lebih cepat dan nyaman untuk mentransfer kontak dibandingkan dengan Bluetooth. Berikut cara menggunakannya:

Pertama, kamu harus mengaktifkan Berbagi Terdekat di perangkat yang ingin kamu transfer kontaknya. Buka Pengaturan dan tekan di Google .

Di sini pindah ke Koneksi perangkat> Berbagi Terdekat dan kemudian alihkan tombol di bagian atas ke Berbagi Terdekat aktif.

Sekarang di telepon lain, tekan dan tahan kontak untuk memilihnya, lalu pilih semua kontak yang ingin kamu transfer.

Setelah itu, tekan menu di sudut kanan atas dan pilih Bagikan darinya.

Di sini pilih Berbagi Terdekat dan HP kamu akan mencari perangkat terdekat. Cukup pilih HP Android lain dari daftar dan permintaan berbagi akan dikirim. Nearby Share akan secara otomatis menentukan cara yang paling optimal untuk berbagi data. Meskipun hati-hati karena mungkin juga berbagi kontak melalui jaringan data jika diaktifkan dari pengaturan.

BACA JUGA: Cara Pindah Data dari Android ke iPhone

6. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mentransfer Kontak ke HP Baru

Sebagian besar aplikasi pihak ketiga memungkinkan kamu mentransfer data melalui WiFi menggunakan WiFi langsung atau melalui Bluetooth. Jadi, jika fitur Berbagi Terdekat berfungsi untuk kamu, maka kamu tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga. Jika tidak, maka menggunakan pihak ketiga adalah cara yang bagus untuk mentransfer kontak dengan kecepatan cepat dengan fitur tambahan juga.

Meskipun ada banyak aplikasi transfer kontak, kebanyakan dari mereka sangat terbatas atau berbayar. Meskipun X-Transfer adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang gratis dan tidak mengandung iklan. Aplikasi ini mendukung transfer semua jenis data, termasuk media, aplikasi, pesan, dan kontak.

Catatan: Aplikasi mentransfer data menggunakan WiFi direct, jadi kedua HP harus terhubung ke jaringan WiFi yang sama agar transfer berhasil (tidak menggunakan internet). Jika kamu tidak berada di dekat jaringan WiFi, kamu juga dapat mengaktifkan hotspot di satu HP dan menghubungkan HP lainnya ke sana; ini akan bertindak mirip dengan menghubungkan ke jaringan yang sama (koneksi data tidak diperlukan).

Untuk menggunakan aplikasi, instal di kedua HP, dan berikan izin yang diperlukan. Aplikasi akan meminta kamu untuk terhubung menggunakan kode QR. Jangkau layar ini di kedua HP dan pindai kode QR menggunakan salah satu HP.

Setelah koneksi dibuat, tekan Transfer ke (nama telepon) di telepon yang berisi kontak tersebut. Di layar, kamu harus menghapus centang semua jenis data lain kecuali kontak, lalu tekan Lanjutkan untuk mentransfer kontak. Sayangnya, aplikasi tidak memberikan opsi untuk memilih kontak khusus, sehingga semua kontak akan ditransfer.

Saya juga harus menyebutkan bahwa aplikasi menyimpan catatan transfer data sebelumnya sehingga kamu dapat melakukannya lagi di masa mendatang untuk memperbaruinya. Ini bisa menjadi fitur hebat untuk menyinkronkan data di kedua HP di masa mendatang.

Atau, kamu dapat menggunakan PhoneTrans oleh iMobie yang memungkinkan kamu memindahkan segala sesuatu seperti kontak, foto, musik, aplikasi, dll.

Sebagian besar pengguna HP Android sangat terlibat dalam ekosistem Google. Oleh karena itu, metode pertama akan berfungsi dengan baik untuk sebagian besar pengguna karena paling mudah untuk menyimpan kontak di cloud dengan akun Google kamu dan mengaksesnya dari mana saja. Meskipun saya yakin mengekspor kontak sebagai file VCF juga merupakan pilihan yang bagus, terutama jika kamu perlu mentransfer kontak ke beberapa HP dan lebih disukai offline.

Related posts